Connect with us

Bisnis

8 Contoh Sukses Bisnis Ramah Lingkungan di Indonesia

Published

on

contoh bisnis ramah lingkungan

Bersyukur sebab tren bisnis saat ini perlahan berkembang ke arah yang lebih baik dengan banyaknya bermunculan brand lokal yang mengusung konsep ramah lingkungan. Di artikel berikut akan diulas beberapa contoh sukses bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang bisa jadi inspirasi Anda dalam berbisnis.

8 Contoh Sukses Bisnis Ramah Lingkungan di Indonesia

Mengapa begitu pentingnya menjalankan bisnis ramah lingkungan? Tentunya demi menjaga kelangsungan bumi tempat tinggal kita. Diharapkan dengan semakin banyaknya bisnis ramah lingkungan ini dapat membantu mengurangi potensi pemanasan global. Berikut 8 contoh sukses bisnis ramah lingkungan di Indonesia:

1.    Sensatia Botanicals

bisnis ramah lingkungan

Credit: bali.bisnis.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang pertama adalah Sensatia Botanicals. Sensatia Botanicals merupakan brand lokal yang berdiri sejak Tahun 2000 di pesisir timur Bali. Brand ini memproduksi berbagai skincare dengan menggunakan bahan alami tanpa dicampur dengan bahan kimia. Sehingga lebih aman bagi kulit dan juga lingkungan.

Salah satu produk unggulan dari Sensatia Botanicals adalah sabun yang bebas dari kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Selain itu brand ini juga menyediakan berbagai produk lainnya, seperti pelembab, pembersih wajah, masker wajah, deodorant, pasta gigi, shampo, conditioner, dan lain-lain.

Semua produknya telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta mendapat sertifikat halal dari MUI. Tak hanya itu, Sensatia Botanicals juga merupakan brand kecantikan lokal pertama yang mempunyai program daur ulang kemasan, lho. Dengan begitu dapat membantu mengurangi sampah, bukan?

Website: www.sensatia.com

Baca juga: 7+ Ide Bisnis Ramah Lingkungan di Masa Pandemi

2.    Studio Dapur

contoh bisnis ramah lingkungan

Credit: indonesiadesign.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia berikutnya yaitu Studio Dapur. Brand lokal yang satu ini memproduksi alat-alat kelengkapan dapur yang berbahan dasar bambu dengan desain kekinian. Setiap produk Studio Dapur sengaja didesain dengan konsep kontemporer agar dapat digunakan juga di rumah-rumah modern.

Hal ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kerajinan bambu yang merupakan produk berbahan alami ramah lingkungan pada generasi modern saat ini. Ada berbagai produk unik sekaligus cantik yang dapat Anda beli di Studio Dapur. Mulai dari tudung saji, tatakan piring dan gelas, aneka keranjang serbaguna, dan lain-lain.

Produk Studio Dapur terbilang unggul sebab menggunakan bambu berkualitas tinggi dan tentunya dikerjakan dengan hati. Proses serut dilakukan berkali-kali hingga benar-benar menghasilkan permukaan bambu yang halus. Selain itu Studio Dapur juga tidak menggunakan pernis, sebab pernis berbahaya untuk makanan.

Website: www.studiodapur.com

3.    Plepah

bisnis ramah lingkungan

Credit: liputan6.com

Plepah juga termasuk salah satu contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia. Brand lokal ini berawal dari keprihatinan terhadap limbah organik yang dianggap sampah dan tak dapat diolah. Plepah berinovasi untuk menghasilkan produk kemasan makanan yang ramah lingkungan serta bernilai ekonomi.

Selain kemasan makanan, Plepah juga memproduksi piring ramah lingkungan. Keduanya terbuat dari pelepah daun pinang yang bisa terurai secara alami dalam waktu maksimal 60 hari di dalam tanah. Meski terbuat dari bahan alami, produk ini mampu menahan panas hingga 200 derajat celcius, lho. Sehingga aman jika digunakan di dalam microwave atau oven.

Bukan hanya itu, produk Plepah juga tahan air. Jadi Anda dapat menggunakannya untuk berbagai jenis makanan, termasuk makanan basah yang mengandung air. Uniknya, karena produk ini terbuat dari bahan alami, maka Anda bisa menemukan warna serta corak yang berbeda-beda pada setiap produk.

Website: www.plepah.com

4.    Robries

bisnis ramah lingkungan

Credit: tokopedia.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang satu ini juga tak kalah menarik, lho. Usaha yang bergerak dibidang home decor dan furniture ini berhasil mengolah limbah botol plastik menjadi sebuah karya yang dapat mempercantik estetika ruangan. Produknya mulai dari cermin, jam dinding, bangku, hingga meja.

Produknya berasal dari daur ulang sampah botol plastik yang dikombinasikan dengan polyester resin untuk membuat produk menarik serta mempunyai nilai jual tinggi.

Robries memulai kiprahnya sejak Tahun 2018. Diawali dari kekhawatiran sang pemilik bisnis terhadap banyaknya sampah botol plastik yang sulit terurai oleh alam sehingga menjadi masalah bagi lingkungan. Dengan inovasi daur ulang sampah botol plastik yang dilakukan Robries setidaknya dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik.

Website: www.robries.com

5.    Namu

bisnis ramah lingkungan

Credit: ekbis.harianjogja.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia berikut ini pastinya menarik bagi Anda penggemar aneka akesoris. Namu merupakan brand lokal asal Yogyakarta yang memproduksi aneka aksesori. Uniknya bahan baku utama produk Namu adalah hasil pemanfaatan sisa-sisa industri. Namu berkomitmen mengusung konsep “reduce, reuse, and recycle”.

Dalam proses produksinya Namu menggunakan limbah kayu industri furnitur yang diolah oleh para perajin di pelosok desa. Sehingga menghasilkan berbagai aksesori seperti gelang, kalung, serta anting. Kombinasi olahan limbah kayu dengan bahan fiber membuat aksesori Namu semakin unik dan cantik. Anda dapat menemukan motif warna yang terlihat seperti batuan alam yang indah.

Bukan hanya mendapat keindahan, dengan menggunakan produk Namu Anda juga telah turut serta mendukung usaha Namu untuk membantu mengurangi limbah kayu furnitur.

Instagram: @namu_id

6.    Koke (Kopi Kreatif)

bisnis ramah lingkungan

Credt: bukalapak.com

Anda penggemar kopi? Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia berikut ini berawal dari kecintaan sang pemilik terhadap kopi. Rasa dan aroma kopi yang sangat khas telah menginspirasi berdirinya brand lokal Koke (Kopi Kreatif) di Tahun 2015. Koke menghadirkan cara baru untuk menikmati kopi yang tak terpikirkan oleh orang lain.

Bisa dibilang brand yang satu ini merupakan pelopor aksesori kopi di Indonesia. Koke menyediakan berbagai aksesori unik seperti gelang, kalung, serta tasbih yang terbuat dari biji kopi arabika. Namun tak hanya itu lho, ada berbagai produk inovasi kopi lainnya yang dihadirkan Koke.

Mulai dari parfum, pewangi mobil dan ruangan, pewangi helm, sabun cuci tangan, stress relief roll on, masker kain, hingga cookies.

Website: www.kopikreatif.com

7.    Debora Art

bisnis ramah lingkungan

Credit: kumparan.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia selanjutnya adalah Debora Art. Bisnis fashion ecoprint yang telah berdiri sejak Tahun 2015 lalu ini diawali dari kepedulian terhadap lingkungan dan ketertarikan pemiliknya dengan teknik ecoprint. Bahan kain yang digunakan untuk produk Debora Art merupakan kain ramah lingkungan seperti kain serat selulosa dan serat protein.

Sedangkan untuk pewarna, brand lokal asal Yogyakarta ini menggunakan pewarna daun sebagai pewarna alami. Daun yang digunakan adalah daun jambu maupun daun jarak. Pewarna alami inilah yang kemudian memberikan motif warna pada produk-produk Debora Art, mulai dari tas totebag, baju, hingga scarf.

Instagram: @debora_readytowear

8.    Arane Ecoprint

bisnis ramah lingkungan

Credit: genpijogja.com

Contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang terakhir dalam daftar ini yaitu Arane Ecoprint. Tak hanya Debora Art saja yang menggunakan teknik ecoprint pada pewarnaan produknya, brand lokal Arane juga menerapkannya pada bisnis mereka. Teknik ecoprint ini merupakan proses pewarnaan kain dengan cara mentrasfer warna serta bentuk bahan-bahan alam, salah satunya daun.

Brand fashion Arane Ecoprint ini menghasilkan pakaian ramah lingkungan serta mengusung desain yang simpel dan unik. Kain yang digunakan juga merupakan kain berbahan dasar natural, seperti rayon, katun, linen, maupun sutra.

Website: www.arane.co.id

Itulah beberapa contoh bisnis ramah lingkungan di Indonesia yang menarik dan kreatif. Anda tertarik membeli produk-produk ramah lingkungan di atas? Silakan langsung saja kunjungi websitenya, ya 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Populer