Gaya Hidup

8 Cara Aman untuk Menikmati Fast Food

 

Bicara mengenai makanan cepat saji, tak urung terbayang makanan kesayangan kaum urban–burger, pizza, atau fried chicken. Ada tiga alasan mengapa makanan ini digemari banyak orang. Pertama, pengolahannya praktis dan tidak memerlukan waktu lama. Kedua, rasanya cocok di lidah banyak orang. Ketiga, harganya murah. Tak heran bila Ramadhan datang, gerai fast food menjadi tempat berbuka paling favorit bagi berbagai kalangan.

Penelitian mengungkapkan terlampau banyak konsumsi fast food akan menaikkan kolesterol darah yang memicu terjadinya jantung koroner dan stroke. Bahkan sebuah studi yang dimuat dalam Canadian Journal of Cardiology menyatakan bahwa menikmati fast food bisa menyebabkan kerusakan pada arteri segera setelah memakannya. Jika sekali saja efeknya demikian, bisa dibayangkan akibatnya bila menikmati makanan cepat saji secara berulang.

Cara Aman Menikmati Fast Food Saat Ramadhan

Menikmati makanan cepat saji dengan aman memang tantangan. Bagaimana tidak? Makanan cepat saji dikenal memiliki kadar kalori, gula, sodium dan lemak yang tinggi. Tidak hanya itu, kadar serat dan nilai gizinya pun juga rendah. Tetapi, tidak berarti kita tidak boleh menikmatinya. Sesekali menuruti keinginan tak apa. Asalkan tahu cara bagaimana menikmati makanan cepat saji agar tubuh tetap sehat. Berikut ini delapan cara aman menikmati fast food:

1. Seimbangkan gizi

Makanan cepat saji mengandung banyak kalori dan lemak. Agar seimbang perlu ditambah asupan vitamin dan mineral. Tak lupa serat yang didapat dari sayur dan buah.

2. Jangan dipanaskan berulang

Sebaiknya makanan cepat saji langsung dimakan setelah dipesan. Sebab pemanasan berulang akan menghilangkan zat gizi yang terkandung didalamnya. Semakin sering dipanaskan, semakin hilang.

3. Batasi konsumsinya

Saat memesan ayam goreng, pilih saja bagian dada ayam yang tidak banyak mengandung lemak. Gantilah nasi dengan kentang. Akan lebih baik lagi jika kentangnya dikukus atau dipanggang. Bila ingin makan pizza, cukup batasi hingga tiga potong saja. Selebihnya bagi dengan rekan kerja atau keluarga.

4. Ganti soda dengan air mineral

Sewaktu memesan makanan cepat saji biasanya sandingannya adalah minuman bersoda seperti fanta, pepsi atau coca cola. Alangkah baiknya jika kita mengganti minuman tersebut dengan air mineral biasa. Sebab dalam minuman bersoda terkandung gula dan kalori yang berlebihan. Soda berukuran besar biasanya menyimpan kalori lebih dari 300 kalori, sementara gulanya mencapai 19 sendok. Dalam tubuh semua itu akan diubah menjadi lemak dan memicu pertambahan berat badan.

5. Pilihlah porsi kecil

Alangkah lebih baik jika pergi ke gerai fast food, semisal gerai burger, pilihlah porsi kecil saja. Hindari burger porsi besar dengan tambahan dua-tiga beef patty. Tambahan beef patty menaikkan kadar kalori dan lemak yang tidak penting bagi tubuh.

6. Jangan minta ekstra toping yang berlemak

Ketimbang meminta ekstra toping yang berlemak seperti keju. Lebih baik minta tambahan acar, irisan tomat atau lettuce yang lebih banyak mengandung serat dan vitamin serta menyumbang kalori lebih sedikit.

7. Bijak dengan side dish

Bila memungkinkah mintalah ganti side dish seperti french fries atau onion ring dengan salad. Sebab makanan pendamping tersebut justru menyumbang kalori yang cukup besar bagi tubuh. Akan lebih baik kedua jenis side dish tersebut diganti dengan salad ber-dressing ringan, semisal minyak zaitun. Atau jika belum bisa mintalah dengan dressing (saus) seperti biasa akan tetapi tempatnya dipisah. Tujuannya agar kita bisa mengontrol seberapa banyak dressing yang masuk dalam mulut. Sebab tak jarang dressing biasa mengandung banyak gula dan kalori yang tak baik bagi tubuh.

8. Berhati-hati dengan pilihan bumbu dan dressing

Ketimbang mayonais yang mengandung banyak kalori, lebih baik memilih saus mustard sebagai gantinya agar lebih sehat.

Akan tetapi jika ingin lebih aman lagi, lebih baik menikmati makanan buatan sendiri. Selain terjaga kualitas bahannya, masakan rumahan juga lebih hemat dan sehat. Langkah ini ditempuh agar kesehatan selalu terjaga. Jangan sampai lengah dan membiarkan penyakit yang dipicu oleh makanan cepat saji menyerbu kita!

 

 

 

Sumber gambar: unsplash.com

Editor: Indoblognet

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top