Gaya Hidup

8 Cara Alami Atasi Nyeri Menstruasi

 

Sebagian besar wanita pasti merasakan nyeri di awal masa menstruasi. Kencangnya kontraksi otot dinding rahim, menyebabkan pembuluh darah di sekeliling rahim tertekan. Akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan menyebabkan kram. Rasa nyeri ini diperburuk oleh zat bernama prostaglandin yang dikeluarkan oleh tubuh. Selain memicu otot rahim untuk terus berkontraksi, bahan kimia satu ini juga memicu timbulnya gejala lain seperti mual, lemas, sakit kepala, dan diare.

Umumnya digunakan obat pereda rasa nyeri untuk mengatasi keluhan tersebut. Akan tetapi, ada cara-cara sederhana berikut ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit kala haid:

1. Makan kacang-kacangan

Saat haid datang banyak perempuan yang mengalami nafsu makan berlebihan. Konsumi kacang-kacangan seperti kacang tanah, buncis, kacang kedelai, atau kuaci sangat baik ketimbang menikmati gorengan. Selain membuat perut kenyang, kandungan magenesium dalam kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan mood atau suasana hati. Hanya yang perlu dicatat adalah pilihlah yang bebas garam atau gula.

2. Sayuran hijau

Saat haid, tubuh akan kekurangan zat besi. Konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan sawi selain berfungsi meredakan nyeri, juga baik untuk mengganti kekurangan zat besi, mengatasi lemas dan sakit kepala.

3. Konsumsi jus atau buah-buahan

Kandungan mineral dan vitamin dalam jus atau buah membantu negatasi rasa nyeri yang timbul kala haid. Contohnya pisang dan nanas. Kandungan vitamin B6 dalam pisang berefek baik untuk menurunkan tingkat depresi, sedangkan potasiumnya membantu mengurangi nyeri akibat PMS (Pre Menarche Syndrom). Sementara kandungan mangan dalam nanas bisa mengurangi rasa kram kala menstruasi datang.

4. Konsumsi dark coklat

Coklat jenis ini biasa mengandung sekitar 60% biji kakao. Rasanya memang sedikit pahit tetapi jangan khawatir. Coklat jenis ini justru sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang tengah mengalami menstruasi. Selain mampu meningkatkan suasana hati, menikmati dark coklat juga bisa membantu otot lebih rileks. Tak hanya itu, kandungan magnesiumnya juga memiliki efek baik bagi tubuh karena mampu mengurangi perut kembung ketika menstruasi.

5. Perbanyak air putih

Saat menstruasi, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Konsumsi air sebanyak dua atau tiga liter sehari bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi, keluhan kembung, nyeri kram dan melancarkan aliran darah kala haid.

6. Roti berbahan dasar gandum

Roti berbahan dasar gandum rupanya tak hanya baik dikonsumsi untuk diet tetapi juta saat menstruasi. Kandungan seratnya yang tinggi membantu perut kenyang lebih lama. Sementara kandungan vitamin E, magnesium, dan vitamin B kompleks ternyata mampu mengurangi rasa letih dan memperbaiki mood yang tidak baik.

7. Makanan berkalsium tinggi

Saat menstruasi kondisi tubuh akan menurun. Tak heran bila Anda kerap merasa lelah saat melakukan aktifitas harian yang biasa Anda lakukan. Di saat seperti ini Anda memerlukan makanan berkalsium tinggi. Selain menjaga tulang tetap kuat, energi tubuh juga tetap terjaga meskipun tengah menstruasi. Contoh makanan berkalsium tinggi adalah yoghurt, kedelai, atau susu.

8. Hindari minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol sebagai pereda rasa nyeri saat haid (dysmenorrhea) justru tidak dianjurkan sama sekali. Bukannya meredam minuman jenis ini memperparah kram dan nyeri yang tengah Anda alami. Selain itu aliran darah akan terganggu, sehingga haid menjadi tidak lancar. Yang lebih buruk lagi siklus menstruasi bisa terhenti. Oleh karena itu, ganti saja minuman beralkohol dengan jenis lain yang lebih sehat, seperti jus buah, susu, atau justru air putih.

 

 

Image source: pixabay.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top