Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

8+ Amalan Pembuka Pintu Rezeki yang Wajib Kamu Coba

  • Bagikan
an pembuka pintur rezeki

Anda punya masalah keuangan atau ingin rezeki semakin lancar dan berlimpah? Dalam Islam terdapat berbagai amalan pembuka pintu rezeki yang insya Allah dapat memudahkan rezeki Anda dan mengatasi berbagai persoalan yang berkaitan dengan keuangan. Pada artikel kali ini kami akan bahas tuntas mengenai beberapa amalan tersebut. Selamat menyimak!

 

8+ Amalan Pembuka Pintu Rezeki yang Wajib Kamu Coba

Persoalan rezeki tak hanya ditentukan oleh usaha Anda dalam bekerja, tapi juga didukung oleh berbagai amalan-amalan yang Anda lakukan sehari-hari. Yuk, coba beberapa amalan pembuka pintu rezeki berikut ini. Lakukan secara rutin serta iringi dengan niat baik dan ikhlas. Insya Allah tak lama lagi rezeki Anda akan berlimpah dan berkah.

1.   Istighfar

Amalan pembuka pintu rezeki yang pertama adalah istighfar. Istighfar artinya memohon ampun kepada Allah. Istighfar merupakan salah satu cara untuk melancarkan rezeki Anda. Sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut:

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Rabbmu (beristighfarlah), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

(Qur’an surat Nuh ayat 10-12)

Maka perbanyaklah membaca istighfar dalam keseharian Anda. Namun istighfar ini bukan hanya memohon ampun melalui ucapan saja. Anda juga perlu mengiringinya dengan perbuatan. Artinya, tinggalkan hal-hal yang mendatangkan dosa dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi (taubat). Sebab banyaknya dosa bisa menjadi salah satu penghalang Anda mendapatkan rezeki.

Baca juga: 5 Keindahan Makna Tahun Baru Islam 1 Muharram yang Wajib Kamu Tahu

2.   Beraktivitas di pagi hari

Beraktivitas di pagi hari juga termasuk amalan pembuka pintu rezeki yang bisa Anda lakukan. Biasakan untuk Shalat Subuh di awal waktu dan setelahnya jangan tidur lagi. Mulailah aktivitas Anda di pagi hari. Mandi di pagi hari juga bisa menghilangkan rasa malas dan membuat Anda lebih bersemangat beraktivitas di pagi hari.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pagi hari. Mulai dari merapikan kamar tidur, menyapu lantai, ataupun memasak untuk sarapan keluarga di rumah. Jika Anda bisa memulai pekerjaan di pagi hari maka lakukanlah. Sebab pagi hari merupakan waktu dimana Allah membagikan banyak rezeki kepada hamba-Nya.

3.   Membaca Al-Qur’an

Amalan pembuka pintu rezeki yang selanjutnya yaitu membaca Al-Qur’an. Kitab suci Al-Qur’an merupakan rahmat bagi kita umat muslim. Bagi Anda yang rutin setiap hari membacanya dengan khusyuk tentu akan memperoleh manfaatnya, termasuk dimudahkan rezekinya.

Anda bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai rezeki. Seperti Qur’an surat Asyura ayat 12, Al-Fathir ayat 3, At-Talaq ayat 3, dan masih banyak lagi.

4.   Berzikir

Selain membaca Al-Qur’an, berzikir juga merupakan amalan pembuka pintu rezeki yang bisa Anda lakukan setiap hari. Dengan banyak berzikir akan mempermudah segala urusan Anda, termasuk soal rezeki. Dengan berzikir artinya Anda mengingat Allah. Dan saat Anda mengingat Allah tentunya Anda akan senantiasa berusaha melakukan usaha yang terbaik dalam menjemput rezeki.

5.   Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan salah satu amalan pembuka pintu rezeki yang sangat baik untuk Anda lakukan secara rutin. Sebab Shalat Dhuha adalah amalan sunah yang rutin dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam.

Shalat Dhuha dilakukan pada waktu pagi hari, saat matahari mulai meninggi. Minimal dikerjakan 2 rakaat. Anda tidak membutuhkan waktu banyak untuk melaksanakannya. Jika Anda mempunyai banyak kesibukan di pagi hari, Anda bisa menunaikan Shalat Dhuha 2 rakaat sekitar 5 hingga 10 menit saja. Tentunya ini tidak memberatkan, bukan?

Ada hadist shahih yang mengungkapkan keutamaan Shalat Dhuha sebagai amalan pembuka pintu rezeki. Dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghathafaniy radhiyallahu ‘anhu, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda,

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat pada awal siang (pada waktu Dhuha) supaya engkau tercukupi pada akhir siang.”

(Hadist riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ad-Darimi)

6.   Bersyukur

Amalan pembuka pintu rezeki yang berikutnya adalah bersyukur. Bersyukur merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan bersyukur maka Allah akan senantiasa menambah nikmat-Nya kepada kita. Allah juga akan memberi balasan terbaik bagi hamba-Nya yang bersyukur. Balasan ini bisa saja berupa kelancaran dalam hal rezeki.

Bersyukur bukan hanya mengucapkan Alhamdulillaah, tapi juga bersyukur melalui jiwa dan raga. Bersyukur melalui jiwa ditunjukkan dalam bentuk kecintaan kepada Allah. Sedangkan bersyukur melalui raga yaitu diwujudkan dalam ketaatan kepada Allah dengan menjalani ibadah sebaik mungkin. Ada banyak ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai pentingnya bersyukur, diantaranya beberapa ayat berikut ini.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku tambahkan nikmat-Ku kepadamu… “

(Qur’an surat Ibrahim ayat 7).

“…Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”

(Qur’an surat Ali Imran ayat 145)

7.   Berbuat baik

Amalan pembuka pintu rezeki yang satu ini juga penting untuk Anda utamakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab terdapat lebih dari 100 ayat Al-Qur’an yang mengulas mengenai amalan berbuat baik ini. Ini menunjukkan keutamaan dari amal (perbuatan) baik. Allah menjamin kehidupan yang baik bagi mereka yang banyak berbuat baik. Hal ini tercantum dalam salah satu ayat berikut ini.

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

(Qur’an surat An-Nahl ayat 97)

8.   Bersedekah

Bersedekah juga merupakan amalan pembuka pintu rezeki yang bisa Anda coba. Bisa jadi ada yang beranggapan bahwa sedekah akan mengurangi harta yang kita miliki. Namun faktanya sedekah justru akan melancarkan rezeki Anda. Anda bisa simak ayat dan hadist berikut ini yang membahas mengenai sedekah.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

(Qur’an surat Saba’ ayat 39)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman padaku, ‘Berinfaklah kamu, niscaya Aku akan berinfak (memberikan ganti) kepadamu.”

(Hadist riwayat Bukhari dan Muslim)

9.   Silaturahmi

Amalan pembuka pintu rezeki yang terakhir yaitu silaturahmi. Silaturahmi artinya berbuat baik kepada karib kerabat. Berbuat baik ini bisa berupa kebaikan dalam hal harta, bantuan tenaga, mengunjunginya, memberi salam, dan lain-lain.

Sedangkan yang dimaksud dengan karib kerabat adalah orang-orang yang memiliki hubungan nasab (kekeluargaan) dengan Anda. Dalam Islam silaturahmi termasuk amalan yang sangat baik untuk Anda lakukan, sebab bermanfaat untuk melapangkan rezeki dan membuat panjang umur. Sebagaimana diungkapkan dalam hadist berikut ini.

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.”

(Hadist riwayat Bukhari dan Muslim)

Demikian berbagai amalan pembuka pintu rezeki yang sangat baik untuk Anda lakukan secara rutin. Buktikan sendiri keampuhan amalan-amalan tersebut 🙂

 

 

 

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan