Indo Blog Net

Blogging

7 Trik Menulis Artikel SEO Agar Tulisanmu Disukai Google

cara menulis artikel seo

Tulisan yang dibuat secara maksimal dengan penerapan SEO yang tepat, akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya kita bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Namun sebelum itu ada beberapa proses yang harus kita lakukan dalam mempersiapkan artikel terbaik kita.

Memiliki satu artikel yang berhasil masuk ke halaman pertama Google pada keyword yang potensial, dapat mendatangkan banyak visitor ke blog yang kita miliki.

Jika blogmu sudah memiliki banyak visitor, maka kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan blog tersebut. Bahkan kamu bisa mempertimbangkan monetisasi seperti apa yang nantinya akan kamu gunakan agar blog tersebut bisa menghasilkan.

Trik Menulis Artikel SEO yang Disukai Google

Sekilas SEO itu terdengar rumit, nyatanya kita hanya perlu meluangkan waktu untuk mempelajarinya dan membiasakan diri minimal untuk menulis artikel yang SEO friendly. MB Comunnication sendiri selalu berusaha memberikan edukasi terkait penerapan SEO pada para blogger melalui kelas Coaching SEO Online yang sudah beberapa kali diadakan.

Baca juga: 11 Hal Tentang SEO yang Sering Ditanyakan dan Penjelasannya

Asiknya lagi, kali ini mas Iman dari Bacalagers Media mau dengan senang hati berbagi tips menulis artikel SEO yang disukai Google. Siapkan buku catatan atau bookmark halaman ini supaya kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sambil menyiapkan artikel terbarumu.

Artikel ini akan lebih banyak membahas D’Flora kosmetik dari K-Link sebagai contoh dan acuan dalam menerapkan teknik SEO onpage yang akan kita pelajari.

1 Judul Artikel Mengandung Keyword

Saat menulis artikel usahakan untuk meletakkan keyword (kata kunci) utama pada judul. Kita bisa menggunakan keyword utama dan keyword turunan. Untuk mengetahui ini, kita bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Berikut contoh penerapannya:

  • 10 Rekomendasi Make up Flawless Terbaik untuk Kamu
  • 8 Tips Memilih Make up Flawless Yang Cocok dengan Kulit Kamu
  • Make up Flawless, D’Flora Kosmetik Wajah, Halal dan Aman

2Penempatan Keyword Utama

Fokus keyword atau keyword utama sebisa mungkin ditempatkan pada beberapa bagian penting, seperti:

  • Judul artikel
  • Link artikel (permalink)
  • Setiap Paragraf (paragraf ke-1 s/d terakhir)
  • Sub-heading (H2)
  • Judul gambar, ALT gambar dan caption gambar ke-1 s/d terakhir.
  • Meta/Box/Kolom Deskripsi dan Meta Keyword Artikel

3 Penempatan Keyword Turunan

Selain keyword utama, kita juga bisa menempatkan keyword turunan pada:

  • Paragraf ke-1, 3, 5, 7, 9, 11 dan terakhir
  • Sub-heading (H3, H4, H5)
  • Judul gambar, ALT gambar dan caption gambar ke 1 s/d terakhir
  • Meta/Box/Kolom Deskripsi dan Meta Keyword Artikel

4 Jumlah Kata dalam Postingan

Sebenarnya jumlah kata masing-masing artikel berbeda-beda. Hanya saja ada beberapa standar jumlah kata yang sering digunakan, seperti 500 kata, 800 kata, dan 1000 kata.

Untuk artikel D’Flora kosmetik ini kita menggunakan standar 1200 kata. Cara kita mengemas informasi dalam 1200 kata itu juga sangat menentukan posisi di hasil pencarian.

5. Penerapan Keyword Density

Keyword density biasa disebut juga dengan pengulangan keyword. Umumnya menggunakan keyword utama atau keyword turunan dari fokus keyword yang ditargetkan. Untuk penulisan artikel “make up flowless” ini mas Iman menerapkan keyword density maksimal 2,50%.

Ada beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah keyword density yang terdapat pada artikel, seperti:

6 Penggunaan Internal Link

Mudahnya internal link adalah link yang menuju ke postingan lain di blog kita yang relevan (satu tema yang sama) dengan artikel baru yang kita buat. Biasanya disisipkan menggunakan anchor text berupa keyword seperti tips memilih bedak tabur untuk kulit wajah sensitif.

Jumlahnya sendiri bervariasi. Di sini mas Iman menyarankan untuk menggunakan minimal 6 internal link.

7 Penggunaan Eksternal Link

Jika internal link ditujukan pada artikel lain yang ada di blog kita, eksternal link adalah link keluar yang menuju ke artikel atau halaman lain di luar web kita. Biasanya digunakan untuk memberikan sumber atau rujukan tentang informasi tertentu.

Di sini eksternal link yang kita buat, diarahkan ke website K-Link Indonesia atau halaman produk D’Flora kosmetik.

Itulah sedikit tentang 7 Trik Menulis Artikel SEO yang bisa kamu terapkan mulai sekarang agar tulisanmu bisa disukai oleh Google dan mampu bersaing dengan website lain pada kata kunci yang bisa mendatangkan banyak kunjungan.

Pemahaman dalam membuat artikel sesuai kaidah SEO di atas adalah bagian dari optimasi SEO onpage yang maksudnya adalah optimasi yang kita lakukan dari dalam blog kita sendiri.

Sedangkan optimasi SEO offpage adalah optimasi blog atau artikel yang dilakukan diluar blog kita, yaitu dengan menerapkan teknik link building backlink (memasang link artikel) make up flawless milik kita di website seperti kaskus, google bisnis, instapaper, forum kesehatan, dan lainnya.

Jika mengikuti panduan ini dengan teliti dan teratur, kamu sudah bisa membuat artikel yang lebih baik dari artikel yang pernah kamu buat sebelumnya. Tinggal disesuaikan saja dengan tema tau kata kunci yang ingin kamu tulis.

Kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk mengikuti kelas Coaching SEO Online dari MB Communication secara gratis. Follow @indoblognet di Instagram dan nantikan kabar baiknya untuk kelas selanjutnya.

Follow me

Bahrul Ilmi

Content Writer at Content Writer Pontianak
Penulis konten Pontianak yang senang menulis tentang teknologi, gadget, review dan berita. Menulis konten sejak 2013. Bagian dari 4 SEO Pontianak.
Bahrul Ilmi
Follow me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top