Gaya Hidup

7 Tips Terhindar dari Perut Buncit yang Merusak Penampilan

Laki-laki mana sih yang tidak terganggu dengan perut yang terlihat membuncit? Semua pasti risih. Apalagi kalau lai-laki tersebut masih single. Karena bisa mengurangi nilai “jual” untuk tebar pesona mencari pacar. Sebenarnya polemickperut buncit sering terjadi pada laki-laki yang telah menikah. Entah karena faktor kebetulan atau “kutukan”, Kebanyakan pria yang sudah menikah biasanya memiliki kecenderungan bertambahnya berat badan dan perut membuncit.

Meski sesungguhnya masalah perut buncit tidak ada hubungannya dengan status (single or married). Karena penyebab utama kenapa perut bisa membuncit adalah dikarenakan pola hidup yang tidak sehat serta kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan perut Anda membusung.

Sebagai laki-laki yang juga sering bermasalah dengan perut buncit, gue berusaha melakukan beberapa langkah untuk menangkis semakin membuncitnya perut gue. Ya, minimal jika ingin melihat jempol kaki masih bisalah tanpa terhalang perut yang membuncit.

Berikut ini gue ingin memberi beberapa tips yang selama ini gue lakukan dan mungkin juga bisa Anda lakukan. Ya, seiapa tahu perut buncit Anda langsung berubah menjadi sixth pack.

Olahraga

Seperti yang dikatakan di atas, rajin berolahraga adalah kunci utama untuk memusnahkan si perut buncit. Anda bisa berlari minimal 30 hingga 1 jam. Dengan demikian Anda bisa membakar kalori minimal 800 hingga 1000 kalori. Jika Anda bisa berolahraga setiap hari, itu jauh lebih baik. Tapi, jika tidak sempat, usahakan seminggu dua atau tiga kali berolahraga. Selain lari, lakukan gerakan sit up, push up dan juga skipping. Gerakan-gerakan itu juga bisa membentuk badan Anda semakin berotot.

Diet

Rajin olahraga tapi Anda juga rajin melahap semua makanan berlemak itu sama saja bunuh diri. Sia-sia dong Anda membakar kalori kalau selesai olahraga semua makanan tidak sehat Anda sikat. Anda harus ingat, keberadaan lemak perut sering dikaitkan dengan konsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Lemak jenuh sendiri biasa ditemukan pada makanan seperti daging sapi, mentega, dan produk susu. Jadi, untuk mencegah terjadinya timbunan lemak di perut, sebaiknya utamakan konsumsi lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari buah alpukat dan ikan. Perbanyak makanan berserat, sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Asupan Berserat

Beberapa bukti medis menunjukkan bahwa kombinasi makanan berserat dan buah-buahan bisa mengurangi lemak perut lebih cepat dan aman. Penelitian juga menambahkan bahwa tiap kenaikan serat Sebanyak 10 gram bisa mengurangi lemak perut sebanyak 3,7 persen dalam waktu lima tahun. Untuk mendapatkan 10 gram serat, Anda dapat mengonsumsi dua buah apel berukuran kecil atau secangkir kacang polong. Jadi, ganti cemilan tidak sehat Anda dengan buah-buahan dan sayuran berserat.

 Hindari Begadang

Seseorang yang mendapatkan waktu tidur kurang dari lima jam berpotensi menyebabkan timbunan lemak di sekitar organ-organ tubuh, menurut sebuah penelitian. Sementara itu, berlebihan tidur juga kemungkinan berkontribusi kepada pertambahan timbunan lemak di perut. Untuk itu, sebaiknya cukupi kebutuhan tidur selama delapan jam. Usahakan waktu tidur dan bangun konsisten tiap hari, bahkan saat akhir pekan sekalipun. Jam tidur yang tidak konsisten bisa membingungkan jam sirkadian tubuh dan memicu tubuh melepaskan hormon yang bisa menimbun lemak.

Hindari stres

Stres sangat erat kaitannya dengan adanya pelepasan hormon kortisol. Efek buruk dari pelepasan hormon ini membantu tubuh menyimpan lemak. Untuk meredakan pelepasan kortisol, maka diperlukan cara yang tepat dalam mengelola stres. Menurut penelitian, meditasi diperkirakan dapat meredakan stres karena terbukti menurunkan kadar kortisol di dalam darah. Jadi, sebisa mungkin jangan isi hari-hari Anda dengan stress berkepanjangan. Hidup dibawa enjoy saja. Hmmm… bisa ngak ya??

 Ganti Pola Hidup

Jika selama ini Anda doyan minum-minuman beralkohol, memakan makanan fast food, minuman bersoda sebaiknya dihidari mulai dari sekarang. Menurut para ilmuwan, cara yang paling tepat untuk mengurangi lemak perut adalah dengan memperbaiki gaya hidup. Jika selama ini Anda terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat. Ganti pola hidup tidak sehat Anda dengan yang sehat.

Wajib Minum Air Putih

Air putih itu merupakan salah satu terapi yang paling manjur untuk mengikis toksin di dalam tubuh Anda. Semakin Anda rajin minum air putih, niscaya lemak-lemak di dalam tubuh Anda pun akan terkikis. Biasakan saat olahraga Anda meneguk air putih minimal.

Image source: pixabay.com

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top