Gaya Hidup

7 Tips Agar Berat Badan Gak Naik Usai Lebaran

Lebaran sudah di depan mata. Merayakan hari nan fitri ini akan terasa kurang tanpa sederet makanan khasnya. Beragam makanan seperti rendang, opor ayam, sirup, kue-kue kecil dan lainnya disiapkan di meja pada hari H. Hendak ditolak sayang, dimakan justru menaikkan berat badan. Padahal bobot tubuh sudah ideal berkat puasa Ramadhan. Oleh karena itu diperlukan langkah bijak agar tubuh tetap ideal usai lebaran. Berikut tujuh tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan Kalap Melihat Makanan

Banyak yang kalap saat lebaran (dalam hal ini termasuk saya dan Anda). Semua makanan yang terhidang di meja langsung disantap tanpa banyak pertimbangan. Hindari pula camilan penuh kalori seperti kastengel atau nastar. Sebab camilan jenis ini bisa menjadi sumber lemak. Lebih bijak lagi saat disuguhi makanan berat, volume sayurnya lebih banyak. Konsumsi sayur bisa mengenyangkan, sehingga bisa mengusir keinginan untuk ngemil yang bikin badan tambah melar.

2. Banyak minum air putih

Saat lebaran tiba, banyak rumah yang menyuguhkan sirup atau minuman manis lainnya. Agar berat badan tak melonjak, konsumsi minuman jenis ini secara bijak. Sesekali tak apa, tapi selebihnya pilih air putih saja. Selain lebih sehat, minum air putih juga membuat perut lebih kenyang. Selain itu metabolisme tubuh jadi lebih cepat. Efeknya kalori yang masuk dalam tubuh tidak akan bertumpuk dan menjadi timbunan lemak.

3. Makanlah buah-buahan

Buah-buahan yang dimaksud disini adalah buah segar, bukan yang dicampur dalam minuman. Buah segar mengandung lemak dan kalori yang lebih sedikit. Selain itu kandungan seratnya mampu memperlancar pencernaan, sehingga makanan yang masuk dalam tubuh tidak ditimbun menjadi lemak. Dengan demikian buah segar merupakan pilihan bagi Anda yang ingin menjaga bentuk tubuh tetap ideal usai lebaran. Tetapi, perlu diingat agar Anda menghindari buah yang kalorinya tinggi semisal durian atau semangka.

4. Bakar kalori dengan olahraga dan melakukan aktivitas harian

Untuk mengimbangi makanan yang masuk ke dalam tubuh selama lebaran, olahraga tetap harus dilakukan. Tidak harus pergi ke tempat fitnes atau sanggar senam. Cukup lakukan saja olahraga yang intensitasnya ringan tapi berulang, seperti jalan atau jogging pagi hari. Atau bisa juga dengan melakoni berbagai aktivitas harian seperti menyapu, mengepel mencuci. Kegiatan semacam ini akan membantu membakar kalori dalam tubuh.

5. Aturlah pola makan

Makanlah sesuai jadwal waktu makan. Baik pagi, siang, atau malam. Jangan lewatkan satu jadwal pun, semisal meninggalkan sarapan pagi karena tergesa pergi mengunjungi kerabat. Hal ini justru bisa memicu Anda untuk menambah porsi makan saat jam makan berikutnya. Selain itu, batasi konsumsi makanan agar tidak sampai berlebihan. Tahanlah keinginan untuk menambah makanan meski yang dihidangkan adalah makanan kesukaan.

6. Pilih piring kecil saat makan

Banyak makanan berat yang disuguhkan saat berkunjung ke rumah sanak saudara. Usahakan memilih piring kecil saja. Sebab menikmati makanan dalam piring kecil membuat Anda lebih bisa mengontrol porsi makan. Dengan demikian asupan kalori yang masuk dalam tubuh tidak berlebihan.

7. Melakukan puasa lanjutan

Selain usaha-usaha diatas, ada satu lagi yang bisa kita lakukan agar badan tetap ideal. Caranya dengan melalukan puasa lanjutan. Semisal usai melakukan puasa syawal dilanjutkan dengan puasa hutang selama Ramadhan. Lalu diikuti dengan puasa Senin Kamis setelah hutang puasa lunas terbayar.

Nah, itu tadi tujuh tips agar bobot tubuh tak naik usai lebaran. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian. Selamat lebaran!

 

 

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo MB Friends, specially kalian BLOGGER PONTIANAK. Ikutan lomba ini yuk πŸŽ‰πŸŽ‰ .
Berikut detail hadiah dan syarat ketentuannya, yahhh πŸ˜‰
.
Hadiah:
.
βœ“ Terbaik 1 : Rp 1 juta, produk sponsor, sertifikat
βœ“ Terbaik 2 : Rp 700 ribu, produk sponsor, sertifikat
βœ“ Terbaik 3 : Rp 500 ribu, produk sponsor, sertifikat
.
Syarat dan ketentuan:

1. Blogger berdomisili di Pontianak dan sekitarnya

2. Follow media sosial Instagram @mbcommunication, @indoblognet @pontianak_creative

3. Bisa menulis di blog personal atau situs netizen seperti Kompasiana,Indonesiana, Indoblognet, dan sebagainya

4. Menuliskan dalam paragraf unsur kalimat berikut ini :

MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing, Β creative branding, dan cyber public relation. (memberikan link pada anchor text ” Jasa SEO Berkualitas dan Terpercaya ” ke http://mbcommunication.co.id)

5. Menyebarkan kata kunci dalam tulisan : profesional blogger, blogger profesional, blogger Indonesia, dan blogger terkenal.

6. Periode lomba : 1 – 25 Juli 2018

7. Pengumuman : 5 Agustus 2018 saat Kopdar SEOWebmaster ke-3

8. Jumlah kata minimal 500 kata

9. Peserta boleh menulis lebih dari satu tulisan

10. Link postingan lomba dikirimkan ke email kami (cek bio)
.
PS: Info selengkapnya bisa dicek di www.indoblognet.com yah (cek bio)
.
Yukkk berpartisipasi πŸ€—πŸ€—
.
#bloggerpontianak #lombablog #mbcommunication

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top