Indo Blog Net

Tips and Trick

7 Merek Tableware yang Bagus, Siap Bikin Kece Meja Makanmu

cara membersihkan peralatan makan

Setuju gak kalau peralatan makan dan minum (tableware) yang cantik di meja makan akan membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan? Ya, semakin cantik dan berkualitas tableware di meja makan Anda maka suasana makan pun jadi lebih istimewa. Hal ini juga dapat membangkitkan selera makan, lho.

Karena itulah Anda tidak boleh sembarangan membeli tableware, pastikan Anda membeli tableware yang bagus. Tableware yang bagus bukan hanya aman digunakan, tapi juga harus berkualitas agar awet dipakai dalam jangka waktu lama.

Di pasaran terdapat berbagai merek tableware yang bagus. Namun, meski Anda menggunakan merek tableware yang bagus sekalipun, agar tableware bisa awet dan terjaga keindahannya Anda juga perlu mengetahui cara membersihkan tableware (peralatan makan) dengan benar. 

Baca juga: 5 Jenis Bahan Tableware yang Aman untuk Kesehatan, Jangan Salah Pilih Ya!

Cara Membersihkan Peralatan Makan dengan Benar

Tahukah Anda, meski tampak sepele cara membersihkan tableware atau peralatan makan yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi kebersihan tableware serta makanan yang Anda santap.

Jadi yuk kita simak beberapa cara membersihkan peralatan makan dengan benar berikut ini.

  • Langsung cuci setelah digunakan

Cara pertama membersihkan peralatan makan dengan benar adalah langsung mencucinya setelah selesai digunakan. Hindari membiarkan cucian peralatan makan dan minum Anda menumpuk dan membiarkannya semalaman tanpa dicuci terlebih dahulu.

Meskipun peralatan makan dan minum terlihat tidak terlalu kotor, langsung mencucinya akan membuat peralatan makan lebih awet dan terjaga keindahannya. 

  • Pisahkan alat makan dengan alat masak

Cara tepat berikutnya dalam membersihkan peralatan makan yaitu memisahkan peralatan makan dengan peralatan masak. Cuci lebih dulu peralatan makan, baru setelah itu peralatan masak. Sebab peralatan masak umumnya meninggalkan noda dan sisa makanan yang lebih sulit dibersihkan dibanding peralatan makan.

Dengan mendahulukan mencuci peralatan makan akan mencegah peralatan makan Anda terkena noda lemak dan minyak dari peralatan masak. 

  • Buang sisa makanan

Biasakan untuk membuang sisa makanan ke tempat sampah sebelum Anda mencuci peralatan makan. Ini juga termasuk salah satu cara membersihkan peralatan makan dengan benar. Hal ini akan membuat proses mencuci jadi lebih mudah dan spons cuci pencuci peralatan makan jadi lebih bersih.

  • Dahulukan mencuci gelas dan sendok

Cara membersihkan peralatan makan dengan benar selanjutnya yaitu mendahulukan mencuci gelas, setelah itu sendok. Sebab mencuci keduanya lebih mudah dibanding mencuci piring maupun wadah sayur. Mendahulukan mencuci gelas dan sendok, baru kemudian piring dan lainnya akan membuat proses mencuci lebih cepat. 

  • Cuci dengan air hangat

Cucilah peralatan makan dengan air hangat jika diperlukan, terutama jika sisa makanan mengandung lemak, minyak, atau nasi yang mengering. Ini merupakan cara membersihkan peralatan makan dengan benar, sebab air hangat berfungsi membantu merontokkan sisa makanan dengan mudah. Tapi ingat, gunakan air hangat bukan air panas. 

  • Gunakan perasan lemon

Cara berikutnya dalam membersihkan peralatan makan dengan benar adalah menggunakan perasan lemon untuk sisa makanan yang berbau amis. Perasan lemon ini ampuh menghilangkan bau amis pada peralatan makan. Cukup campurkan sedikit perasan lemon ke dalam sabun cuci dan kemudian cuci peralatan makan seperti biasa. 

  • Bilas di bawah air mengalir

Cara membersihkan peralatan makan dengan benar berikut ini juga akan membuat peralatan makan terhindar dari bakteri yang mungkin masih menempel serta adanya aroma tak sedap dari sisa makanan. Pastikan setelah mencuci Anda membilas peralatan makan di bawah air mengalir jika ingin bersih secara optimal. 

  • Pilih spons dan sabun cuci yang tepat

Cara membersihkan peralatan makan dengan benar juga tak terlepas dari pemilihan spons dan sabun cuci yang tepat. Gunakan spons yang lebih lembut untuk peralatan makan. Sebaiknya pisahkan spons untuk mencuci peralatan makan dengan spons untuk peralatan masak.

Baca juga: 5 Cara Merawat Tableware Enamel agar Tetap Awet dan Kinclong

Untuk sabun cuci, sebaiknya gunakan sabun cuci cair yang menggunakan bahan-bahan yang aman. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun cuci yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain lebih aman untuk kesehatan juga ramah lingkungan. 

  • Bersihkan tempat cuci piring

Membahas mengenai cara-cara membersihkan peralatan makan dengan benar juga tidak terlepas dari menjaga kebersihan tempat cuci piring, lho.

Tempat cuci piring juga terkena kotoran dari sisa-sisa makanan. Jika tak dibersihkan tempat cuci piring bisa menjadi tempat menumpuknya kuman. Apalagi pada lubang wastafel, sebaiknya sesekali dibersihkan dengan cairan desinfektan agar lebih bersih. 

Nah, setelah Anda mengetahui cara membersihkan peralatan makan dengan benar, mari selanjutnya kita bahas beberapa merek tableware yang bagus untuk membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan. 

7 Merek Tableware yang Bagus

Banyaknya merek tableware di pasaran tentunya membuat Anda bingung mana yang paling bagus untuk dipilih? Supaya Anda tidak bingung berikut ini kami berikan 7 rekomendasi merek tableware yang bagus. Sebelum membeli jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda membelinya di toko yang terpercaya agar Anda memperoleh produk yang asli dan berkualitas. 

1. Tableware Pyrex

cara membersihkan peralatan makan

Credit: etsy.com

Pyrex adalah merek tableware yang bagus dan sudah sangat ternama. Bukan hanya di Indonesia, merek tableware Pyrex ini juga sudah lama populer di mancanegara. Kualitasnya memang tak diragukan lagi. Aman bagi kesehatan, daya tahannya pun tangguh. Selain itu Pyrex juga termasuk tableware yang ramah lingkungan.  

2. Tableware Vicenza

cara membersihkan peralatan makan

Credit: tokovicenza.com

Merek tableware Vicenza juga termasuk salah satu merek yang bagus. Tampilannya anggun dan elegan, pokoknya siap deh membuat meja makan Anda jadi lebih menarik. Kualitasnya pun di atas rata-rata, padahal harganya tidak terlalu mahal, lho. Merek tableware Vicenza ini merupakan merek asli Indonesia yang telah berkiprah sejak puluhan tahun lalu.

3. Tableware IKEA 

cara membersihkan peralatan makan

Credit: lookboxliving.com.sg

Merek tableware yang bagus berikutnya yaitu IKEA. Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan nama yang satu ini bukan? Ya, IKEA merupakan perusahaan furnitur rumah tangga asal Swedia yang sudah sangat populer di Indonesia maupun mancanegara. Ada banyak pilihan tableware berkualitas keluaran IKEA yang bisa Anda pilih. 

4. Tableware Sango

cara membersihkan peralatan makan

Credit: ekistore.com.ng

Sango juga bisa jadi pilihan merek tableware yang bagus. Sango bukan pemain baru dalam dunia tableware, merek ini sudah memproduksi aneka tableware berbahan porselen sejak Tahun 1977. Variasi produknya sangat lengkap dilengkapi berbagai motif yang pastinya bikin meja makan Anda jadi super cantik. 

5. Tableware Tanica

cara membersihkan peralatan makan

Credit: inkuiri.com

Merek tableware yang bagus untuk Anda penggemar bahan stainless steel, maka Tanica adalah rekomendasi terbaik. Tanica yang telah hadir lebih dari 40 tahun ini menggunakan bahan stainless steel premium untuk setiap produknya. Tak heran jika tableware merek Tanica memiliki daya tahan yang unggul. 

6. Tableware Krishome

cara membersihkan peralatan makan

Credit: ruparupa.com

Merek tableware yang bagus selanjutnya adalah Krishome. Merek Krishome ini tersedia dari beberapa pilihan material, ada yang terbuat dari stainless steel, kaca, serta serat bambu. Modelnya pun sangat variatif sehingga Anda bebas memilih model sesuai selera. Tableware Krishome ini menggunakan material food grade pada setiap produknya dan telah mengantongi sertifikat SNI.

7. Tableware UCHII

cara membersihkan peralatan makan

Credit: dekoruma.com

Terakhir, merek tableware UCHII juga termasuk yang bagus untuk jadi pilihan. Sama halnya dengan merek tableware Krishome, merek yang satu ini juga terdiri dari berbagai material, mulai dari serat bambu, keramik, kaca, hingga stainless steel.

Bagi Anda penyuka tableware ala Jepang, merek UCHII ini menghadirkan banyak model tableware bernuansa khas negeri Sakura tersebut. 

Itulah beberapa merek tableware yang bagus untuk menambah kenyamanan Anda menyantap makanan bersama keluarga 😊

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top