Connect with us

Kuliner

7 Menu Masakan Daging Sapi untuk Idul Adha yang Mudah dan Lezat

Published

on

Sajian di hari raya Idul Adha memang identik dengan menu serba daging. Agar Anda tidak bosan dengan menu daging yang itu itu saja, di artikel kali ini akan diulas beberapa menu masakan daging sapi untuk Idul Adha yang mudah dibuat dan lezat. Dijamin deh stok daging sapi Anda dirumah jadi bisa dikreasikan menjadi berbagai menu.

Baca juga: 5 Panduan Kurban di Masa Pandemi agar Aman dan Berkah

Ingin sajian Idul Adha Anda semakin lezat dan istimewa? Pastikan Anda mengolah daging sapi dengan tepat agar benar-benar empuk. Yuk, sebelumnya mari kita simak berbagai tips agar daging sapi cepat empuk dan tidak alot.

6 Tips agar Daging Sapi Cepat Empuk dan Tidak Alot

Ada beberapa bagian daging yang memang lebih keras dan tidak mudah empuk. Jika direbus terlalu lama tentunya akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar, bukan? Tidak perlu bingung, Anda bisa coba beberapa tips agar daging sapi cepat empuk dan tidak alot berikut ini:

1.    Iris kecil-kecil

Mengiris dengan potongan kecil-kecil merupakan tips pertama agar daging sapi cepat empuk dan tidak alot. Daripada Anda memasak daging dalam potongan tebal lebih baik iris kecil-kecil atau sedikit dicincang. Sehingga daging menjadi lebih tipis dan lembut. Hal ini akan membuat daging jadi lebih mudah matang dan empuk saat dimasak, lho.

Tak hanya itu saja, bumbu juga jadi lebih mudah meresap ke dalam daging. Sehingga Anda tidak perlu memasak daging terlalu lama untuk membuat bumbunya lebih meresap.

2.    Pukul-pukul daging

Tips agar daging cepat empuk dan tidak alot selanjutnya yaitu dengan cara memukul-mukul daging. Ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan. Anda bisa gunakan alat pemukul daging, kemudian pukul-pukul daging pada kedua sisinya hingga teksturnya menjadi lebih empuk dan lembut.

Agar daging tidak bergeser saat dipukul-pukul, Anda bisa gunakan talenan sebagai alas. Tapi ingat jangan terlalu kencang memukulnya, ya. Hal ini bisa membuat sari daging (nutrisinya) keluar dan terbuang.

3.    Gunakan panci presto

Ini merupakan tips agar daging cepat empuk dan tidak alot yang paling praktis. Anda hanya perlu menggunakan panci presto. Panci presto adalah alat yang menggunakan panas serta tekanan uap untuk membuat daging menjadi lebih empuk hanya dalam hitungan menit.

Masak menggunakan panci presto jadi lebih cepat matang. Merebus daging dengan panci presto membutuhkan waktu tidak lebih dari 45 menit. Proses masak yang lebih cepat tentunya membuat bahan bakar yang digunakan jadi lebih hemat, ya?

4.    Rendam perasan jeruk nipis

Anda tidak punya panci presto? Tenang saja, Anda bisa coba tips yang satu ini agar daging cepat empuk dan tidak alot. Cukup gunakan jeruk nipis. Bahan yang satu ini dapat membantu membuat daging jadi lebih empuk karena asam yang terkandung didalamnya.

Caranya, rendam daging dalam air yang diberi perasan jeruk nipis secukupnya. Biarkan selama 30 menit. Lalu bilas daging dengan air untuk menghilangkan rasa asam dari jeruk. Jangan terlalu lama sebab bisa membuat daging menjadi asam.

5.    Rendam parutan jahe

Tips agar daging cepat empuk dan tidak alot berikutnya adalah merendamnya dalam air yang diberi parutan jahe. Caranya sangat mudah, Anda cukup menyediakan satu potong jahe lalu parut. Masukkan parutan jahe tersebut ke dalam air rendaman daging. Kemudian biarkan selama satu jam, setelah itu bilas daging menggunakan air untuk menghilangkan rasa dan aroma jahe pada daging.

Jahe mengandung enzim proteolitik yang dapat memecah protein dalam daging sehingga daging menjadi lebih empuk dan tidak alot.

6.    Rendam teh

Tips terakhir agar daging cepat empuk dan tidak alot yaitu rendam daging menggunakan teh. Anda pasti punya teh dirumah, kan? Nah, gunakan air teh yang pekat untuk merendam daging selama 30 menit hingga satu jam. Lalu setelahnya bilas dengan air untuk menghilangkan bau teh yang menempel pada daging.

Teh mengandung tanin yang dapat membantu melunakkan serat dan otot pada daging. Semakin pekat teh yang Anda gunakan maka semakin efektif pula untuk mengempukkan daging.

Demikian beberapa tips agar daging cepat empuk dan tidak alot yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Sekarang mari kita simak menu masakan daging sapi yang mudah dan lezat untuk sajian Idul Adha nanti.

7 Menu Masakan Daging Sapi untuk Idul Adha yang Mudah Dibuat dan Lezat

Tak lengkap rasanya menikmati hari raya tanpa adanya sajian istimewa di meja makan Anda. Beberapa menu masakan daging sapi berikut ini dijamin bisa bikin lidah Anda bergoyang dengan kelezatannya.

1.    Rendang

menu masakan daging sapi

Credit: kompas.com

Menu masakan daging sapi yang pertama tentunya adalah rendang. Ya, ini merupakan menu paling populer dan seringkali jadi menu wajib di hari raya. Proses memasaknya memang membutuhkan waktu yang agak lama, namun jika Anda ingin lebih praktis tak ada salahnya menggunakan bumbu siap pakai.

Tapi ingat, gunakan bumbu siap pakai yang alami dan diolah dengan cara tradisional ya, agar citarasanya lebih mirip dengan masakan buatan rumah.

2.    Soto daging

menu masakan daging sapi

Credit: blog.tokowahab.com

Soto daging merupakan salah satu menu masakan daging sapi yang juga memiliki banyak pengggemar. Soto daging ada yang berkuah bening dan ada pula yang menggunakan santan sehingga kuahnya jadi lebih kental dan gurih.

Aromanya yang harum tentunya akan membuat selera makan Anda jadi meningkat. Anda juga dapat menambahkan tetelan dan sandung lamur pada soto agar rasanya semakin lezat.

3.    Sop daging kacang merah

menu masakan daging sapi

Credit: dapurkobe.co.id

Menu masakan daging sapi berikut ini cocok bagi Anda yang suka masakan dengan citarasa yang lebih sederhana alias tidak terlalu banyak bumbu atau rempah. Sop daging kacang merah juga sangat cocok bagi anak-anak, lho. Nutrisi yang terdapat pada kacang merah tentunya memberikan nilai tambah pada masakan Anda.

Jangan lupa untuk merendam kacang merahnya terlebih dahulu selama semalaman agar kacang menjadi lebih enak dan empuk.

4.    Oseng daging pete

Credit: idntimes.com

Anda penggemar pete atau petai? Menu masakan daging sapi yang satu ini bisa Anda coba. Sebelumnya Anda perlu merebus daging sapinya terlebih dahulu hingga empuk. Jika ingin sajian yang pedas tinggal tambahkan lebih banyak cabai pada masakan Anda. Aroma pete yang menggugah selera pastinya membuat Anda jadi lebih berselera makan.

5.    Tumis daging bumbu sate

Credit: batam.tribunnews.com

Menu masakan daging sapi selanjutnya yaitu tumis daging bumbu sate. Menu sate yang satu ini tidak menggunakan tusuk sate sebab diolah dengan cara ditumis. Potong daging dengan ukuran kecil-kecil supaya lebih empuk dan bumbunya meresap. Bumbu kacang yang kental dan legit akan membuat menu masakan daging Anda jadi lebih lezat.

6.    Rawon

Credit: masakapahariini.com

Selain soto dan sop, rawon juga jadi menu masakan daging sapi yang tak kalah lezat. Ada satu hal yang paling khas dari rawon yaitu kuahnya yang hitam pekat. Menu masakan daging khas Jawa Timur ini memiliki citarasa gurih. Rawon umumnya menggunakan daging sandung lamur dan disajikan dengan telur asin dan tauge.

7.    Dendeng manis

Credit: tribunnews.com

Menu masakan daging sapi yang terakhir ini khusus bagi Anda penggemar masakan dengan citarasa manis gurih. Irisan daging tipis dengan bumbu manis gurih ini bisa jadi teman makan nasi maupun sebagai pelengkap menu-menu lainnya. Salah satu keunggulan lainnya dari dendeng ini adalah tidak mudah basi, sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu lebih lama dibanding menu lainnya.

Itulah beberapa menu masakan daging sapi yang dapat Anda coba di hari raya Idul Adha nanti. Selamat menyambut hari raya Idul Adha, ya 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer