Blogging

7 Manfaat Mengikuti Tantangan Ngeblog Setiap Hari

Sepanjang sejarah perbloggingan, saya telah 3 kali mengikuti tantangan ngeblog setiap hari secara terus-menerus. Tantangan seperti ini sangat asyik dan mengasyikkan.  Bayangkan, setiap hari peserta harus menulis dan mempublikasikan artikelnya di blog masing-masing lalu melaporkan postingan tersebut kepada penyelenggara. Para blogger, termasuk saya, memang dipaksa update blog setiap hari dalam jangka waktu tertentu. Bukan hanya itu, peserta juga harus mencermati dan mempedomani syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tantangan #30HariNostopNgeblog

Acara ini digelar oleh Blogdetik dan Dblogger Community dari tanggal 17 Agustus 2013 hingga 15 September 2013. Penyelenggara tidak memberikan tema atau topik tertentu. Peserta bebas menulis dan mempublikasikan artikel dengan topik dan kategori apapun selama 30 hari di blog masing-masing. Selanjutnya peserta mengirimkan url artikelnya kepada panitia melalui email dan share url artikel di twiter masing-masing. Tentu saja harus mention Blogdetik dan dBlogger Community plus hastag yang telah ditentukan.

Karena jangka waktunya sudah ditentukan maka peserta yang tidak bisa memenuhi target 30 artikel dapat dipastikan tidak akan diikutsertakan dalam seleksi untuk menentukan pemenangnya. Oleh karena itu saya memang bekerja keras agar saya dapat mempublikasikan artikel setiap hari selama sebulan penuh.

Jujur, selama mengikuti tantangan tersebut muncul rasa was-was. Masalah kesehatan jasmani dan ruhani bisa saja menjadi hambatan bagi peserta. Bukan hanya itu saja, koneksi internet, kesehatan PC, dan laptop juga akan mempengaruhi kelancaran ngeblog. Itulah sebabnya saya juga perlu menjaga kesehatan. Untuk mencegah keterlambatan setor artikel maka di saat tersedia waktu luang saya juga menulis artikel-artikel cadangan untuk siap diluncurkan sesuai jadwal. Ini juga untuk menjaga agar saya tidak setor terlalu mepet dengan deadline (tenggat waktu) yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara.

Pada tanggal 2 Oktober 2013 hasil tantangan diumumkan. Alhamdulillah, saya termasuk salah satu pemenang karena blog saya terpilih sebagai Blog Paling Menarik. Selain mendapat piagam penghargaan saya juga mendapat hadiah berupa uang tunai. Alhamdulillah.

Ngeblog setiap hari selama 30 hari nonstop di bawah sebuah kendali waktu yang ketat memang penuh sensasi.

.

Piagam Penghagaan 30 hari nonstop ngeblog

.

Usia acara saya bukannya istirahat tetapi justeru menulis draf naskah buku baru. Isinya tak lain dan tak bukan adalah artikel-artikel yang ikutsertakan dalam acara Tantangan #30HariNostopNgeblog. Buku bersampul merah tersebut saya beri judul Indonesia dari Balik jendelaku yang saya terbitkan secara mandiri dengan menggandeng penerbit Sixmidad, Bogor. Ini dia tampilan buku tersebut.

.

Buku Indonesia Dari Balik Jendelaku

.

One Day One Post Challenge (ODOP)

Tantangan menulis satu artikel di blog setiap hari ini digelar oleh Mbak Ani Berta. Pesertanya memang terbatas yaitu member dari Fun Blogging. Tantangan ODOP ini sudah digelar 2 kali. Yang pertama tanggal 28 Maret 2016 sampai tanggal 10 April 2016 dan tantangan yang kedua dari tanggal 13 Juli 2016 sampai dengan tanggal 26 Juli 2016.

Ada perbedaan antara Tantangan #30HariNostopNgeblog yang digelar oleh Dblogger Community dengan tantangan ODOP yang digelar oleh Mbak Ani Berta. Pada tantangan ODOP para peserta menulis artikel di blog berdasarkan tema yang telah disusun oleh Mbak Ani Berta. Setiap hari temanya berbeda. Ada tema tentang tips ngeblog, traveling, motivasi, kuliner, gaya hidup, dan lain sebagainya. Peserta bebas menulis artikel sepanjang masih berkaitan dengan tema yang telah disiapkan. Mbak Ani Berta juga memberikan tema bebas sebanyak dua kali. Peserta juga boleh mempublikasikan artikel di blog yang berlainan asal milik pribadi peserta.

Penerbitan artikel setiap hari dibatasi hingga pukul 23.30. Lewat dari jam tersebut peserta dinyatakan gugur. Walaupun penyelenggara tidak menjanjikan benefit dalam bentuk materi namun ada imbalan lain yang tak kalah penting yaitu blog akan semakin hidup dan diharapkan Klout, Domain Authority, dan Alexa pagerank bisa semakin membaik.

Alhamdulillah saya juga bisa mengikuti dua ODOP ini sampai tuntas.

Dari tantangan ngeblog nonstop setiap hari yang diselenggarakan oleh Dblogger Community maupun Mbak Ani Berta di atas saya mendapatkan beberapa manfaat. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menulis artikel bukan hanya sekedar menata huruf dan gambar tetapi ada proses yang mendahuluinya. Mencari dan menemukan ide lalu menempa ide tersebut menjadi artikel yang menarik dan bermanfaat tentu memerlukan olah pikir dan kreativitas. Semakin sering menulis maka otak akan menjadi terlatih.

2. Setiap menulis artikel saya niatkan untuk ibadah agar artikel yang saya terbitkan bisa bermanfaat bagi pembacanya. Oleh karena itu saya tidak asal menulis dan juga tidak menerbitkan artikel yang bisa memprovokasi orang lain untuk melakukan perbuatan negatif. Ada tanggung jawab moral di dalamnya.

3. Dalam mengikuti tantangan saya tak mau terjebak dalam rutinitas. Menulis bukan sekedar iseng atau sekedar menggugurkan kewajiban. Saya anggap setiap tantangan merupakan operasi baru. Saya simak syarat dan ketentuannya agar saya tidak menyimpang darinya. Kebiasaan ini semoga bisa menjelma menjadi karakter saya dalam kegiatan tulis-menulis.

4. Saya berpendapat bahwa dengan menulis setiap hari maka otak dan urat menulis menjadi semakin lentur. Saya tak perlu berlama-lama menempa ide menjadi tulisan dan juga tak perlu termenung berkepanjangan pada alinea pertama. Secara berkelakar saya pernah berkata bahwa sangking lenturnya otak dan urat menulis,  begitu jari tangan berada di atas tombol laptop maka huruf demi huruf, kata demi kata seolah berebut meluncur dan akhirnya memenuhi bidang draft artikel. Jumawa, bukan?

5. Kecermatan, kesabaran, ketekunan, dan ketrampilan ngeblog menjadi meningkat. Dalam tantangan ini peserta bukan hanya mempublikasikan artikelnya. Mereka juga harus mendaftarkan, share tulisan, kadang harus memasang link, memasang baner, gambar, dan kewajiban-kewajiban lainnya. Sebagai seorang blogger lansia, kadang saya melupakan sesuatu. Oleh karena itu check and recheck selalu saya lakukan agar syarat dan ketentuan tidak saya lewatkan.

6. Melihat beberapa peserta tidak mencapai target yang ditentukan saya bisa memakluminya. Kondisi tiap peserta memang berbeda-beda. Kesibukan di dunia nyata, kondisi kesehatan, koneksi internet, dan faktor-faktor lain ikut mempengaruhinya. Saya bersyukur mempunyai waktu luang yang cukup dan didukung oleh kesehatan yang baik serta perangkat yang memadai sehingga bisa menuntaskan tantangan ini.

7. Dengan mengikuti tantangan ini maka blog akan menjadi lebih dikenal oleh peserta yang lain. Dengan demikian diharapkan mereka juga mengunjungi blog peserta lainnya. Trafik blog juga akan meningkat.

Tersedia atau tidak tersedia imbalan materi bukan hal yang utama. Manfaat lain sudah saya dapatkan sebagaimana saya utarakan di atas. Lebih dari itu saya bisa update artikel blog dengan harapan bisa bermanfaat pula bagi orang lain.

Last but not least, saya juga berharap pada suatu waktu Indoblognet juga akan menggelar tantangan ngeblog nonstop. Saya yakin pesertanya juga akan banyak. Maklum tantangan seperti ini sensasinya luar biasa.

Image source: pixabay.com

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top