Indo Blog Net

Tips and Trick

7 Kiat Cerdas Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Keuangan dalam sebuah rumah tangga merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan. Berapapun banyaknya jumlah penghasilan yang diperoleh, jika tidak dikelola dengan benar selalu terasa tidak cukup memenuhi kebutuhan. Maka dari itu keuangan rumah tangga perlu dikelola dengan benar agar semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik.

Manfaat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Segala sesuatu yang dikelola dengan benar tentu akan memberikan keuntungan bagi kita, begitupun dengan mengelola keuangan. Mau tau apa saja manfaat dari mengelola keuangan rumah tangga? Berikut ulasannya:

  • Melatih hidup hemat

Bisa dibilang ini merupakan manfaat dasar yang akan diperoleh dari mengelola keuangan dengan benar. Hidup hemat bukan berarti hidup serba kekurangan, melainkan hidup secara seimbang, tidak berlebihan dalam penggunaan keuangan. Pengeluaran keuangan diatur sesuai dengan porsinya dengan mengutamakan kewajiban dan kebutuhan untuk menghindari pemborosan.

  • Melatih hidup teratur

Dengan mengelola keuangan kita berlatih untuk mengatur keuangan sesuai dengan penghasilan yang kita miliki. Keuangan diatur secara detail, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, hingga kebutuhan tersier. Kita akan berlatih untuk menggunakan uang sesuai dengan aturan (perencanaan) yang telah dibuat sebelumnya.

  • Memiliki tabungan

Dengan mengelola keuangan rumah tangga, tentunya kita juga akan menyisihkan sebagian uang untuk tabungan di masa depan atau untuk membiayai kebutuhan dengan dana yang cukup besar, seperti rumah, mobil, maupun pendidikan. Besar tabungan yang kita miliki bisa diatur sesuai dengan jumlah penghasilan dan tujuan tabungan tersebut.

  • Terhindar dari hutang

Hutang seringkali membuat hidup menjadi tidak tenang. Percayalah hidup kita akan terasa lebih sejahtera tanpa adanya hutang. Itu sebabnya kita perlu mengelola keuangan dengan benar agar dapat terhindar dari hutang. Dengan mengelola keuangan artinya kita mengendalikan pengeluaran kita serta keinginan-keinginan diluar kebutuhan.

Saat kita memiliki keinginan maka kita akan berusaha mengumpulkan uangnya, lalu membelinya secara tunai (tanpa berhutang).

  • Mengurangi stress

Adanya masalah dalam keuangan bisa mengakibatkan kita menjadi stress. Maka dari itu kelola keuangan dengan benar agar terhindar dari stress. Stress karena keuangan biasanya dipicu karena terlilit hutang, uang bulanan habis sebelum waktunya ataupun pengeluaran yang melebihi penghasilan. Semua itu bisa diatasi bila kita mengelola keuangan dengan benar.

7 Cara Pintar Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Agar semua kebutuhan keluarga dapat terpenuhi dengan baik, kita perlu mengelola keuangan rumah tangga. Terlepas dari besar kecilnya penghasilan yang diperoleh, mengelola keuangan rumah tangga tetap diperlukan agar pendapatan dan pengeluaran bisa seimbang, bahkan bisa menyisihkan uang untuk tabungan ataupun investasi.

Berikut beberapa cara pintar mengelola keuangan rumah tangga yang penting untuk dilakukan:

1. Kalkulasi pendapatan

Langkah pertama dalam mengelola keuangan yaitu menghitung seluruh pendapatan yang diperoleh perbulannya. Ini mencakup gaji bulanan, upah lembur, uang bonus, penghasilan tambahan, dan lain-lain.

2. Buat daftar pengeluaran

Buatlah daftar pengeluaran dengan membaginya dalam beberapa jenis pos pengeluaran, mulai dari tagihan listrik, air, uang makan sehari-hari, biaya transportasi, biaya sekolah anak, asuransi, tabungan, dana darurat, hingga dana liburan dan lain-lain.

Setelah itu, alokasikan dana untuk setiap pos pengeluaran. Jumlahkan berapa biaya kebutuhan perbulannya, dan usahakan agar uang yang keluar setiap bulannya tidak melebihi anggaran.

3. Alokasikan untuk tabungan

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang untuk tabungan setiap bulannya. Tabungan bukan diperoleh dari uang sisa pengeluaran bulanan, tapi sejak awal sudah disisihkan untuk tabungan. Mulailah dari jumlah kecil jika memang belum sanggup dengan jumlah yang lebih besar.

Sisihkan minimal 5% dari pendapatan bulanan untuk tabungan. Jika telah terbiasa menabung, coba tingkatkan jumlahnya menjadi 10% hingga 20% perbulannya.

4. Alokasikan untuk dana darurat

Selain tabungan, menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat juga termasuk penting. Dana darurat ini dapat digunakan untuk keperluan mendesak. Besarnya dana cadangan perbulannya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Usahakan agar dana darurat ini tidak dipakai kecuali saat ada kebutuhan mendesak.

5. Hindari berhutang

Sebisa mungkin hindari berhutang, termasuk menggunakan kartu kredit. Pilih kartu debit atau pembayaran cash saat berbelanja. Menghindari penggunaan kartu kredit akan membuat kita lebih hemat. Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan (jumlah pendapatan) agar tidak perlu berhutang.

Jika ingin membeli sesuatu lebih baik sisihkan uang dengan cara menabung, kemudian beli barang yang kita inginkan saat tabungan telah mencukupi.

6. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Salah satu hal yang seringkali membuat pengeluaran menjadi tidak terkendali adalah besarnya keinginan akan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Berusaha membedakan antara kebutuhan dengan keinginan akan membuat keuangan jadi lebih terkendali dan stabil.

7. Tulis sirkulasi keuangan

Tulis secara rinci sirkulasi keuangan perbulannya pada buku atau smartphone. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, dan anggaran-anggaran, semua ditulis secara detail. Hal ini akan memudahkan kita dalam memantau keuangan setiap bulannya. Agar lebih mudah dimengerti, buat pencatatan ini dalam tabel Excel seperti pembukuan akuntansi.

Mengelola keuangan bukanlah hal yang sulit asalkan ada komitmen untuk menjalankan apa yang telah direncanakan. Yuk, kelola keuanganmu dengan menerapkan tips-tips di atas 🙂

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top