Inspirasi

7 Kelakuan Inspiratif Orang yang Merdeka di Era Digital

Membicarakan merdeka dan kemerdekaan sangat identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus . Tanggal sakti  untuk kembali mengingat dan meresapi makna hidup merdeka, terbebas dari penjajahan kolonialisme.

Kolonialisme memang sudah berakhir. Namun sesungguhnya perjuangan baru akan dimulai. Dan, ini tidak main-main. Justru malah menjadi semakin sulit. Proklamator kemerdekaan Indonesia, Bung Karno sudah wanti-wanti mengingatkan hal tersebut.

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” kata Soekarno.

Hmm.. saya  juga jadi teringat dengan khotbah Rosulullah paska kemenangan umat Islam dalam perang Badar, perang pertama umat Islam melawan bangsa Quraisy — pembebasan kaum muslim atas penjajahan/hegemoni Quraisy.

Usai kemenangan itu, Rosulullah berkata, sesungguhnya perjuangan dalam perang Badar  adalah jihad kecil, meski secara kasat mata umat muslim yang berjumlah sekitar 300 orang harus berhadapan dengan 1000 pasukan Quraisy dari berbagai bani.

Justru jihad besar, kata Rosulullah adalah ketika kita melawan hawa nafsu, dan menaklukan energi buruk diri kita sendiri. Musuh yang tidak kentara, tetapi berhasil merasuki jiwa dan pikiran  sehingga melahirkan sikap dan perbuatan yang merusak, tidak produktif.

Merdeka di Era Digital

Kehidupan sebagai bangsa merdeka telah kita jalani selama 73 tahun. Waktu yang terbilang sudah matang untuk menentukan ke arah mana masa depan bangsa ini diciptakan. Terlebih saat ini Indonesia berada dalam pusaran masa dimana teknologi digital memainkan peranan vital menggerakkan perekonomian.

Siap tidak siap, revolusi industri 4.0 di depan mata dan harus kita hadapi. Perubahan terjadi demikian cepat karena internet  sudah menjelma menjadi jantung,  mendenyutkan hampir 60 persen kehidupan rakyat Indonesia.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, jumlah pengguna internet kita sudah menembus angka 143,26 juta orang yang didominasi oleh usia produktif 19 – 34 tahun (49,52%).

Ini jelas menjadi tantangan, peluang sekaligus ancaman jika masyarakat Indonesia tidak mampu menyikapinya : besarnya jumlah SDM   menciptakan potensi market yang besar pula. Di sinilah dibutuhkan jira-jiwa merdeka yang menjadi aktor penggerak kemajuan bangsa.

Saya yakin, Indonesia akan menjadi bangsa basar jika rakyatnya bahagia. Karena, sesungguhnya orang  bahagia itu memiliki jiwa yang merdeka. Sudahkah kamu memiliki jawa merdeka ?

Berikut ini 7 kelakuan  inspiratif orang merdeka di era digital, kamu di nomer berapa ?

1. Orang merdeka tidak suka mencari-cari kesalahan dan kekurangan orang lain

Orang merdeka sejatinya adalah orang yang bahagia, sehingga ia lupa bagaimana mencari-cari kekurangan orang lain, membenci, apalagi mengajak banyak orang untuk membenci dan memprovokasi. Ia lebih senang melihat segala sesuatunya ke dalam dirinya. Saking sibuknya mengevaluasi diri, sampai tak terselip di hatinya kesenangan melihat orang lain kesusahan dan menderita. Menjalin pertemanan sangat berarti baginya dibandingkan menciptakan permusuhan. Harga dirinya adalah ketika ia tidak mencurangi orang lain.

2. Orang merdeka suka berkolaborasi dan menjalin persahabatan 

merdeka di era digital

Ia menyadari kodratnya sebagai mahluk sosial.  Dalam prinsip hidupnya, kesuksesan dan kemajuan berhasil  diraih karena adanya kerja sama dari tim yang baik (team work) dan kolaborasi yang saling menguntungkan. Segala sesuatunya tak dipandang kompetisi semata, melainkan bagaimana bisa berkolaborasi dengan sinergis untuk tujuan kebaikan yang lebih besar. Tak ada gunanya ide besar, jika tak mampu membangun tim untuk merealisasikannya.

3. Orang merdeka sangat menghargai waktu

Waktu  tak mungkin bisa diputar kembali ke belakang. Orang merdeka tak ingin mempermainkan waktu untuk hal-hal yang tidak berfaedah. Ia begitu menghargai waktu karena ingin menikmati hidup dengan merdeka tanpa adanya tekanan karena abai dengan menunda-nunda mengerjakan tanggung jawab. Menghargai waktu juga merupakan caranya menghargai orang lain. Waktu adalah nafas yang diberikan Tuhan agar hidupnya memiliki makna.

4. Orang merdeka tidak suka menyebarkan informasi hoax

Ia memiliki pemikiran yang terbuka terhadap perbedaan. Ia tidak reaktif terhadap sumber-sumber informasi yang tidak jelas dan menjurus pada sensasi. Teknologi internet memang memberikan dampak bagi penyebaran informasi sehingga begitu cepat tersebar dalam ruang-ruang maya dimanapun berada untuk menggiring  opini.  Apalagi jika berkaitan dengan pilihan politik atau isu agama dan SARA, cepat sekali terletup.merdeka di era digital

Orang merdeka sangat selektif memilih informasi yang diterimanya. Pemikirannya merdeka, tak ingin diintervensi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperkeruh suasana. Radarnya kuat begitu mengendus konten informasi yang bersifat provokasi dan rush.  Ia  tidak akan mencari popularitas melalui  penyebarkan informasi hoax,  terlebih pembuat hoax itu terkenal.

5. Orang merdeka berani menciptakan hal-hal baru dan terobosan yang inovatif dan solutif

Orang merdeka sesungguhnya adalah orang kreatif dan selalu memikirkan cara-cara baru yang solutif. Mentalnya bukan  pecundang yang pandai menyalahkan orang lain dan miskin solusi. Ketika orang kebanyakan hanya bisa mengomel dan mencerca, ia memikirkan bagaimana jalan terbaik mengatasi masalah. Semakin ia menyalahkan orang lain dan merundungi keadaan, semakin hilanglah kejernihan berfikir. Orang bahagia yang merdeka selalu mengedepankan solusi, daripada mendramatisasi persoalan. Memberikan jalan kemudahan bagi orang-orang yang membutuhkan adalah kepuasannnya.

Teknologi internet banyak menstimulan orang-orang merdeka berfikir kreatif dan memberikan peluang bagi bisnis berkembang dengan cara  cerdas. Moladin.com salah satunya,  hadir untuk menjadi bagian dari solusi masyarakat yang membutuhkan kendaraan bermotor dan informasi bermanfaat terkait dengan otomotif kendaraan roda dua seperti bengkel, perawatan, sparepart dan berbagai review kendaraan yang dituturkan jujur oleh penggunanya.

Masyarakat juga mendapatkan banyak pilihan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli. Ada berbagai brand, leasing, dealer resmi dan metode pembayaran yang disesuaikan dengan kebutuhan.  Jadi, nggak perlu ribet dan membuang waktu. Moladin memberikan kemudahan khususnya para bikers.  Tinggal buka situs dan appsnya, kebutuhan bikers siap dipenuhi  Moladin. Termasuk bagi yang membutuhkan perkembangan  industri otomotif, terupdate lengkap di blognya.

6. Orang merdeka adalah orang yang mandiri dan memandirikan orang lain (entrepreneurship)

Orang merdeka sejatinya adalah orang yang mandiri. Ia tak ingin banyak diatur atau diintervensi yang membuat dirinya tidak leluasa untuk berfikir dan berkembang. Ia paham benar batasan dimana hak dan kewajiban harus ditempatkan. Karena itu, ia juga memberikan keleluasaan bagi orang lain untuk berfikir, bertindak dan berproses dalam menemukan jati dirinya.  Ia begitu menghargai pemikiran dan sikap orang lain. Jika ada yang membutuhkan bantuannya, ia sigap menolong memberikan solusi dan memberikan kail sehingga orang lain bisa mengatasi masalahnya dengan caranya sendiri. Orang merdeka berani mengambil risiko agar dirinya memiliki kebermanfaatan lebih. Seperti mendirikan usaha atau berbisnis.

7. Orang merdeka selalu  cepat melunasi  hutangnya

Ini penting banget. Orang merdeka tak ingin terjebak dengan gaya hidup yang terlihat mewah tetapi bersumber dari hutang. Kebahagiaan  baginya bukan dari memamerkan kemewahan, tetapi seberapa banyak ia  memberikan manfaat bagi orang lain.  Apalah arti kemewahan yang ditampilkan sementara di luar sana banyak orang kesusahan. Seandainya punnya hutang atau mengambil kredit untuk urusan produktif,  akan cepat diprioritaskan pelunasannya, tidak ditunda-tunda. Kalau perlu, mengambil term waktu peminjaman yang pendek, sehingga bisa cepat selesai.

Bagaimana dengan kamu? Semoga  yang membaca  sudah menjadi termasuk bagian dari orang merdeka yang bahagia.

Yuk sebarkan konten positif agar terus menyuburkan kebahagiaan di hatimu dan lingkungan sekitarmu. Salam Merdeka !

 

Sumber gambar cover: squlio.com

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top