Indo Blog Net

kesehatan

7 Jenis Makanan Sehat Kaya Protein Pengganti Daging

edamame makanan pengganti daging

Apakah Anda sedang menjalani pola makan plant based yang menekankan pada konsumsi produk nabati dan meminimalisir konsumsi produk hewani? Pola makan ini banyak dianggap sebagai metode ampuh untuk mencapai berat badan ideal atau bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. 

Namun ternyata manfaat pola makan plant based tak hanya untuk menurunkan berat badan saja, lho. Berdasarkan penelitian, pola makan ini juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Pola makan plant based juga bisa membantu mengurangi inflamasi dan mempunyai efek antioksidan, sehingga Anda jadi lebih sehat serta tidak mudah terserang penyakit.

Kemudian timbul pertanyaan, darimana kita bisa mendapatkan asupan protein jika harus meminimalisir konsumsi daging? Karena selama ini daging dianggap sebagai sumber protein utama. Eh, tak usah bingung, sebab ada banyak makanan pengganti daging yang dapat Anda konsumsi.

Makanan pengganti daging ini juga kaya akan protein serta dilengkapi berbagai vitamin dan mineral.  

Makanan Sehat Kaya Protein Sekaligus Pengganti Daging

Tidak diragukan lagi kalau protein termasuk nutrisi makro yang sangat penting untuk kesehatan Anda selain lemak dan karbohidrat. Protein berfungsi untuk menunjang pertumbuhan rambut, kulit, kuku, tulang, serta otot. Bukan hanya itu lho, protein juga digunakan untuk pertumbuhan serta perbaikan sel tubuh, produksi hormon dan enzim. 

Baca juga: Suweg, Tanaman Tinggi Karbohidrat yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

Nah, untuk itulah bagi Anda yang ingin asupan protein selalu terjaga dengan baik, cobalah beberapa makanan pengganti daging berikut ini:

1. Tempe

tempe pengganti daging

Credit: fullofplants.com

Kita patut bangga dengan makanan yang satu ini. Sebab tempe merupakan makanan asli dari Indonesia yang memiliki segudang keunggulan. Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi.

Sama halnya dengan makanan hasil fermentasi lainnya, tempe juga kaya akan probiotik, sejenis bakteri baik yang ada di pencernaan Anda. Makanan pengganti daging yang satu ini juga tinggi protein, kalsium, antioksidan, serta isoflavon yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tempe juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. 

Keunggulan lain dari tempe adalah rasanya yang enak dan mudah untuk dikreasikan dalam berbagai menu masakan. Mulai dari digoreng, ditumis, dipanggang, hingga disayur. 

2. Jamur tiram

jamur tiram makanan pengganti daging

Credit: fimela.com

Sebenarnya ada berbagai jenis jamur yang mengandung banyak protein, namun yang paling tinggi adalah jamur tiram. 

Jamur telah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan sehat yang juga memiliki khasiat obat. Makanan pengganti daging yang rendah kalori ini terbukti mempunyai sifat antioksidan serta antimikroba. Tak hanya kaya akan protein, jamur juga mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh. 

Soal rasa, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa jamur ini memiliki rasa gurih alami yang membuatnya sangat cocok dinikmati sebagai pelengkap makanan lainnya. Jamur juga mudah diolah dalam berbagai menu masakan lezat, mulai dari tumisan, semur, pasta, hingga diolah menjadi keripik yang renyah. 

3. Kacang merah

kacang merah makanan pengganti daging

Credit: toriavey.com

Kacang merah telah populer di seluruh dunia sebagai makanan yang banyak mengandung protein. Meski jumlah proteinnya memang tak sebanyak dari daging, tapi kacang merah bisa jadi alternatif makanan sumber protein yang harganya lebih terjangkau dibanding daging.

Makanan pengganti daging yang satu ini juga diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti molybdenum, folat, iron, copper, manganese, potassium, serta vitamin K1. Maka tidak heran jika kacang merah dapat membantu meningkatkan kesehatan usus besar dan menurunkan kadar gula darah.

Uniknya, kacang merah ini bisa disantap dalam berbagai menu yang variatif, mulai dari aneka sop kacang merah, bubur kacang merah, hingga diolah menjadi es kacang merah yang enak dan menyegarkan. 

4. Edamame

edamame makanan pengganti daging

Credit: medicalnewstoday.com

Edamame merupakan jenis makanan pengganti daging yang enak untuk dicoba. Edamame ini sebenarnya kedelai yang belum matang, yang dipanen saat masih muda dan hijau. Di luar negeri edamame sering dimakan sebagai camilan (snack). 

Mengingat betapa pentingnya asupan protein untuk kesehatan tubuh yang optimal, edamame bisa jadi pilihan tepat bagi Anda. Makanan pengganti daging yang satu ini mengandung sekitar 12% protein. Ini termasuk jumlah yang cukup tinggi untuk protein nabati.

Baca juga: 8 Jenis Rempah di Indonesia yang Membuat Masakan Lebih Sehat & Sedap

Namun, berbeda dengan jenis protein nabati lainnya, edamame memiliki asam amino esensial yang lengkap yang diperlukan tubuh Anda. Edamame juga mengandung berbagai vitamin dan mineral terutama vitamin K dan folat. 

Edamame termasuk jenis kacang yang sangat mudah diolah. Bahkan Anda hanya perlu merebusnya selama 5 menit saja untuk menjadikannya sebagai camilan yang enak dan mengenyangkan. 

5. Kacang polong

kacang polong makanan pengganti daging

CreditL: petersfoodsadventure.com

Meski namanya kacang, namun kacang polong sebenarnya termasuk dalam jenis sayuran, lho. Kacang polong merupakan jenis makanan bergizi yang mengandung banyak serat dan antioksidan. 

Tak hanya itu, penelitian pun menunjukkan jika kacang polong dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Anda bisa mengonsumsi kacang polong ini sebagai makanan pengganti daging untuk memenuhi asupan protein.

Kacang polong adalah makanan yang mengenyangkan sebab di dalamnya terdapat banyak protein dan serat. 

6. Nangka

nangka makanan pengganti daging

Credit: scmp.com

Jenis makanan pengganti daging ternyata tidak hanya berasal dari kacang-kacangan maupun sayuran saja, lho. Ada juga buah yang memiliki banyak protein, yaitu nangka. Buah manis yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi.

Tentunya Anda tahu bahwa vitamin C yang tinggi merupakan antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas serta menjaga sistem imunitas.

Makanan pengganti daging yang satu ini juga mengandung serat yang cukup sehingga pencernaan jadi lebih lancar. Uniknya, meski nangka ini termasuk dalam golongan buah, namun Anda dapat mengolahnya menjadi masakan yang gurih dan lezat, seperti gulai nangka atau sayur nangka. 

7. Kacang mede

makanan pengganti daging

Credit: healthline.com

Jenis makanan pengganti daging yang terakhir akan kita bahas adalah kacang mede. Ya, kacang yang memiliki rasa yang lezat serta bentuk unik ini mengandung jumlah protein yang cukup banyak. Kacang mede juga rendah gula serta diperkaya serat. Anda tidak perlu khawatir dengan lemak yang terdapat didalamnya, sebab lemak ini termasuk lemak baik yang dapat menyehatkan jantung.

Kacang mede juga merupakan sumber mineral seperti tembaga, magnesium, serta mangan yang berfungsi untuk memproduksi energi, kesehatan otak, menjaga kekebalan tubuh, dan kesehatan tulang. Maka tidak salah bukan jika kami memasukkan kacang mede ini sebagai salah satu makanan pengganti daging yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. 

Cara konsumsinya pun sangat praktis, Anda hanya tinggal memanggangnya saja untuk memperoleh camilan bernutrisi yang enak. Kacang mede sudah dibekali dengan rasa yang lezat jadi Anda tidak perlu menambahkan bumbu apapun untuk menikmatinya. 

Itulah beberapa jenis makanan pengganti daging yang dapat Anda jadikan pilihan tepat. Jangan lupa untuk melengkapi asupan protein dengan lemak baik dan karbohidrat agar kebutuhan nutrisi makro harian Anda terpenuhi dengan optimal, ya 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top