Connect with us

Bisnis

7+ Ide Bisnis Ramah Lingkungan di Masa Pandemi

Published

on

bisnis ramah lingkungan

Salah satu hikmah dari pandemi virus Corona ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat, termasuk menjaga keseimbangan alam. Terbukti saat ini banyak para pelaku usaha yang tertarik memulai bisnis ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian bumi. Di artikel kali ini akan dibahas beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang bisa Anda jalankan di masa pandemi ini.

7+ Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Jalankan di Masa Pandemi

Dengan menjalankan bisnis ramah lingkungan tentunya dapat membantu mengurangi tingkat pencemaran lingkungan. Dan saat lingkungan tempat tinggal kita bersih maka kita pun akan lebih sehat, bukan? Bisnis ramah lingkungan juga bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Berikut beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang dapat Anda geluti di masa pandemi ini

1. Masker kain

bisnis ramah lingkungan

Credit: mukisi.com

Ide bisnis ramah lingkungan yang pertama adalah masker kain. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa di masa pandemi ini kita diwajibkan untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Otomatis hal ini membuat jumlah permintaan masker di pasaran menjadi meningkat. Sayangnya penggunaan masker medis yang sekali pakai dapat meningkatkan jumlah sampah medis.

Oleh karena itu masyarakat umum (selain petugas medis) sebaiknya beralih menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali sehingga lebih ramah lingkungan. Ini bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Membuat masker kain juga bisa dipelajari secara otodidak melalui internet. Buatlah masker kain yang nyaman dikenakan serta memiliki motif yang menarik.

2. Peralatan makan ramah lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Credit: blog.roomme.id

Ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya yaitu peralatan makan yang ramah lingkungan. Sebenarnya tren penggunaan peralatan makan ramah lingkungan telah ada sebelum masa pandemi. Namun dimasa pandemi ini semakin banyak orang yang mencari peralatan makan ramah lingkungan karena adanya anjuran membawa alat makan sendiri saat makan di luar rumah.

Alat makan ramah lingkungan diantaranya sendok, garpu, sumpit dan sedotan berbahan kayu atau bambu. Selain kayu atau bambu ada juga yang berbahan stainless. Alat makan dengan bahan tersebut dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.

Berbeda dengan alat makan plastik yang biasanya tersedia di tempat-tempat makan, alat makan bahan kayu, bambu, atau stainless lebih ramah lingkungan karena tidak memperbanyak sampah dan pencemaran limbah plastik.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan Bagi Anda yang Tinggal di Perkotaan

3. Tas belanja ramah lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Credit: kompas.com

Tas belanja ramah lingkungan juga merupakan salah satu ide bisnis ramah lingkungan yang bisa Anda jalankan di masa pandemi ini. Utamanya hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang mencemari lingkungan. Tas ramah lingkungan ini umumnya terbuat dari bahan kain katun, kanvas atau goni.

Buatlah desain tas yang menarik dan sekreatif mungkin agar laris diburu pembeli. Misalnya dengan menambahkan tulisan inspiratif, gambar unik, atau desain yang berbeda dari tas ramah lingkungan pada umumnya. Tas ini bisa digunakan untuk belenja ke supermarket, minimarket, pasar, bahkan saat Anda berbelanja di warung.

4. Produk kecantikan ramah lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Credit: lifestyle.kompas.com

Produk kecantikan juga bisa jadi ide bisnis ramah ramah lingkungan, lho. Anda dapat menjual atau memproduksi sendiri produk kecantikan yang diolah menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan.

Produk kecantikan ramah lingkungan tak hanya baik untuk lingkungan saja tapi juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebab produk kecantikan di pasaran banyak yang mengandung bahan-bahan kimia yang tak baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Dengan menggunakan produk kecantikan ramah lingkungan artinya Anda mengurangi racun dalam tubuh.

5. Sabun ramah lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Credit: blog.elevenia.co.id

Selain produk kecantikan, sabun juga bisa jadi ide bisnis ramah lingkungan, lho. Mulai dari sabun mandi, sabun pencuci pakaian, hingga sabun pencuci piring merupakan produk wajib yang sehari-hari kita gunakan. Bisa Anda bayangkan berapa banyak bahan kimia yang berasal dari sabun-sabun tersebut yang kemudian terserap oleh bumi.

Banyak sungai yang kualitas airnya memburuk akibat terkontaminasi bahan kimia yang berasal dari sabun pencuci pakaian. Berbeda dengan sabun ramah lingkungan yang menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, bahan ini mudah ternetralisir oleh alam sehingga tidak mencemari lingkungan.

Jika Anda dapat membuat sabun dengan formula yang ramah lingkungan, ini bisa membantu melestarikan lingkungan. Anda dapat melihat bagaimana cara pembuatan sabun ramah lingkungan di internet. Banyak tutorial DIY(Do It Yourself) yang dapat Anda coba.

6. Pembalut ramah lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Credit: woop.id

Ide bisnis ramah lingkungan berikutnya adalah pembalut ramah lingkungan. Sebab penggunaan pembalut sekali pakai turut menyumbang jumlah sampah yang sangat banyak. Berdasarkan data di Indonesia sampah pembalut bisa mencapai lebih dari 20 ton setiap harinya.

Dengan menggunakan pembalut ramah lingkungan tentunya bisa mengurangi jumlah sampah tersebut. Pembalut ramah lingkungan ada yang terbuat dari kain polyester, kapas organik, maupun microfiber. Pembalut ini bisa dicuci untuk digunakan berulang kali.

7. Sayur dan buah organik

bisnis ramah lingkungan

Credit: lombokita.com

Ide bisnis ramah lingkungan yang satu ini juga tak kalah menarik. Sayur dan buah organik semakin diminati di masa pandemi ini. Sebab makanan organik merupakan pilihan yang lebih sehat dibanding makanan yang non organik. Sayur dan buah organik ditanam tanpa menggunakan pupuk yang mengandung bahan kimia serta pestisida.

Dengan begitu budidaya sayur dan organik ini lebih ramah lingkungan karena tidak mencemari tanah dan udara dengan bahan-bahan kimia. Selain lebih aman untuk lingkungan pastinya juga lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda. Anda dapat menanam sayur organik melalui media tanam vertikal maupun sistem hidroponik.

8. Furnitur daur ulang

bisnis ramah lingkungan

Credit: furnizing.com

Anda pernah dengar furnitur daur ulang? Ini bisa jadi ide bisnis ramah lingkungan yang dapat Anda coba, lho. Barang-barang bekas juga dapat diolah kembali menjadi furnitur yang unik dan mempunyai nilai jual tinggi. Namun Anda perlu mengoptimalkan kreativitas Anda dalam hal ini.

Misalnya, mengolah sampah kayu menjadi furnitur rumah maupun dekorasi yang unik. Bisa juga memanfaatkan drum bekas untuk membuat kursi, hingga peralatan elektronik bekas yang dikreasikan menjadi dekorasi rumah yang menarik.

Furnitur daur ulang dapat mengurangi jumlah sampah. Tak hanya itu, furnitur daur ulang juga bisa membuat tampilan ruangan terkesan vintage dan unik.

9. Bank sampah

bisnis ramah lingkungan

Credit: unilever.co.id

Ide bisnis ramah lingkungan yang terakhir adalah bank sampah. Caranya yaitu dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berasal dari rumah masyarakat setempat yang sebelumnya telah dipisah-pisah antara sampah kering dan sampah basah. Sampah-sampah ini akan disetor di bank sampah, kemudian ditimbang dan dicatat ke dalam buku tabungan bank sampah.

Sampah kering akan dikelola oleh bank sampah menjadi produk daur ulang yang mempunyai nilai jual, seperti tas, dompet, serta produk kerajinan tangan lainnya yang terbuat dari sampah rumah tangga. Sedangkan sampah basah bisa diolah menjadi pupuk kompos yang dapat dijual ke petani atau para pelaku usaha budidaya tanaman.

Nah, itulah beberapa ide bisnis ramah lingkungan yang menarik untuk Anda coba di masa pandemi ini. Apakah Anda punya ide bisnis lainnya yang juga ramah lingkungan? Share yuk pada kolom komentar di bawah ini 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer