Connect with us

Bisnis

7 Ide Bisnis Makanan Korea Lagi Hits & Tips Sukses Menjalankannya

Published

on

ide bisnis makanan korea

Di masa pandemi ini tren makanan Korea semakin meningkat di Indonesia. Hal ini imbas dari maraknya drama Korea sebagai salah satu tontonan pelepas kejenuhan saat di rumah. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis menarik bagi Anda, lho. Di artikel kali ini akan diulas beberapa ide bisnis makanan Korea yang lagi hits serta tips sukses menjalankannya.

7 Ide Bisnis Makanan Korea yang Lagi Hits

Diantara sekian banyak jenis makanan Korea yang ada di Indonesia, ada beberapa yang populer dan banyak digemari. Bukan hanya karena rasanya yang lezat dan enak dinikmati oleh orang Indonesia, tapi juga penampilannya yang menarik dan menggugah selera. Berikut 7 ide bisnis makanan Korea yang lagi hits untuk Anda jadikan ladang rezeki:

1.    Kimchi

tips usaha makanan korea

Credit: klikdokter.com

Ide bisnis makanan Korea yang pertama tentu saja adalah kimchi. Kimchi merupakan makanan khas Korea yang paling populer bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara lain di dunia. Sebab makanan yang satu ini merupakan makanan hasil fermentasi sayuran yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.

Kimchi mempunyai citarasa pedas dari bubuk cabai. Selain pedas, Kimchi juga memiliki rasa asam yang diperoleh dari hasil fermentasi. Di masa pandemi seperti ini kimchi bisa jadi salah satu makanan sehat yang akan membantu menjaga kekebalan tubuh. Ini bisa jadi keunggulan yang dapat Anda tawarkan dari bisnis makanan yang satu ini.

2.    Tteokbokki

ide bisnis makanan korea

Credit: freepik.com

Tteokbokki juga merupakan salah satu makanan Korea yang paling hits di Indonesia. Tentunya ini jadi peluang bagus untuk dijadikan bisnis. Tteokbokki itu sendiri adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan memiliki citarasa pedas yang berasal dari saus cabainya.

Rasanya yang pedas dan gurih dengan tekstur kenyal ini sangat cocok dijadikan camilan yang cukup mengenyangkan. Anda bisa menjual makanan ini dengan level pedas yang berbeda-beda sehingga dapat menyesuaikan dengan lidah konsumen.

3.    Kimbap

tips usaha makanan korea

Credit: foodhistory.opened.ca

Makanan Korea yang satu ini juga tak kalah menarik, lho. Sekilas makanan yang bernama kimbap ini mirip dengan makanan khas Jepang, yaitu sushi. Kimbap merupakan nasi yang diberi bumbu garam serta minyak wijen kemudian dibungkus dengan lembaran rumput laut.

Isian kimbap berupa aneka sayuran seperti wortel, bayam, maupun lobak. Selain sayuran, kimbap juga dilengkapi telur dadar sebagai isiannya. Disinilah letak perbedaan kimbap dengan sushi. Kimbap diisi dengan sayuran dan telur, sedangkan sushi diisi dengan ikan.

Makanan yang satu ini memiliki tampilan visual yang sangat menarik. Anda bisa jadikan ini sebagai daya tarik untuk memikat konsumen melalui sosial media. Namun pastikan rasanya juga lezat, ya.

4.    Bibimbap

tips usaha kuliner

Credit: budgetbytes.com

Ide bisnis makanan Korea berikutnya adalah bibimbap. Makanan yang satu ini mirip dengan nasi campur di Indonesia. Bibimbap merupakan nasi yang diberi topping berbagai sayuran dan telur mata sapi. Kemudian dimakan bersama saus khas Korea yaitu gochujang.

Yang unik adalah cara memakannya, dimana nasi beserta seluruh lauknya dicampur menjadi satu dengan saus gochujang. Hidangan yang satu ini tentunya cocok bagi lidah orang Indonesia yang sudah terbiasa mengonsumsi nasi putih dalam kesehariannya.

5.    Ayam pedas Korea

tips usaha kuliner

Credit: zeffiroshop.com

Ayam pedas Korea juga bisa jadi salah satu ide bisnis makanan Korea yang menguntungkan untuk Anda coba. Sebab banyak orang menggemari makanan dari olahan ayam. Menu ayam pedas di Korea yang biasa disebut dengan yangnyeom ini termasuk menu populer di negeri ginseng tersebut.

Ayam pedas Korea ini merupakan ayam yang dimasak dengan cara digoreng. Sebelumnya ayam dibumbui terlebih dahulu dan dilapisi adonan tepung. Setelah itu ayam disajikan dengan bumbu berupa saus pedas khas Korea. Bagi penyuka makanan pedas tentunya menu yang satu ini bisa bikin ketagihan, lho.

6.    Dalgona coffee

tips usaha kuliner

Credit: m.briliofood.net

Ide bisnis makanan Korea selanjutnya yaitu dalgona coffee. Minuman yang satu ini sempat sangat viral di sosial media Instagram. Dan hingga kini masih banyak orang yang penasaran dengan minuman yang terinspirasi dari jajanan permen dari Korea ini.

Dalgona awalnya adalah jajanan permen dari Korea, yang mempunyai warna dan rasa coklat karamel lembut. Terinspirasi dari permen tersebut muncullah Dalgona coffee yang merupakan minuman kopi tanpa ampas yang dicampur gula kemudian diaduk hingga mengembang dan teksturnya menyerupai krim.

Lalu, adonan kopi tersebut disajikan di dalam gelas berisi susu dingin. Anda bisa menikmatinya dengan cara mengaduknya atau meminumnya tanpa diaduk.

7.    Korean strawberry milk

korean strawberry milk

Credit: tarasmulticuluturaltable.com

Korean strawberry milk jadi ide bisnis makanan Korea yang terakhir dalam daftar ini. Jika pada menu dalgona coffee menggunakan kopi dicampur susu, minuman yang satu ini menggunakan susu yang dicampur dengan strawberry.

Sama halnya dengan dalgona coffee, Korean strawberry milk juga merupakan minuman kekinian yang populer dan banyak dicari orang Indonesia, lho. Minuman ini menggunakan susu segar yang dipadukan dengan selai strawberry dan diberi tambahan potongan buah strawberry.

Korean strawberry milk yang disajikan dingin ini juga mempunyai tampilan yang menarik. Jika Anda melihat perpaduan warna coklat dan putih pada dalgona coffee, maka minuman yang satu ini memadukan warna putih susu dan merah mencolok dari strawberry. Menarik bukan?

Demikian berbagai ide bisnis makanan Korea yang dapat Anda coba. Supaya bisnis makanan Korea Anda makin sukses, di bawah ini ada beberapa tips sukses menjalankan bisnis makanan Korea yang penting untuk Anda ketahui.

4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Korea

Pastinya tidak akan ada kesuksesan tanpa usaha, ya. Anda tentunya membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk memudahkan usaha Anda, yuk ikuti beberapa tips sukses bisnis makanan Korea berikut ini.

1.    Sesuaikan dengan citarasa Indonesia

Tips bisnis makanan Korea yang pertama adalah sesuaikan dengan citarasa Indonesia. Bagaimanapun juga tidak semua orang Indonesia terbiasa dan menyukai makanan dengan citarasa Korea. Jadi agar bisnis makanan Korea Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen maka perlu disesuaikan dengan citarasa Indonesia.

2.    Utamakan kualitas

Selain menyesuaikan dengan citarasa Indonesia, tips bisnis makanan Korea selanjutnya adalah utamakan kualitas. Ini merupakan kunci agar bisnis Anda bisa bertahan dan sukses. Gunakan bahan baku yang berkualitas agar makanan yang Anda jual lebih sehat. Perhatikan pula faktor kebersihannya.

Selain itu tentunya Anda juga harus memerhatikan kualitas rasa. Jaga agar makanan yang Anda jual memiliki rasa yang enak dan disukai. Terakhir, perhatikan juga kualitas pelayanan yang Anda berikan pada konsumen.

3.    Optimalkan penjualan secara online

Tips bisnis makanan Korea berikutnya yaitu optimalkan penjualan secara online. Di masa pandemi seperti sekarang ini sebaiknya fokuskan penjualan melalui online dengan memanfaatkan layanan delivery dan aplikasi pesan antar makanan. Cara ini akan lebih aman untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Baca juga: 5 Tips Mudah Memulai Bisnis Online di Instagram

4.    Promosi melalui sosial media

Terakhir, tips bisnis makanan Korea yang juga tak kalah pentingnya adalah promosi melalui sosial media. Saat ini penggunaan sosial media semakin meningkat, Anda bisa memanfaatkannya untuk aktif berpromosi. Jangan lupa untuk menggunakan foto-foto yang menarik untuk memikat konsumen.

Baiklah selamat mencoba ya, semoga berhasil! 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer