blog

7 Cara Paling Efektif Mencari Ide Menulis Blog

7 Cara Paling Efektif Mencari Ide Menulis untuk Bloger

Menulis adalah soal kepekaan. Semakin sering kita menulis, kita akan semakin peka dalam menangkap ide menulis dan juga menyampaikannya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Salah satu PR terbesar bloger sejauh ini adalah soal ide menulis blog. Sering banget deh terdengar kalimat, “Belum nulis/update blog nih. Nggak punya ide.”

Nggak punya ide menulis? Memangnya ide ke mana ya? Lagi belanja kali ya, ke mal berburu diskonan belum balik-balik. Hahaha.

Ide enggak ke mana-mana kok. Cuma ya, kalau dia ditunggu datang, biasanya semakin lama malah semakin nggak datang. Ide mesti dijemput, karena ide bukan jelangkung #eh

Sebenarnya, kita tak perlu sampai bilang ‘nggak punya ide’, kalau kita terus menulis setiap hari. Tak perlu risaukan panjang tulisan, dengan kita terus menulis setiap hari, kita telah melatih diri kita sendiri untuk menangkap segala sesuatu yang bisa dituliskan.

7 Cara Palig Efektif Mencari Ide Menulis di Blog

7 Cara Paling Efektif Mencari Ide Menulis untuk Bloger

1. Lihat kolom komentar

Kolom komen biasanya dipenuhi dengan feedback oleh teman-teman pembaca blog. Kalau memang tulisan kita bisa memancing, maka pasti banyak komen bisa kita panen.

Dari komen ini, bisa barangkali satu, dua, atau tiga kita jadikan sebagai ide menulis untuk artikel baru, sekalian menjawab pertanyaan ataupun feedback dari pembaca.

Dengan begini, ada 2 hal yang kita dapatkan; update blog plus memelihara engagement dengan pembaca. Karena pasti deh, si komentator itu bakalan seneng untuk balik lagi ke blog kita karena merasa direspons dengan baik.

Jadi, ayo, coba teliti komen satu per satu. Siapa tahu ada pertanyaan yang mampir, atau feedback oke yang bisa dijadikan artikel.

2. Baca buku atau artikel

Kalau mau menulis banyak, maka harus banyak juga membaca.

Hal ini masuk akal. Seperti halnya tubuh yang kalau  mau sehat harus dijaga asupan nutrisinya yang masuk. Kalau yang dimakan adalah makanan sehat, maka tubuh pun sehat, jauh dari penyakit. Begitu pula otak. Agar keluaran otak bagus, maka masukannya juga harus bagus. Apa yang keluar berbanding lurus dengan yang masuk, baik kualitas maupun kuantitas.

Jadi, selain kita harus membuat waktu untuk menulis, kita juga harus ada waktu untuk membaca. Membacalah kapan pun ada waktu. Berbeda dengan menulis yang mungkin perlu waktu dan tempat khusus, membaca kan bisa di mana saja, bukan?

3. Ngobrol dengan mereka yang nyambung

Pastinya teman-teman bloger punya sahabat, komunitas, atau mungkin keluarga yang kalau ngomong bisa nyambung kan? Nah, ngobrol dengan mereka-mereka ini bisa juga dijadikan momen untuk mencari inspirasi atau ide menulis di blog.

Mengapa harus dengan orang-orang yang nyambung atau sepemikiran? Soalnya kalau enggak, ya yang ada kita malah pusing sendiri karena perbedaan pendapat. Ya tapi bisa saja sih kalau memang mau menulis mengenai perbedaan pendapat ini. Hanya saja kita harus lebih berhati-hati saat menuliskannya.

Fokuslah pada bahasan yang diobrolkan, latih kepekaan untuk menangkap inspirasi yang barangkali akan muncul.

4. Jalan-jalan

Jalan-jalan nggak selalu berarti traveling keluar negeri lo! Jalan-jalan ini bisa saja hanya sekadar keliling kompleks rumah, atau pergi ke minimarket di jalan depan jalan kaki.

Dalam perjalanan, barangkali kita akan melihat satu dua hal yang menarik dan bisa dijadikan sebagai ide menulis blog. Segera tangkap dan catat, supaya nggak pergi lagi.

5. Manfaatkan Google Trends

Mencari ide menulis Google Trends

Google Trends adalah salah satu layanan Google yang menampilkan data artikel-artikel yang sedang trending di internet hari ini, dan beberapa hari sebelumnya.

Kita bisa mendapatkan banyak banget ide menulis dari Google Trends ini, tak perlu susah-susah melihat berita satu per satu. Lihat saja headlines-nya, lalu ambil beberapa yang menarik atau cocok dengan topik yang pengin kita tulis.

Misalnya saja, dua hari ini topik “BBM naik” masuk ke topik laris. Kita bisa mengambil momen ini nih. Misalnya, menulis mengenai berkendara dengan hemat BBM. Atau, hal-hal yang memengaruhi saya kalau BBM naik. Dan lain-lain.

Dengan begini, kita tak hanya mendapatkan ide menulis biasa. Bisa jadi, kita mendapatkan ide menulis artikel trending juga. Bakalan banyak yang baca lo, kalau kita bisa–istilahnya–riding the waves gini.

6. Headline generator

Mencari ide menulis dengan headline generator

Headline generator adalah layanan template headlines. Boleh juga dicoba nih, kalau lagi senggang sambil brainstorming.

Sebenarnya ada beberapa headline generator yang bisa kita pakai (dan semuanya gratis). Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah FatJoe.

Coba lihat. Saya memasukkan kata “ngeblog” di kotak “Title Generator” pada gambar di atas, dan FatJoe pun memberikan 10 alternatif topik untuk bisa saya kembangkan. Memang tak semuanya bisa dipakai, jadi pilih saja yang sekiranya oke. Olah sedikit, jadi deh topik cetar.

Misalnya, saya ambil “the worst advice you could ever get about ngeblog” yang bisa saya terjemahkan bebas menjadi “Beberapa Tip Ngeblog yang Ternyata Hoaks Belaka”.

Hmmm, cukup catchy kan? Selanjutnya, saya tinggal mikirin dan riset deh, isinya apa saja. *brb simpen dulu idenya*

7. Buat survei atau ajukan pertanyaan di media sosial

Cara ketujuh ini juga efektif banget, yaitu dengan mengajukan pertanyaan atau buat survei ataupun polling di media sosial.

Misalnya, teman-teman punya food blog. Coba tanyakan melalui media sosial–Facebook, Twitter, dan Instagram punya fasilitas untuk survei dan polling kan?–misalnya review makanan apa yang pengin dibaca di blog teman-teman?

Atau, tinggal tanya saja, “Pada mau ditulisin apa nih di blog?” Semoga pada jawab ya! Dan, bisa kasih ide menulis yang banyak.

Sekali lagi, menulis adalah soal kepekaan. Semakin sering kita menulis, kita akan semakin peka. Peka dalam menyampaikan pesan, juga peka dalam menangkap ide menulis atau inspirasi. Kalau sudah peka, apa pun bisa kok jadi bahan tulisan.

Jangan lupa untuk mencatat semua yang melintas. Jadi, selalulah membawa blocknote atau bisa juga sih dicatat di aplikasi notes apa pun di smartphone teman-teman.

Semangat ya!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me

Latest posts by CarolinaRatri (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top