Inspirasi

7 Budaya Positif dari Negara Jepang yang Perlu Kita Pelajari

Negara Jepang merupakan negara maju di Asia, bahkan hingga level dunia sudah bisa bersaing dengan Amerika Serikat dan juga negara dari benua biru. Walaupun mereka memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingakan dengan orang bule, namun warga Jepang memiliki motivasi yang besar supaya lebih maju. Hal ini membuktikan bahwa ukuran badan bukan masalah, tapi yang penting adalah kemauan.

Dalam hal ini saya tidak ingin memihak kepada Jepang atau negara lainnya sehingga melupakan tanah air Indonesia. Saya juga mengakui negara tercinta memiliki beragam budaya namun tetap bisa rukun kompak hidup sehari-hari secara berdampingan. Beda suku, agama, ras dan yang lainnya tidak akan mempengaruhi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun apakah anda pernah membaca berita terjadi bencana alam yang besar di Jepang sehingga banyak korban meninggal dunia? Hal ini karena letak geografisnya, sehingga negara ini jadi rawan bencana. Belum lagi pada akhir perang dunia kedua, Negeri Sakura ini terkena bom atom hingga memporak-porandakan Hiroshima dan Nagasaki. Yang mana hingga saat ini kedua kota tersebut tidak dapat ditanami tanaman karena dampak bom atom.

Tapi lihat Jepang saat ini. Apakah mereka bangkrut dan negaranya carut marut? Justru sebaliknya, mereka jadi yang terbaik dalam segala bidang. Coba lihat motor anda, itu buatan siapa? Dari Negara Jepang kan. Tidak ada salahnya kalau kita belajar budaya positif dari Jepang. Sehingga negeri tercinta lebih maju.

Pertama: Punya Inovasi pada Bidang Teknologi tapi Tidak Gadget Freek

Banyak sekali produk smartphone dari Jepang yang sangat bagus, seperti Sony Xperia, LG, Fujitsu, hingga Sharp. Hal ini karena memang punya inovasi produk sehingga banyak dikenal sampai mancanegara. Walaupun seperti itu, negara ini malah menerapkan larangan membawa gadget ke sekolah. Tujuannya sudah pasti, supaya bisa fokus belajar. Lagi pula kita bisa memakainya setelah pulang sekolah.

Kedua: Time is Money

Bagi mereka waktu adalah segalanya, karena waktu tidak akan bisa kembali lagi. Orang Jepang tidak pernah ngaret seperti di Indonesia. Bahkan mereka datang lebih awal ke tempat kerja supaya tidak telat. Selain itu mereka tidak pernah mengenal pulang cepat. Justru mereka suka sekali lembur. Namun mereka lembur juga ada porsinya. Sehingga tetap punya performa kerja yang bagus setiap hari.

Ketiga: Tidak Mengenal Traktir Mentraktir

Sejak kecil anak Jepang selalu diajarkan hidup mandiri. Mulai dari menabung, hingga punya peralatan sekolah sendiri. Sehingga di sekolah tidak ada yang saling pinjam penghapus atau pensil ketika di kelas. Begitu pula dengan budaya tarktir mentraktir. Kalaupun mau merayakan sesuatu, misal seperti ulang tahun. Mereka semua sudah punya uang sendiri untuk membeli makan.

Keempat: Rajin Membaca

Tidak salah memang kalau buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca akan menambah wawasan kita. Hal ini sering sekali diterapkan oleh orang Jepang. Ketika ada waktu, mereka selalu menyempatkan membaca. Baik itu membaca koran, majalah, komik, novel, hingga buku pelajaran. Ada juga yang memanfaatkan smartphone untuk membaca lewat e-book. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Kelima: Tidak Pandai Bahasa Inggris tapi Tetap Sopan

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib dipelajari jika ingin sukses hingga level dunia. Namun di Jepang tidak terlalu banyak orang yang fasih bahasa tersebut, karena mereka lebih menjunjung tinggi bahasa lokal. Namun yang unik mereka tetap bersikap sopan, sehingga ketika diajak berbicara dengan orang lain tidak berkata hal kotor atau menyinggung perasaan.

Keenam: Menghargai Proses

Mereka percaya bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. Kalaupun instan itu pasti tidak akan bertahan lama. Sehingga ketika muda mereka selalu bekerja keras untuk membangun pondasi bisnisnya. Dari mulai rintangan dan tantangan telah menjadi hal biasa bagi mereka. Justru dari proses menuju sukses inilah kita bisa belajar banyak hal. Sehingga mereka selalu menghargai setiap usaha untuk sukses.

Ketujuh: Disiplin adalah Hal Utama

Jepang punya kebiasaan unik, yakni disiplin. Dari sejak lahir sudah diajarkan disiplin. Disini tidak hanya disiplin waktu saja. Tapi dalam segala hal, mulai dari disiplin belajar, disiplin antri, hingga disiplin makan, serta disiplin dalam berkendara. Jadi tidak heran kalau tanpa aturan tertulis yang terpampang besar sekali, mereka semua sudah tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Itu tadi sedikit tentang budaya positif dari Negara Jepang yang bisa kita pelajari supaya lebih maju dan sukses. Tidak ada salahnya belajar dari negara lain. Justru hal ini akan menambah wawasan dan pengetahuan. Lagi pula sukses tidak ada yang instan. Semua butuh kerja keras dan doa. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top