Gaya Hidup

7 Alasan Kacang Panjang Wajib Masuk di Daftar Menu Makanmu

 

Kacang panjang merupakan sayuran yang umum di Indonesia. Memiliki nama latin Vigna unguiculata sesquipedalis (L.) Verdc., tanaman ini mudah tumbuh dimana saja. Akan tetapi, yang terbaik adalah tanah latosol atau lempung berpasir yang gembur dengan tingkat pH tanah sekitar 5,5-6,5. Tanaman yang tergolong dalam famili Fabaceae ini juga memerlukan matahari penuh dan curah hujan mencapai 500-1500 mm/tahun untuk pertumbuhannya.

Tanaman yang memiliki nama lain yard long bean ini mampu hidup di daerah tropis maupun subtropis. Namun, tanaman semak yang menjalar hingga ketinggian 2,5 ini lebih mudah berkembang di daerah beriklim hangat seperti Asia Selatan, China bagian Selatan, atau Asia Tenggara. Sebagai tanaman semusim, kacang panjang siap panen setelah berumur 3,5-4 bulan. Ciri polong siap panen adalah ukuran polong optimal, tidak mudah dipatahkan, dan biji dalam polong tidak menonjol keluar.

Banyak Khasiatnya

Tak sekadar menjadi bahan masakan yang lezat, kacang panjang rupanya juga memiliki khasiat yang tidak bisa diabaikan. Berikut enam alasan mengapa kacang panjang harus masuk dalam daftar menu kita:

1. Mengurangi resiko Neural Tube Defects

Kacang panjang mengandung vitamin B9 (asam folat) sebesar 62 μg atau 16% dari kebutuhan sehari-hari. Asam folat ini merupakan komponen penting untuk sintesis DNA, pembelahan sel, formasi organ tubuh atau jaringan pada janin. Oleh karena itu penting bagi ibu untuk konsumsi asam folat setidaknya 0,4 mg/hari selama kehamilan. Kekurangan asam folat akan menyebabkan terjadinya Neural Tube Defect (NTD) atau cacat tabung syaraf pada bayi seperti spifina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly.

2. Meningkatkan imunitas

Kacang panjang mengandung vitamin C sejumlah 18.8 mg (23% dari kebutuhan harian). Diperlukan setidaknya 400 gr kacang panjang segar untuk mencukupi kebutuhan harian manusia akan vitamin ini. Fungsi vitamin ini adalah meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia sehingga bisa membantu memerangi infeksi dari organisme asing seperti bakteri patogen.

3. Mengurangi PMS

Kebanyakan wanita akan mengalami gejala PMS (Pre Menarche Sindrom) yang menyiksa setiap bulannya. Dalam kondisi seperti ini diperlukan asupan pangan yang mengandung mangan seperti kacang panjang. Fungsinya adalah untuk mengurangi kram, sakit kepala, depresi, sekaligus menaikkan suasana hati.

4. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Kacang panjang mengandung sejumlah besar serat pangan (dietary fiber). Fungsi dietary fiber ini adalah mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam darah dengan cara mengikat asam empedu yang terdapat pada colon (usus besar) dan kemudian mengekskresikannya. Dengan demikian tidak terbentuk plak dan lapisan lemak di sepanjang arteri. Jika kadar kolesterol tinggi, maka plak dan lapisan lemak akan terbentuk dan menyempitkan arteri yang berujung pada meningkatnya resiko terkena serangan jantung.

5. Mencegah osteoporosis

Bersama dengan magnesium (44 mg) dan fosfor (59 mg), kalsium dalam kacang panjang mengambil peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang selain menjaga gigi agar terhindar dari kerusakan. Efeknya osteoporosis yang mengancam wanita hamil dan orang-orang lanjut usia bisa dicegah.

6. Menurunkan tekanan darah

Kacang panjang segar memiliki kadar potasium sebesar 240 mg/100 gr. Sementara kadar sodiumya mencapai 4 mg. Perbandingan tersebut menjadikan kacang sebagai salah satu sumber pangan yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Mengapa demikian? Sebab potasium merupakan komponen vital yang menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sehingga resiko terkena penyakit jantung dan hipertensi bisa berkurang.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kacang panjang mengandung vitamin A yang penting untuk mengurangi kerutan dan garis pada kulit dengan memproduksi kolagen. Kolagen inilah yang memiliki peranan untuk menjaga tampilan kulit terlihat muda sekaligus mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo, smart people 🤗 Kamu suka males gak sih kalau bales-balesin komen di sosmed? Jangankan balesin komen negatif, balesin komen positif aja sering kelewat ya 😂 *hihi
.
Emang penting ya balesin komen-komen di sosmed? Penting donggg, apalagi kalau kamu pengen bangun akun yang engagementnya bagus dan bisa bertahan lama eksistensinya 😍
.
Para fans/followers adalah orang-orang yang ikut menentukan kesuksesan akunmu, lho. So guys, mulai sekarang jangan abaikan aset tersebut yesss 😄
.
#indoblognet #mbcommunication #socialmedia #youtuber #selebgram #instagramer #fans #followers #tipssocialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top