Blogging

6 Trik Atasi Writer’s Block Ala Saya

Writer’s Block bagi seorang penulis menjelma semacam hantu yang lebih menyeramkan dari kuntilanak. Pernahkah Anda mengalami hal itu ? Kalau saya pernah hehehe…makanya saya bilang lebih menyeramkan dari kuntilanak. Gimana nggak nyeremin, kalau writer’s block justru datang saat DL lomba.

Writer’s Block adalah kondisi ketika penulis sedang mengalami kebuntuan ide. Nyaris tak ada tulisan bermakna yang dapat dihasilkan dari buah pikirannya. Padahal ide layaknya nyawa kedua bagi penulis untuk mengungkapkan opini, gagasan, analisa atau karya fiksi sesuai genre penulis, entah itu penulis buku, artikel atau blogger sekalipun senantiasa menanti kapan ide cemerlang datang. Jika ide tak kunjung datang, hmm bisa jadi penulis hanya bisa meradang dan mengeluh panjang “mungkin Hayati lelah Bang”.
Mungkinkah ide datang dan pergi sesuka hati mirip seperti bang Thoyib yang tak pulang-pulang? Entahlah, namun kadang jika ide menulis lama tak berkunjung maka sang penulis serasa ingin bersemedi dalam gua sepi menanti kapan ia bisa kembali.
Bisakah ide dipancing seperti mengail ikan di dalam kolam atau sungai yang deras sekalipun? Datangnya ide memangtak dapat diprediksi, namun ada beberapa tips ala saya. Maksudnya tips yang saya pernah lakukan, semoga bisa menginspirasi 🙂 :

1. Memperbanyak membaca
Penulis tak hanya menulis namun ia perlu membaca. Buku atau bahan bacaan apa saja bisa mendatangkan ide menulis. Contohnya membaca koran pagi. Cari satu kabar yang paling menarik hati. Dari satu kabar berita bisa ditulis sebuah opini. Membaca novel atau cerpen yang sudah berusia lebih dari satu dasawarsa bisa saja mendatangkan ide alur cerita yang sedang disusun sang penulis fiksi. Coba teliti lagi koleksi buku di lemari, buku-buku yang belum terbaca bisa menjelma menjadi sebuah resensi.

IMG_6954

2. Mengikuti lomba dan giveaway
Bagi seorang blogger mengupdate blog adalah aktivitas wajib yang memerlukan kesegaran ide. Ketika tak punya clue untuk menulis tema tertentu marilah browsing informasi tentang lomba menulis atau giveaway. Pilih tema yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari atau berdasarkan pengalaman pribadi. Tak dinyana tulisan pun mengalir lancar menyuarakan isi hati.

3. Mereview “free sampel”
Saya sering mendaftar program-program free sampel. Berbagi sampel adalah langkah promosi yang dianggap efektif oleh produsen. Setiap keluar produk baru perusahaan-perusahaan besar akan meluncurkan program bagi-bagi sampel sebagai cara mempromosikan barang. Informasinya pun mudah didapat bisa diperoleh dari website resmi, fanpage minimarket tertentu atau fanpage produk yang hendak dipromosikan. Tinggal mendaftar di form yang telah disediakan maka jika beruntung calon konsumen akan mendapatkan produk langsung dikirim ke rumah atau menerima sms untuk ditukarkan di minimarket terdekat. Saya sering mereview produk-produk hasil “menjaring” free sampel untuk mengisi blog. Lumayanlah untuk mengasah kreativitas mereview produk.

4. Rajin mengikuti event blogger
Salah satu keuntungan menjadi blogger saat ini adalah undangan menghadiri event tertentu. Selain menambah wawasan tentang tema yang diangkat dalam event tersebut, para blogger bisa mendapatkan keuntungan ganda: ide menulis, memperluas networking dan jika beruntung mendapatkan goodiebag atau fee khusus seperti yang ditawarkan indoblognet. Siapa yang nggak mau jalan-jalan, menghadiri acara keren secara gratis, bertemu teman-teman dan mendapatkan ide mengisi blog. Satu event bisa menghadirkan berbagai ide tulisan. Misalnya hadir sebagai undangan event launching produk busana muslim, selain mereview jalannya acara, kita bisa mengulas tentang tips mengenakan jilbab, tips memilih busana muslim sesuai tema acara atau tips mix and match busana. Salah seorang rekan blogger berprofesi psikolog malah secara khusus menulis artikel di blog membahas perilaku teman-temannya ketika mengikuti seminar atau launching produk ditinjau dari sudut psikologis.

5. Pengalaman keseharian
Kalau pas lagi buntu ide kadang saya menulis pengalaman keseharian saja untuk mengisi blog saya. Misalnya rangkuman tausyiah dari pengajian rutin yang saya hadiri atau eksperimen resep.

IMG_7038

Kesannya biasa saja tapi kadang jadi lebih istimewa ketika dituangkan dalam tulisan khusus. Sst..bahkan kisah suami yang pernah tertipu info panggilan kerja abal-abal dan kehilangan uang ratusan ribu rupiah malah masih ngehits di blog pribadi saya dan membantu pembaca blog terhindar dari penipuan.

6. Pergi ke pusat keramaian
Beberapa penulis lebih suka menyepi untuk menemukan ide. Namun ide bisa datang di pusat keramaian. Pasar, terminal dan tempat manusia berlalu lalang adalah lokasi yang mungkin mendatangkan ide karena banyak peristiwa yang terjadi, banyak sosok yang bisa diwawancarai.

Ide sekilas terdengar sepele namun ketika kehilangan “dirinya” dalam momen-momen mendesak serasa bagai kehilangan kekasih. Maka ketika ide tiba-tiba datang segera tangkap dalam sketsa tulisan sebagai kerangka menulis paragraf demi paragraf menjadi sebuah karya utuh yang layak diceritakan.

 

*Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Happy beautiful Sunday, everyone 😍 Ngaku nih, siapa yang pagi ini udah nontonin videooo? Hihi 😆😄
.
Tau gak sih guys, Penelitian Nielsen Consumer Media View 2017, menunjukkan bahwa minat menonton video online terus meningkat, lho. Penetrasi internet kian meroket sehingga perilaku penggunanya juga bergeser, deh 😀
.
Berdasarkan survey Nielsen Cross-Platform 2017, terjadi peningkatan akses internet hampir di semua tempat. Akses internet meningkat di kendaraan umum sebesar 53 persen, kafe atau restoran 51 persen, bahkan di lokasi konser juga bertambah 24 persen dibandingkan dua tahun lalu 😎
.
Data juga menunjukkan frekuensi menonton konten video melalui internet meningkat hampir di semua usia. Saat ini Youtube masih menjadi raja sebagai penyedia konten video online. Selain mengonsumsi online video sebagai hiburan, konsumen juga cenderung mencari berita online video di beberapa laman media massa 📰
.
Sumber: m.republika.co.id
.
#indoblognet #mbcommunication #sundayfunday #weekend #onlinevideo #survey #content #internet #youtube

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top