Parenting

6 Tips yang Harus Dilakukan Saat Anak Susah Makan

Anak susah makan? Tentunya orang tua ikut susah. Susah mengendalikan diri dari memaksa anak agar doyan makan. Khawatir si anak mudah sakit dan dan tidak bisa tumbuh dan berkembang karena kekurangan makanan. Susah kalau si kecil kurus sering menjadi bahan perbincangan. Optimalisasi tumbuh kembang anak memerlukan setidaknya tiga kunci utama yaitu kasih sayang, stimulasi dan kecukupan nutrisi. Nutrisi anak sehat atau cerdas hanya dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari. Menu yang dikonsumsi sang anak harus mengandung cukup karbohidrat, protein, mineral, lemak dan vitamin. Tidak hanya nasi dan lauk pauk tetapi kebutuhan sayur dan buah juga harus terpenuhi.

Kecukupan nutrisi adalah salah satu sarana penting bagi perkembangan fisik, mental dan intelegensi si kecil. Tak mengherankan jika Si Picky eater sering membuat orang tua pusing tujuh keliling memikirkan strategi agar sang anak bisa makan dengan lahap. Lalu apa yang harus dilakukan ketika menghadapi anak susah makan?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersabar. Sabar artinya tetap telaten membiasakan anak makan di jam makan. Percaya atau tidak, anak sulung saya dulu saat masih balita membutuhkan waktu dua jam untuk sekali waktu makan. Sungguh menguras emosi, tenaga dan pikiran. Tetapi berhenti memberinya makan lalu mengambil jalan pintas dengan hanya memberikan susu dan berbagai camilan saya pikir tidak akan menyelesaikan masalah. Biarkan si kecil tetap dikenalkan dengan jadwal waktu makan sebab hal ini akan berdampak pada caranya belajar disiplin.

Berikutnya adalah berusaha mencari tau mengapa si kecil mogok makan? Malas makan adalah hal yang biasa dialami anak-anak yang baru dikenalkan pada makanan padat. Tetapi sebagai orang tua kita juga perlu mengetahui kemungkinan ada hal-hal lain yang menyebabkan anak susah makan, misalnya mungkin si kecil sedang tumbuh gigi atau menderita gangguan pada rongga mulut seperti sariawan. Jika terjadi sariawan perbanyak konsumsi jus buah bervitamin C agar si kecil cepat pulih kembali. Jika sedang tumbuh gigi ada baiknya memberikan makanan yang lebih banyak kuah dan lebih lembek karena gusi yang sedang merekah karena tumbuh gigi akan terasa ngilu dan tak nyaman untuk mengunyah.

Langkah berikutnya adalah mengkondisikan agar suasana makan menjadi menyenangkan. Beberapa tips mengatasi anak susah makan dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Memilih suasana baru

Ada kemungkinan si kecil bosan suasana makan di meja makan atau di ruang tamu. Buatlah dia gembira dengan mengajaknya makan di ruang terbuka seperti di taman kota atau taman bermain. Hal-hal baru yang menarik perhatiannya, aktivitasnya bereksplorasi akan membuat konsentrasinya tidak hanya pada makanan sehingga mudah untuk disuapi makanan.

2. Ciptakan kebersamaan

Anak-anak senang melakukan hal bersama-sama dengan orang yang ia kenal dekat. Sesekali ajak si kecil makan bersama teman-teman bermain atau keluarga besar.

3. Variasikan menu

Bisa jadi si kecil mogok makan karena bosan menu makanan yang monoton. Bahan makanan yang diolah mungkin tetap tetapi upayakan menyajikannya dalam menu yang berbeda, sop misalnya bisa berupa sop sapu tahu, sop ayam, sop kacang merah.

4. Pilih wadah yang menarik

Sajikan makanan di wadah yang berwarna mencolok dan bergambar menarik. Namun pastikan tidak mengandung zat berbahaya. Jika perlu si kecil memiliki piring makan lebih dari satu sehingga bisa berganti wadah yang menarik setiap kali makan.

5. Melibatkan anak-anak dalam aktivitas memasak

Pernah melihat tayangan televisi koki kecil? Bagi anak-anak usia lima tahunan acara masak memasak bisa menjadi sesuatu yang menarik. Pilih menu yang membutuhkan waktu singkat dalam memasak dan tidak memerlukan alat-alat memasak yang rumit. Biarkan si kecil bereksplorasi saat memasak tetapi tetap berhati-hati agar si kecil tidak terluka oleh pisau atau menyentuh benda panas.

6. Mendongeng tentang makanan

Membacakan dongeng bed time story bisa dilakukan dengan menyisipkan kisah tentang pentingnya makan bagi tubuh. Cerita tentang si kerdil yang sulit mencapai barang-barang di tempat tinggi atau putri yang bermata jeli karena rajin makan wortel akan menggugah kesadaran pentingnya makan sayur.

Anak susah makan memang menyita perhatian tetapi upayakan tidak mengancam anak-anak ketika sedang makan. Si kecil bisa menderita trauma dan membenci jam makan sehingga membutuhkan waktu lebih lama lagi agar mereka bersedia menghabiskan makanan.

 

 

Image source: pixabay.com

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top