Gaya Hidup

8 Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Kendaraan Umum

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi mudik berlangsung dan menjadi salah satu situasi yang menyenangkan. Orang-orang berbondong-bondong pulang, merayakan lebaran di kampung halaman, menggunakan kendaraan umum. Ketimbang kendaraan pribadi, menggunakan jasa angkutan umum memang jauh lebih hemat. Akan tetapi, ada hal-hal yang harus dicermati terkait keamanan dan kenyamanan pribadi. Kemungkinan tindak kejahatan di atas kendaraan umum, serta turunnya kondisi tubuh bisa saja terjadi. Terlebih mengingat panjangnya perjalanan yang hendak Anda tempuh. Agar perjalanan pulang kampung Anda menyenangkan, ada delapan tips mudik aman dan nyaman yang bisa Anda lakukan.

1. Siapkan kondisi fisik Anda sebaik-baiknya

Sebaiknya anda istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupa makan makanan yang bergizi, yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sebagai sumber tenaga di perjalanan. Semisal beras merah, ikan, telur, buah, dan sayur-mayur. Kondisi fisik yang kurang siap akibat kurang istirahat dan abai pada makanan justru tidak menguntungkan Anda selama di perjalanan. Anda tidak ingin bukan jatuh sakit di jalan?

2. Siapkan barang bawaan dengan baik

Menggunakan kendaraan umum jelas berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi, tidak bisa seenakya membawa banyak barang bawaan untuk mudik. Selain melelahkan, Anda juga harus ekstra dalam melakukan penjagaan. Jika Anda lengah, bukan tak mungkin barang bawaan tersebut hilang. Alhasil, proses mudik jadi tidak menyenangkan. Oleh, karena itu batasi barang bawaan Anda agar aman dan nyaman selama di perjalanan. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh, ada baiknya dikirimkan lewat jasa pengiriman. Tentu saja jangan mepet hari lebaran, agar oleh-oleh bisa sampai tepat waktu.

Jangan lupa juga, siapkan tas kecil untuk tempat ponsel, power bank, headset, atau kabel data. Agar Anda tidak perlu membuka-buka tas Anda berulang kali di dalam kendaraan umum.

3. Hindari pemakaian perhiasan berlebihan

Perhiasan berlebihan hanya mengundak tindak kekahatan. Meski Anda sudah berhati-hati, kemungkinan menjadi incaran penjambret tetap besar. Gunakan saja perhiasan seperlunya, seperti anting atau giwang. Selebihnya simpan. Dengan demikian perjalanan Anda jadi aman dan terhindar dari ulah oknum-oknum yang hendak berniat jahat.

4. Bawa uang secukupnya dan letakkan di beberapa tempat

Bawalah uang secukupnya, karena Anda tak bisa sewaktu-waktu berhenti dan mencari ATM. Usahakan cukup untuk makan, jajan, atau membeli minuman. Sebaiknya siapkan uang dalam bentuk pecahan, dengan demikian Anda tidak repot saat melakukan transaksi. Usahakan juga untuk tidak meletakkannya di satu tempat. Pecahlah uang Anda di beberapa tempat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi seandainya terjadi tindak pencopetan Anda tidak kehilangan seluruh bekal pulang.

5. Hati-hati dan waspada dengan sekitar Anda

Dalam perjalanan mudik, tentu saja Anda akan bertemu banyak orang. Bisa jadi ditengah jalan Anda akan menerima tawaran makanan dan minuman. Ada baiknya Anda menghindarinya. Karena pemberian makanan dan minuman jadi modus untuk membius Anda. Untuk mengantisipasinya, bawalah makanan dan minuman Anda sendiri.

Jangan pula mudah terbujuk untuk menerima gadai dari orang yang tidak Anda kenal, misal perhiasan emas. Berhati-hatilah karena banyak orang mengaku kehilangan uang atau justru kehabisan uang saku untuk pulang hanya untuk menipu Anda. Saat ia berhasil memainkan rasa kasihan Anda dan mendapatkan uangnya, yang Anda dapat sesungguhnya barang imitasi saja.

6. Bawalah obat-obatan pribadi di tas Anda

Tidak perlu semua obat dibawah, cukup seperlunya saja. Contohnya minyak kayu putih. Sehingga mengalami keluhan penyakit ringan, Anda bisa menanggulanginya sendiri. Tidak perlu merepotkan orang lain.

7. Siapkan sarana hiburan bagi diri Anda sendiri

Perjalanan panjang seringkali membosankan. Untuk menghilangkannya Anda bisa membawa buku sebagai bahan bacaan, mendengarkan musik atau nonton film lewat ponsel yang Anda bawa.

8. Lakukan peregangan

Tidak bisa dipungkiri, duduk terus di atas kendaraan itu melelahkan. Untuk mengurangi rasa lelah itu lakukan peregangan, contohnya pada kaki dan pinggang. Selain mengatasi kram, hal kecil ini juga membantu mendorong darah kembali ke jantung.

.

Sumber gambar: https://pixabay.com/

.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys πŸ˜€ Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan πŸ˜‰ Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik πŸ˜€
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top