lomba blog

6 Poin Penting dalam Buku “Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan”

Judul : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan
Penulis : Widyanti Yuliandari
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Halaman : 102 halaman
ISBN : 978-602-03-2608-5
Harga : Rp. 40.000,-

 

Ketika mbak Widyanti Yuliandari memperkenalkan buku barunya di jejaring sosial tempo hari saya penasaran banget. Kok buku judulnya panjang sekali : “Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan”. Tetapi judul panjang begini tricky juga, maknanya bermacam-macam. Bisa berarti seseorang seusai lulus Sekolah Menengah Atas lagi berpikir jurusan ilmu yang tepat di bangku kuliah. Bisa berarti seseorang bertanya: kamu kuliah jurusan apa sih? Bagaimana sih Jurusan Teknik Lingkungan itu? Bisa juga judul tersebut memiliki makna bahwa dengan percaya diri seseorang memantapkan hatinya dengan memilih Jurusan Teknik Lingkungan.

Sekilas dilihat dari judul kesannya buku ini serius banget. Ternyata mbak Widyanti menulisnya dengan bahasa awam yang mudah dipahami, dan dengan penuturan yang lugas. Saya jadi senyum-senyum membayangkan keriaan membawakan lagu β€œJeng Jring” lagu andalan angkatan 97 Teknik Lingkungan ITS” almamaternya mbak Widyanti yang ditulis di halaman awal. Sesuai harapan saya, buku ini menjawab rasa penasaran tentang apa sebenarnya Jurusan Teknik Lingkungan, ilmu yang dipelajari, bekal dan modal untuk belajar ilmu Teknik Lingkungan dan kesempatan kerja berbekal ijazah dan ilmu Teknik Lingkungan. Maklum jurusan ini adalah “Kasih Tak Sampai” versi saya karena saya dulu diterima di pilihan kedua di FMIPA-Kimia di salah satu Universitas di Malang saat UMPTN tahun 1994 hehehe.

Apa saja yang dapat kita peroleh dengan membaca buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan:

1. Informasi mengenai sejarah singkat Teknik Lingkungan.

Oh ternyata Teknik Lingkungan ini dulu dikenal sebagai Teknik Penyehatan. Membaca buku ini meluruskan persepsi yang selama ini menganggap Teknik Lingkungan sama dengan jurusan Kesehatan Masyarakat karena kemiripan nama jurusan sebelum berubah nama. Mbak Widyanti mengulas juga bahwa meski namanya berbau “teknik” tetapi bukan berarti teknik yang melulu tentang menggambar teknik atau berkutat di laboratorium. “Teknik Lingkungan adalah petualangan dan kegembiraan. Teknik Lingkungan adalah perpaduan outdoor-indoor. Teknik Lingkungan adalah perkawinan ilmu teknik sipil-teknik kimia” (halaman. 3).

2. Penjelasan mengenai ruang lingkup ilmu dan pengetahuan yang dipelajari di Teknik Lingkungan.

Ruang lingkup Teknik Lingkungan adalah pengolahan dan distribusi air bersih dan air minum, pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah dan limbah padat, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran udara, manajemen keselamatan kerja, pengelolaan kualitas lingkungan dan masih banyak lagi.

3. Informasi mengenai persiapan bekal ilmu calon mahasiswa yang memilih Jurusan Teknik Lingkungan sebagai salah satu opsi atau pilihan utama.

Memilih jurusan ilmu di bangku kuliah adalah hal yang susah-susah gampang. Calon mahasiswa diliputi keraguan dan bingung menetapkan pilihan sesuai bakat dan kemampuan. Seringkali mahasiswa khawatir tidak mampu mengikuti perkuliahan di jurusan teknik karena menganggap dirinya tidak pandai menggambar teknik atau anggapan pesimis lainnya. Membaca buku “Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan” membantu calon mahasiswa atau orang tua yang berkewajiban memberikan pengarahan bagi sang anak selepas Sekolah Lanjutan Tingkat Atas mengenai seluk beluk Teknik Lingkungan. Ya! Buku ini mengupas tuntas persiapan calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan di Teknik Lingkungan. “Apakah harus pintar menggambar. Enggak juga. Menggambar di Teknik Lingkungan berbeda kok! Bukan seperti melukis melainkan menggambar secara teknik dengan memakai alat bantu” (halaman 4-5).

4. Informasi mengenai mata kuliah di Teknik Lingkungan.

Nah ini penting banget untuk menambah wawasan, memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari di jurusan Teknik Lingkungan. Mbak Widyanti mengupas tuntas khusus dalam satu Bab yaitu di Bab II mengenai mata kuliah di Teknik Lingkungan. Beberapa mata kuliah tersebut antara lain: Menggambar Teknik, Hidrolika, Perpetaan, Hidrologi dan Geihidrologi, Unit Operasi Teknik Lingkungan, Pengelolaan Sumber Daya Air, Statistik Lingkungan, Kimia Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, Pencemaran Udara, Sistem Drainase Perkotaan, Pengelolaan Sampah, Sistem Penyaluran Air Limbah, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Ekonomi Lingkungan dan puluhan mata kuliah lainnya. Tentang poin-poin yang dipelajari di setiap mata kuliah tersebut, yuuk mari baca sendiri bukunya, ya.

IMG_7066

5. Informasi mengenai Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia yang membuka jurusan Teknik Lingkungan.

Nah ini penting sekali bagi calon mahasiswa. Apalagi Ujian Nasional SMA udah kelar, saatnya mempersiapkan masa depan dengan memilih jurusan ilmu yang tepat. Di Bab 3 Mbak Widyanti Yuliandari memberikan informasi lengkap mulai dari alamat, nomor telpon dan fax, website hingga status akreditasi jurusan atau program studi Teknik Lingkungan dari masing-masing Universitas dan Perguruan Tinggi. Tinggal pilih Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dan lokasi kampus yang dikehendaki.

6. Gambaran mengenai jenjang karir, kesempatan bekerja setelah lulus dari Jurusan Teknik Lingkungan.

Kalau sudah lulus mau jadi apa? kira-kira bisa nggak bersaing di dunia kerja yang seleksinya semakin ketat saja. Kekhawatiran sulit mendapatkan karir atau pekerjaan usai kuliah adalah salah satu hal yang menghantui calon mahasiswa. Siapa sih yang bercita-cita “hanya menganggur” usai kuliah. Setidaknya ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pasti akan bermanfaat bagi siapa saja. Di Bab IV mbak Widyanti memberikan gambaran tentang ruang lingkup kesempatan kerja jika memilih Teknik Lingkungan. Kabar baiknya Sarjana lulusan Teknik Lingkungan bisa bekerja di sektor swasta, di pemerintahan dan meniti karir sebagai pegawai negeri seperti Mbak Widyanti, diterima dengan tangan terbuka di BUMN/BUMD, bahkan di NGO atau memilih sebagai Entrepreneur. Kok bisa begitu? Mari silahkan dibaca mengapa kesempatan bekerja bagi lulusan Teknik Lingkungan terbuka lebar. Sebagai pelengkap gambaran mengenai jenjang karir lulusan Teknik Lingkungan di Bab V bisa dibaca mengenai kisah alumni. Wih keren, ada lulusan Teknik Lingkungan yang menjabat sebagai Direktur PDAM, Direktur sebuah perusahaan ternama di Indonesia, atau konsultan yang sempat melanglang buana ke Luar Negeri berkat modal disiplin ilmunya.

IMG_7067

Nah, menarik sekali bukan buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan ini. Banyak informasi yang diperoleh dan sangat membantu untuk menentukan pilihan jurusan kuliah sesuai bakat dan kemampuan. Membaca buku ini menambwah wawasan saya dan mengingatkan kembali pentingnya melestarikan lingkungan. Sebab salah satu faktor utama berdirinya Jurusan Teknik Lingkungan adalah sebagai solusi untuk menjawab tantangan permasalahan dan dampak yang akan selalu timbul di setiap aktivitas pembangunan baik dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, dalam bentuk pembangunan untuk hunian atau industri. Lulusan Teknik Lingkungan diharapkan mampu menjamin proses pembangunan berlangsung, dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan agar membawa keselamatan dan manfaat bagi seluruh umat manusia.

 

Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top