Blogging

6 Lubang Rezeki dari Ngeblog

cari yang dari ngeblog

Saya mengimani bahwa hidup, mati, jodoh, dan rezeki sudah ditentukan. Ini memang rahasia Tuhan, tak ada satupun manusia mengetahui apa yang sudah ditulis. Tetapi karena manusia tidak mengetahui apa yang telah tertulis maka wajib baginya untuk berusaha agar hidupnya bahagia di dunia dan di akhirat nanti. Meskipun ajal sudah ditentukan waktunya manusia tetap wajib menjaga kesehatan dan kebugarannya. Demikian pula tentang rezeki. ย Tak elok jika manusia hanya duduk santai di rumah sambil menunggu datangnya rezeki. Dia mesti kerja keras disertai doa yang tak putus agar mendapatkan rezeki halal dan barokah.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memungkinan manusia menjemput rezeki dengan memanfaatkan internet. Jalan dan cara mendapatkan uang dan barang menjadi semakin beraneka ragam. Salah satunya adalah dengan ngeblog, yaitu menulis artikel yang menarik dan bermanfaat di blog.

Ngeblog memang tak seberat mengayuh becak, memecah batu, atau mengayuh perahu. Ngeblog tak mengharuskan pelakunya berpanas dan berdesak ria ย serta memerlukan gelar berderet-deret. Namun demikian jangan under estimate terhadap hasil yang diperolehnya. Pekerja kantoran atau lapangan bisa ternganga, tak percaya tapi nyata terhadap penghasilan seorang blogger yang sudah sukses. “Orang hanya diam di rumah, pakai sarung, dan sehari-hari hanya menghadapi komputer saja bisa menafkahi keluarga?” begitu barangkali yang ada dalam pikirannya.

Seorang sahabat saya rela dan berani mengundurkan diri dari sebuah perusahaan tempat dia bekerja. Padahal gajinya lumayan besar. Dia membulatkan tekad untuk menjemput rezeki dari ngeblog. Kebulatan tekadnya itu didukung kerja keras dengan membuat 100 blog. Bukan main. Saya sendiri belum mengetahui sudah berapa blog yang telah dibangunnya. Yang jelas dia menggunakan blognya sebagai penghasil uang. Melihat salah satu blognya saya meyakini bahwa sahabat tadi tidak mencari uang dengan cara membabi-buta. Artikel yang diterbitkan di blognya tidak asal jadi tetapi memberikan manfaat bagi orang lain.

pemenang review smesco

Senangnya menang review, dapat hadiah voucher belanja ratusan ribu.

Dengan artikel ini saya tidak menganjurkan Anda ikut-ikutan mengajukan pensiun dini dari kantor atau tempat sahabat bekerja. Saya hanya ingin sahabat bisa memanfaatkan blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa kehilangan idealisme. Tetaplah menulis artikel untuk konsumsi manusia, bukan hanya semata-mata untuk memuaskan mesin pencari.

Sahabat dapat memanfaatkan blog untuk menjemput rezeki dengan baik dan benar. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mengikuti lomba blog

Mengikuti giveaway, lomba blog, blog competition atau apapun istilahnya sangat bermanfaat. Selain berguna untuk mengupdate blog juga untuk mendapatkan trafik, membuat blog dan pemiliknya semakin serta mendapatkan hadiah baik uang maupun barang. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut memang tidak mudah. Setiap peserta berusaha sekuat tenaga agar artikelnya menarik dan mendapat penilaian yang baik dari juri atau penyelenggara blog. Kini lomba blog semakin banyak dengan hadiah uang atau barang yang bagus-bagus. Penyelenggaranya bukan hanya blogger tetapi juga perusahaan dan instansi. ย Karena saingannya banyak maka dalam mengikuti lomba blog tidak boleh terjun bebas dengan menulis artikel ala kadarnya. Setiap mengikuti lomba blog saya selalu menganggapnya sebagai ‘operasi baru. Dengan prinsip itu saya selalu bersusaha untuk menampilkan artikel yang baik. Soal kalah atau menang itu adalah urusan juri yang menilai. Alhamdulillah saya juga sering mendapatkan hadiah uang atau barang karena memenangkan ,lomba blog atau giveaway.

marketeers creativity day

Senyumnya yang menang hadiah..beda ya.

2. Menjadi publisher/penayang iklan

Salah satu situs yang memberi kesempatan kepada blogger untuk menayangkan iklan adalah Google Adsense. Blogger akan mendapatkan sejumlah fee jika iklan yang dipasang di blognya di klik oleh pengunjung. Cara ini kelihatannya sangat mudah. Blogger cukup memasang kode iklan di sidebar, header, atau di bodi artikel. Namun sesungguhnya memerlukan tehnik tertentu agar iklan tersebut menarik perhatian pengunjung dan mereka mau klik iklan tersebut. Peningkatan trafik blog perlu diupayakan agar semakin banyak kemungkinan pengunjung yang klik banner iklan. Penerbitan artikel yang menarik agar kedudukkan di SERP bagus, kesabaran, dan ketekunan sangat diperlukan. Usahakan agar iklan yang ditayangkan di blog tidak bertentangan dengan norma yang berlaku.

3. Menulis review produk dan jasa

Blog yang bagus banyak diincar oleh penjuak produk dan jasa. Mereka menawarkan kerjasama dengan pemilik blog dengan imbalan uang atau barang. Blogger bisa menulis review produk dan atau jasa mereka sesuai kesepakatan bersama. Kesepakatan ini meliputi syarat dan ketentuan penulisan atau pemasangan gambar dan besaran fee yang akan diterima. Pemilik produk atau jasa bisa berhubungan langsung dengan blogger atau melalui agensi yang ditunjuk. Meskipun ada iming-iming uang atau barang tetapi dalam menjalankan kerjasama tersebut blogger jangan sampai kehilangan idealisme. Tetap tampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat agar kredibilitas blogger tetap terjaga. Saya pernah menolak tawaran menulis review yang berkaitan dengan judi dan minuman keras.

Selain menulis review produk dan jasa dalam negeri para blogger juga dapat mengikuti hal serupa di situs mancanegara. Dulu saya sering menerima job dari situs luar negeri. Sekali menulis review mendapat imbalan sekian USD yang langsung dikirim ke akun Paypal. Sayangnya kebijakan mereka berubah. Fee dapat dinikmati setelah mencapai 100$. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengikuti job review situs itu lagi. Harap diketahui bahwa jika blogger ingin bergabung di situs tersebut harus mau dan mampu menulis artikel harus berbahasa Inggris walau blognya sendiri berbahasa Indonesia.

4. Program afiliasi

Berbeda dengan penayang iklan, blogger yang mengikuti program afiliasi baru akan mendapat fee jika ada produk yang terjual. Salah satu contohnya adalah menjadi afiliasi dari Amazon.com. Blogger membuat blog yang berisi produk yang dijual di Amazon. Jika ada yang pengunjung yang klik link afiliasi yang ditanam pada artikel lalu dia membeli produk tersebut di Amazon maka blogger akan mendapatkan fee. Hasilnya baru dapat diambil jika fee yang terkumpul sudah memenuhi jumlah tertentu. Untuk mengikuti afiliasi Amazon blognya harus berbahasa Inggris.

5. Menjual produk

Dengan memanfaatkan blog para blogger juga bisa menjual produk karyanya. Pasang saja produk tersebut di blog lengkapi dengan gambar, harga, dan cara memesannya. Namun lebih bagus lagi jika blogger membangun online store agar lebih tampak profesional. Produk tidak selalu berupa barang tetapi juga bisa berupa e-book, artikel tutorial, plugin, atau theme. Saya juga pernah membeli theme kepada blogger loch. Untuk promosi sebaiknya ada juga e-book atau theme yang diberikan secara cuma-cuma.

6. Sesekali hadir dalam suatu acara brand dan aktif dengan berbagai kompetisi yang biasanya diadakan.

Biasanya, brand kerap mengadakan lomba review usai acara. Nah, blogger bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menulis sebaik-baiknya. Peserta yang ikutan juga tidak begitu banyak, sebanyak-banyakna bisa 50 orang. Bahkan ada dalam suatu acara, cuma sekitar belasan blogger yang datang. Lumayan kan kompetisinya tidak begitu besar. Blogger yang berhasil memenangkan review ini, biasanya jadi incaran brand loh. Mereka berkesempatan besar diundang lagi dalam suatu acara atau mendapatkan job review, atau bisa juga blogger menjadi dikasih job handling blogger kalau sewaktu-waktu bikin acara lagi, ditawari job mengurus sosial media, dan sebagainya. Jadi, menghadiri acara brand itu berguna sekali untuk networking, dan wahana kita bersilaturahmi dengan teman-teman seperjuangan di ranah perbloggingan.

peserta diskusi kewirausahaan

peserta diskusi kewirausahaan yang dihadiri oleh para blogger

Itulah beberapa cara menjemput rezeki dengan memanfaatkan blog. Sekali lagi, kerja keras, ketekunan, kesabaran, dan doa yang tak putus-putus sangat diperlukan. Untuk mendapatkan penghasilan sebesar 2 $ dari Google Adsense saja mungkin memerlukan beberapa hari bahkan berminggu-minggu. Sebaiknya blogger membangun lebih dari satu blog seperti yang dilakukan oleh para blogger yang memonetize blognya. Tentu saja blog tersebut harus dipromosikan dan dioptimasi agar keberadaannya di dunia maya diperhitungkan orang dan mendapat posisi yang layak pada Search Engine Results Page (SERP)

Selain menjemput rezeki dengan memanfaatkan blog, kita juga bisa memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan ngeblog untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menyelenggarakan workshop, kursus online, menjadi pembicara di seminar, radio, televisi, membuat web, dan menulis artikel pesanan orang lain adalah cara yang bisa dilakukan oleh blogger.

Dalam menjemput rezeki tentu ada rambu-rambu yang wajib diperhatikan. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, barang, atau ketenaran tentu sangat tidak dianjurkan. Prinsipnya, lebih baik menjual martabak untuk mendapatkan martabat daripada menjual martabat untuk mendapatkan martabak.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet ๐Ÿ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis ๐Ÿ˜
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya ๐Ÿ˜ Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen ๐Ÿ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen ๐Ÿ˜
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top