Indo Blog Net

kesehatan

Coba 6 Jenis Makanan Pengganti Nasi ini untuk Hidup Lebih Sehat!

barley makanan pengganti nasi

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia makan nasi merupakan hal “wajib” sehari-hari. Ya, karena nasi memang merupakan salah satu jenis makanan pokok masyarakat Indonesia. 

Sayangnya, banyak pendapat para ahli nutrisi yang menganggap bahwa nasi putih tidak terlalu baik untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan atau mengidap penyakit tertentu. 

Nasi putih telah melalui banyak proses yang membuatnya minim nutrisi, seperti vitamin, mineral dan serat. Selain itu, nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, artinya karbohidrat di dalamnya lebih cepat diubah menjadi gula darah. Dan hal tentu saja ini tidak baik bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes. 

Terlalu banyak mengonsumsi nasi putih, apalagi ditambah dengan makanan yang mengandung banyak gula lainnya yang dikonsumsi sehari-hari akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. 

Bukan berarti Anda harus 100 persen menghindari nasi putih untuk hidup lebih sehat, ya. Tapi Anda dapat membuat variasi makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab ada beberapa jenis makanan pengganti nasi yang lebih bernutrisi dan baik untuk dikonsumsi.

Mari kita simak ulasan mengenai beberapa jenis makanan pengganti nasi di bawah ini.

6 Jenis Makanan Pengganti Nasi untuk Hidup yang Lebih Sehat

Beberapa jenis makanan pengganti nasi berikut ini tak hanya lebih baik bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes saja, lho. Ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan berat badan agar tetap ideal.

Pastinya jenis makanan pengganti nasi ini juga enak untuk dikonsumsi sehari-hari. Yuk, buktikan sendiri!

1. Singkong

singkong makanan pengganti nasi

Credit: cooksjoy.com

Anda dapat dengan mudah menemukan jenis makanan yang satu ini di pasar maupun supermarket. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Untuk mengonsumsinya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengukusnya kemudian dimakan bersama lauk atau sayur.

Rasanya yang cenderung tawar memudahkannya dikombinasikan dengan makanan lain. Singkong mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu jenis makanan pengganti nasi yang satu ini juga mengandung pati resisten yang dapat mencegah sembelit dan membuat usus lebih sehat. 

Namun Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi singkong, sebab terdapat zat kimia glikosida sianogen di dalamnya yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Pastikan Anda telah mencucinya dengan bersih dan memasaknya hingga benar-benar matang agar singkong benar-benar aman dikonsumsi.

2. Kembang kol

kembang kol pengganti nasi

Credit: recipetineats.com

Mungkin Anda sudah pernah dengar cauliflower rice? Ya, ini adalah jenis makanan sehat pengganti nasi yang terbuat dari kembang kol. Anda dapat mencari resep cara membuatnya di Google. 

Baca juga: Tips Menyiapkan Menu Masakan Sehat bagi Keluarga

Kembang kol rendah karbohidrat dan kalori sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Rasa dan teksturnya yang ringan membuatnya bisa dipadu padankan dengan makanan lain, seperti daging, telur maupun ikan. 

Jenis makanan pengganti nasi yang satu ini juga diperkaya serat dan nutrisi. Beberapa zat antioksidan yang terdapat didalamnya adalah kuersetin, betakaroten, asam sinamat, serta beta-cryptoxanthin. Tak hanya itu, kembang kol juga mengandung vitamin C, E, dan K yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Kol

kol makanan pengganti nasi

Credit: foodandwine.com

Bukan hanya kembang kol sayuran yang termasuk jenis makanan pengganti nasi, ada pula kol. Sama halnya dengan kembang kol, kol ini juga termasuk rendah karbohidrat dan kalori. Cara penyajiannya bisa dimasak menjadi chopped cabbage agar lebih menyerupai nasi. 

Kol merupakan makanan sumber vitamin C dan K. Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh khususnya di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Sedangkan vitamin K bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan menjaga kesehatan tulang. 

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya tak heran jika jenis makanan pengganti nasi yang satu ini mampu membantu memperbaiki pencernaan serta melawan peradangan. Kol juga bisa jadi makanan yang enak dan murah untuk berbagai resep masakan sehari-hari. 

4. Quinoa

quinoa makanan pengganti nasi

Credit: inspiredtaste.net.com

Di luar negeri makanan yang satu ini sudah populer sebagai salah satu jenis makanan sehat. Quinoa memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan biji-bijian (grain), namun sebenarnya ia termasuk dalam kelompok biji (seed). 

Sama halnya dengan nasi, quinoa merupakan makanan gluten free alias tidak mengandung gluten sehingga lebih aman bagi mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan. Quinoa juga mengandung banyak protein yang jumlahnya sekitar dua kali lipat dari protein dalam nasi putih. 

Jenis makanan pengganti nasi yang satu ini sangat baik bagi Anda yang vegetarian. Sebab quinoa mengandung protein lengkap dimana di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial yang penting bagi tubuh Anda.

Bukan hanya kaya akan protein lho, quinoa juga diperkaya dengan magnesium dan tembaga. Kedua mineral ini penting untuk metabolisme energi dan kesehatan tulang. 

5. Beras Shirataki

jenis makanan pengganti nasi

Credit: carousell.sg

Beras shirataki juga termasuk salah satu jenis makanan pengganti nasi yang bisa jadi pilihan Anda. Beras shirataki sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, sebab shirataki sangat rendah kalorinya.

Dalam sepiring nasi shirataki jumlah kalorinya tidak lebih dari 5 kalori. Kandungan karbohidratnya pun rendah. 

Shirataki terbuat dari akar konjak yang kaya akan serat unik bernama glukomanan. Glukomanan ini merupakan serat utama yang terdapat dalam akar konjak. Serat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, salah satunya adalah kemampuannya untuk melindungi usus.

Baca juga: Mencari Tahu Tentang Sushi, Makanan Khas Jepang

Serat yang terdapat di dalam shirataki mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bermanfaat bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan. Selain itu serat ini juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. 

6. Barley

barley makanan pengganti nasi

Credit: medicalnewstoday.com

Ini merupakan salah satu jenis biji-bijian yang masih satu kelompok dengan gandum. Teksturnya agak kenyal dan rasanya terbilang enak. 

Barley memiliki jumlah kalori yang hampir sama dengan nasi putih. Namun jika dibandingkan dengan nasi putih, ini mengandung lebih banyak protein dan serat. Selain itu jenis makanan pengganti nasi yang satu ini juga diperkaya berbagai nutrisi seperti niasin, seng, dan selenium. 

Namun barley mengandung gluten sehingga bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan sebaiknya membatasi makanan yang satu ini atau Anda dapat memvariasikan dengan makanan lain untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang bisa jadi pilihan lebih sehat. Anda bisa membuat variasi makanan pokok yang Anda makan sehari-hari. Misalnya, Hari Senin makan singkong, Selasa kembang kol, Rabu quinoa, dan seterusnya. 

Memvariasikan jenis makanan sehari-hari akan membuat Anda tidak bosan dan mendapat nutrisi yang lebih lengkap sebab masing-masing makanan mengandung nutrisi yang berbeda. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top