Menulis Yuk

6 Faktor Penyebab Gagalnya Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tak pernah mati. Semakin tahun semakin banyak orang berbondong-bondong berbinis dibidang ini. Faktor ekonomi, sosial, dan budaya turut memberi pengaruh terhadap perkembangannya. Bila dulu menikmati makanan sekedar memenuhi kebutuhan dasar, sekarang lain lagi. Nongkrong di resto atau kafe sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Tak heran bila Anda menjumpai kelompok-kelompok anak muda duduk di kafe atau resto pada jam-jam tertentu seperti usai sekolah, diantara jam kuliah, atau selepas jam kantor. Akan tetapi, bisnis yang menjanjikan keuntungan menggiurkan ini ternyata tak semudah bayangan. Banyak pebisnis yang akhirnya gulung tikar hanya dalam beberapa bulan setetelah usahanya didirikan.

Menurut Eko Suprayogi, konsultan di bidang F&B, ada beberapa faktor yang membuat pengusaha gagal dalam bidang yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi ini:

1. Terlalu mengandalkan konsep

Banyak pengusaha masa kini yang hanya mengandalkan konsep. Padahal konsep bukanlah faktor penentu keberhasilan sebuah usaha kuliner. Nomer satu justru kualitas, baik produk maupun pelayanan terhadap pelanggan. Faktor berikutnya adalah konsistensi, sedangkan konsep justru menempati nomer buncit. Jadi bisa dikatakan apapun konsepnya, kualitas dan konsitensi merupakan hal yang utama.

2. Riset yang kurang

Sebelum memulai usaha kuliner, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari tempat, jenis usaha, menu makanan, hingga supply and demand. Ini penting agar Anda bisa mengetahui bagaimana reaksi pasar atas usaha yang hendak Anda jalani. Sekaligus mengetahui bagaimana kompetitor di lapangan. Tujuannya agar bisa mengemas bisnis kuliner sesuai dengan konsep dan pasar yang hendak dituju. Kurangnya riset membuat Anda sulit membuat rencana bisnis yang tepat. Akibatnya bisnis yang Anda jalankan kelak tidak optimal dan berpotensi besar menuai kegagalan.

3. Salah Pilih Tempat

Kesalahan memilih tempat bisa berakibat buruk bagi perkembangan usaha kuliner yang tengah dirintis. Penting untuk memilih lokasi yang strategis dan memiliki tempat parkir yang nyaman. Tak lupa perhatikan juga faktor kebersihan lingkungan. Betapapun enak makanan yang Anda jajakan, tetapi jika kebersihan sekitar kurang akan sulit mendatangkan pelanggan. Sekaligus tinjau kembali tempat yang Anda pilih dengan bisnis plan yang telah dibuat. Perhatikan betul apakah tempat itu sudah sesuai dengan target pasar yang Anda canangkan. Jika hal ini diabaikan, kemungkinan besar usaha Anda akan menuai kegagalan.

4. Orang-orang yang tidak berkompeten

Aspek people atau manusia merupakan aspek yang sangat penting dalam usaha kuliner. Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai bisnis kuliner adalah memilih tenaga yang berkualitas. Kedua, lakukan proses training dengan baik. Hal ini mutlak dilakukan karena mereka adalah kaki tangan Anda, selaku pihak yang akan menjaga kualitas produk dan pelayanan juga juga konsistensi rasa semua menu yang ditawarkan. Jika ini gagal maka bisa dipastikan usaha kuliner yang Anda rintis sulit menarik orang untuk menjadi pelanggan.

5. Produk yang kurang tepat atau terlampau banyak

Makanan merupakan produk utama yang dijual dalam bisnis kuliner. Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis makanan apa yang disukai sekaligus memiliki prospek yng menguntungkan dalam jangka panjang. Jangan mendirikan usaha hanya berdasarkan tren. Jika makanan tersebut tak lagi populer usaha yang yang Anda rintis bisa gulung tikar. Sesuaikan pula dengan target pasar Anda. Apakah itu keluarga, remaja, atau kelas menengah ke atas. Jangan sajikan wine jika target pasar Anda adalah keluarga atau remaja. Sebaliknya bila target Anda kelas menengah ke atas maka makanan yang digemari remaja jelas tidak akan menarik minat mereka. Jadi berhati-hatilah dalam memilih menu.

Hal yang tak boleh dilupakan adalah jangan terlampau banyak produk. Terlampau banyak produk yang ditawarkan juga membuat pelanggan butuh waktu lama untuk memilih makanan. Ini berarti sudah banyak waktu yang terbuang. Selain itu banyak menu makanan berarti membutuhkan banyak tempat penyimpanan. Jika hal ini tidak diperhatikan, bahan makanan akan mudah rusak dan basi. Ini berarti Anda merugi. Fokus saja pada satu atau dua jenis produk, sehingga Anda bisa menghemat waktu dan biaya.

6. Harga yang tidak sesuai

Harga yang tepat juga menentukan keberhasilan usaha kuliner Anda. Perhitungkan semua biaya, dari mulai pembelian bahan baku hingga resiko kerusakan. Dari sana baru bisa diperhitungkan berapa harga jual sekaligus laba yang bisa didapat dari jualan Anda. Tidak bisa hanya memakai metode perkiraan. Sebab ini bisa membuat Anda mengalami kerugian.

7. Promosi yang kurang

Promosi merupakan salah satu penyokong keberhasilan usaha. Apapun itu termasuk usaha kuliner. Rencanakan strategi pemasaran dan budget-nya sekalian. Baru kemudian Anda bisa mempertimbangkan dimana akan beriklan. Lewat posterkah, spandukkah, balihokah, papan iklankah, iklan lewat berbagai sosial media atau media cetakkah atau justru lewat iklan televisi.

Jangan berpikir setelah Anda mendirikan restoran orang akan datang sendiri. Jika hanya berdiam diri tanpa melakukan promosi dikhawatirkan usaha Anda lambat berkembang. Hal ini tentu berefek pada pendapatan tiap bulan. Ujung-ujungnya Anda akan sulit bertahan karena pemasukan minim sementara biaya yang harus dikeluarkan untuk belanja bahan, gaji karyawan, dan lain-lain cukup besar.

Oleh karena itu penting untuk memiliki pengalaman dan pemahaman terlebih dulu agar bisnis kuliner bisa berjalan. Mencari info dan mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum benar-benar memulai usaha sangat dianjurkan. Dengan demikian Anda memiliki kemampuan memahami komponen penting dalam usaha kuliner seperti pemilihan serta pengembangan menu, strategi pemasaran, penanganan terhadap konsumen, dan lain sebagainya. Pengalaman semacam itu akan membantu mengurangi resiko kegagalan atas usaha kuliner yang Anda jalankan.

 

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top