Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

6 Cara Riset Hashtag di Instagram yang Bikin Kontenmu Banyak Dilihat

  • Bagikan
cara riset hashtag di instagram

Saat ini penggunaan hashtag di sosial media merupakan hal yang umum, termasuk di Instagram. Tak lengkap rasanya sebuah postingan tanpa hashtag. Namun tahukah Anda apa sebenarnya manfaat hashtag di Instagram? Kami akan membahasnya di artikel kali ini. Tak hanya itu, akan diulas juga mengenai berbagai cara riset hashtag di Instagram yang bisa membuat konten Anda dilihat banyak orang.

7 Manfaat Hashtag di Instagram

Tentunya bukan tanpa alasan jika hashtag ini banyak digunakan oleh para pengguna sosial media. Ternyata ada banyak manfaat hashtag di Instagram yang akan membuat Anda jadi semakin semangat menggunakannya.

Terutama bagi Anda para pejuang konten atau pebisnis yang memanfaatkan Instagram untuk memperlancar usaha. Berikut beberapa manfaatnya yang menarik untuk Anda ketahui:

1.    Memudahkan pencarian konten

Manfaat hashtag di Instagram yang pertama adalah memudahkan pencarian konten. Hashtag utamanya berfungsi untuk memudahkan pengguna saat ingin mencari sesuatu yang diinginkan (konten dengan topik tertentu). Untuk ini pengguna hanya perlu mengetikkan hashtag yang diinginkan di bagian pencarian Instagram.

Baca juga: 7 Ide Bisnis di Instagram yang Paling Laris Manis. Tertarik Mencobanya?

2.    Mengelompokkan konten

Mengelompokkan konten menjadi manfaat hashtag di Instagram yang berikutnya. Dengan menggunakan hashtag pada postingan Anda, maka postingan dengan hashtag yang sama akan terkelompok dengan baik. Misal, saat Anda menggunakan hashtag #bestsellerkaktusqulucu maka seluruh postingan dengan hashtag tersebut bisa dilihat dalam satu tempat/halaman.

3.    Kebutuhan branding

Tak hanya itu, manfaat hashtag di Instagram juga dapat mendukung branding bisnis Anda. Caranya, gunakan hashtag khusus dan unik untuk bisnis Anda yang membuatnya menjadi ciri khas brand Anda. Misalnya #kaktusqulucupenyemangatku. hashtag yang unik seperti ini dapat menjadi bagian dari branding bisnis Anda.

4.    Kebutuhan promosi

Kegunaan hashtag di Instagram yang selanjutnya yaitu untuk mendukung promosi yang Anda lakukan. Bagi Anda yang memanfaatkan Instagram untuk bisnis, keberadaan hashtag pada postingan juga bisa membantu mempermudah proses promosi bisnis Anda, lho.

Anda bisa menyebarkan hashtag bukan hanya di postingan feed saja, tapi juga di Instagram story, serta di bio akun Anda. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi hashtag sebagai pendukung promosi. Hashtag yang Anda gunakan tersebut akan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan dan cepat menyebar.

5.    Meningkatkan visibilitas bisnis

Fungsi hashtag di Instagram berikut ini juga tak kalah menarik. Hashtag dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Sebab para pengguna yang melakukan pencarian di Instagram akan lebih mudah menemukan brand/produk Anda dari hashtag yang Anda gunakan. Tentunya Anda harus menggunakan hashtag yang tepat, ya.

6.    Menambah jumlah pengikut

Menambah jumlah pengikut juga termasuk salah satu manfaat hashtag di Instagram. Dengan penggunaan hashtag yang tepat dapat membuka peluang bagi Anda untuk menjadi viral dan ditemukan oleh banyak orang bahkan di seluruh dunia. Dan saat Anda menjadi viral otomatis jumlah pengikut Anda pun akan bertambah.

7.    Meningkatkan kepopuleran

Masih ada satu lagi manfaat hashtag di Instagram, yaitu meningkatkan kepopuleran. Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa penggunaan hashtag yang tepat dapat memungkinkan Anda untuk menjadi viral alias populer. Jadi jika Anda ingin brand ataupun produk Anda populer dan dikenal banyak orang, cobalah gunakan strategi hashtag.

Bagaimana, menarik bukan manfaat-manfaat hashtag di Instagram? Yuk, coba optimalkan penggunaannya dengan beberapa cara riset hashtag di Instagram yang akan diulas di bawah ini.

 

6 Cara Riset Hashtag di Instagram yang Bikin Kontenmu Banyak Dilihat

Siapa sih yang tak mau kontennya dilihat banyak orang kemudian menjadi viral? Apalagi jika konten tersebut merupakan bagian dari sebuah promosi bisnis. Bayangkan berapa banyak keuntungan yang akan Anda peroleh, mulai dari konsumen baru, peningkatan penjualan, hingga branding yang sukses.

Berikut beberapa cara riset hashtag di Instagram yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan penggunaan hashtag.

1.    Buat daftar kata kunci yang sesuai

Cara riset hashtag di Instagram yang pertama adalah pikirkan kata kunci yang sesuai. Sebelumnya Anda perlu membuat semacam daftar berbagai kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda, khususnya terkait dengan konten yang akan Anda posting.

Namun daftar ini belum merupakan hashtag yang benar-benar akan Anda gunakan nantinya. Daftar ini bisa dianggap sebagai gambaran mengenai hashtag yang akan Anda riset.

2.    Riset menggunakan fitur pencarian Instagram

Setelah membuat daftar, cara riset hashtag di Instagram yang selanjutnya yaitu menggunakan fitur pencarian untuk mencari tahu apakah hashtag tersebut tersedia di Instagram. Anda hanya perlu mengetikkan hashtag yang Anda ingin cari di bagian search (pencarian) di Instagram.

Setelah itu Anda akan memperoleh suggestion yang menampilkan deretan hashtag terkait dimana hashtag terpopuler akan muncul di bagian atas. Anda juga bisa melihat berapa jumlah pengguna atau jumlah postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Lalu pilihlah beberapa hashtag yang relevan dengan bisnis Anda.

Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan related hashtag yang muncul pada bagian bawah hashtag yang Anda klik.

3.    Riset hashtag yang digunakan oleh top post

Cara riset hashtag di Instagram berikutnya adalah menggunakan top post. Jika Anda mengklik salah satu hashtag di hasil pencarian, maka akan muncul halaman berisi seluruh postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Halaman ini terbagi menjadi dua bagian, recent dan top.

Top post merupakan postingan yang dianggap sistem Instagram menarik dan berkualitas serta dilihat oleh banyak pengguna. Di sini Anda bisa melihat hashtag apa saja yang digunakan oleh postingan yang berada pada top post. Anda cukup mengklik postingan yang Anda inginkan lalu pilih beberapa hashtag yang relevan dengan bisnis Anda.

4.    Riset hashtag yang digunakan oleh selebgram

Cara riset hashtag di Instagram yang satu ini juga bisa Anda coba. Anda bisa melihat hashtag apa saja yang digunakan oleh selebgram terpopuler yang membuat postingannya menjadi banyak dilihat pengguna. Anda bisa gunakan beberapa hashtag tersebut yang tentunya masih relevan dengan bisnis atau postingan Anda.

5.    Riset menggunakan tools

Ingin cara riset hashtag di Instagram yang lebih praktis? Anda bisa menggunakan tools yang dapat membantu Anda melakukan riset dengan lebih mudah dan lengkap. Ada banyak tools riset hashtag di Instagram yang bisa Anda coba. Mulai dari yang berbayar hingga gratis juga ada.

Masing-masing tools tentunya memiliki fitur yang berbeda-beda. Anda dapat memilih tools yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

6.    Pilih hashtag yang terbaik

Langkah terakhir setelah beberapa cara riset hashtag di Instagram di atas Anda lakukan yaitu pilih hashtag yang terbaik. Sebab Anda tidak bisa menggunakan terlalu banyak hashtag pada postingan Anda. Instagram membatas jumlah hashtag yang Anda gunakan tidak lebih dari 30 hashtag.

Selain itu menggunakan terlalu banyak hashtag juga bisa jadi tidak efektif hasilnya. Sebaiknya gunakan hanya beberapa hashtag saja. Maka dari itu pilihlah hashtag yang terbaik dan relevan dengan bisnis Anda.

Baiklah, setelah Anda mengetahui berbagai cara riset hashtag di Instagram, sekarang saatnya untuk mempraktikkannya. Semoga berhasil, ya! 🙂

 

Credit image: animoto.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan