Connect with us

Gadget

6 Cara Edit Video TikTok & Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Published

on

aplikasi edit video tiktok

Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya bahwa salah satu cara membuat video viral di TikTok yaitu mengedit video Anda. Ingin tahu bagaimana cara edit video TikTok? Yuk, simak ulasannya melalui artikel kali ini. Bukan hanya itu saja lho, disini akan dibahas juga beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk Anda.

 

6 Cara Edit Video TikTok

Sebagai platform sosial media yang mengandalkan video sebagai kontennya, tentu rasanya kurang lengkap jika video yang Anda unggah di TikTok tidak melalui proses edit terlebih dulu. Platform TikTok menghadirkan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video agar lebih menarik. Nah, berikut beberapa cara edit video TikTok:

1.    Menambahkan teks

Cara edit video TikTok yang pertama adalah menambahkan teks. Cukup klik menu Teks pada aplikasi TikTok Anda lalu tambahkan teks yang relevan dengan video Anda. Pada menu Teks ini Anda bisa menggunakan berbagai variasi teks dengan beragam font serta warna-warna yang menarik.

2.    Edit musik

Cara edit video TikTok berikutnya yaitu mengedit musik. Klik menu Edit Music di aplikasi TikTok untuk memilih bagian musik yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan beberapa bagian saja pada musik yang Anda pilih tersebut.

3.    Menambahkan suara

Selain menambahkan teks dan musik, cara edit video TikTok yang satu ini juga bisa Anda coba. Caranya, klik menu Voiceover pada aplikasi TikTok Anda. Anda juga bisa mengedit suara dengan menggunakan menu Voice Effects untuk memilih efek suara yang Anda inginkan.

4.    Menambahkan efek

Cara edit video TikTok selanjutnya adalah menambahkan efek. Tinggal klik menu Special Effects di aplikasi TikTok Anda. Lalu pada bagian Filter Effects, Anda bisa memilih berbagai efek diantaranya Shake, Illusion, Black Magic, 70s dan lain-lain.

5.    Menambahkan filter

Menambahkan filter juga termasuk salah satu cara edit video TikTok yang bisa Anda lakukan. Anda dapat memilih beberapa filter yang menarik untuk video Anda. Caranya, klik menu Effects, disini Anda dapat menggunakan beberapa efek yang berbeda. Terdapat beberapa pilihan mulai dari Landscape, Portrait, Food, serta Vibe.

6.    Menambahkan stiker

Cara edit video TikTok yang terakhir yaitu menambahkan stiker. Anda bisa klik menu Stickers untuk memilih berbagai stiker unik dan lucu yang dapat ditambahkan ke konten video Anda.

Itulah beberapa cara edit video TikTok yang dapat Anda coba. Namun jika Anda menginginkan hasil video yang lebih spektakuler, Anda bisa gunakan aplikasi di luar TikTok untuk mengedit video. Di bawah ini ada 7 rekomendasi aplikasi edit video TikTok terbaik untuk Anda.

 

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik

Tidak perlu khawatir sebab semua aplikasi edit video TikTok dalam daftar ini dapat Anda gunakan secara gratis, lho. Anda bisa langsung mengunduhnya di smartphone Anda. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1.    BeeCut

aplikasi edit video tiktok

Credit: appadvide.com

Aplikasi edit video TikTok yang pertama adalah BeeCut. Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula, sebab penggunaannya tergolong sangat mudah. BeeCut dapat membuat video Anda jadi lebih berkualitas dengan adanya berbagai filter, efek, dan fitur-fitur menarik yang dapat Anda gunakan.

Interface-nya simpel sehingga Anda lebih nyaman menggunakannya. BeeCut memungkinkan Anda mengubah rasio serta resolusi video ke dalam beberapa pilihan sesuai yang Anda inginkan.

2.    CapCut

aplikasi edit video tiktok

Credit: apkmody.io

Rekomendasi aplikasi edit video TikTok selanjutnya yaitu CapCut. Aplikasi CapCut dikembangkan oleh perusahaan yang juga menciptakan TikTok. Maka tak heran jika aplikasi ini termasuk yang paling populer di gunakan oleh pengguna TikTok. Sama halnya dengan BeeCut, aplikasi yang satu ini juga termasuk mudah digunakan.

Terdapat berbagai fitur menarik yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video mulai dari Cut, Reverse, hingga fitur untuk mengubah kecepatan video. Tak hanya itu, masih banyak fitur dan efek menarik lainnya serta perpustakaan musik yang super lengkap di aplikasi CapCut ini.

CapCut juga memiliki fitur Trending Stickers dan Font TikTok Custom yang akan membuat konten video Anda jadi lebih kekinian. Bagi Anda yang menyukai efek-efek, ada fitur Magical Effects yang menawarkan beragam efek menarik.

3.    Funimate

edit video tiktok

Credit: googleplay.com

Berikutnya ada Funimate sebagai salah satu aplikasi edit video TikTok yang recommended. Dengan aplikasi yang satu ini Anda bisa menggunakan berbagai macam pilihan lagu serta efek visual yang menarik untuk video Anda.

Anda juga bisa membuat sendiri stiker custom untuk video Anda, lho. Selain itu Funimate juga menawarkan berbagai animasi teks yang berbeda-beda yang akan membuat video Anda jadi lebih menarik. Berbagai macam efek yang ditawarkan pun cukup memukau sehingga dapat membuat video Anda jadi lebih menarik perhatian.

4.    KineMaster

edit video tiktok

Credit: creativebloq.com

Aplikasi edit video TikTok berikutnya yang jadi rekomendasi kami adalah KineMaster. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi edit video paling profesional yang dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar.

Aplikasi ini mempunyai tampilan serta fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi edit video yang sering digunakan di PC (personal computer). Maka tak heran jika KineMaster ini sering digunakan juga untuk mengedit video yang akan diunggah ke YouTube.

Dengan KineMaster Anda bisa dengan mudah menggabungkan beberapa video dalam satu konten, melakukan pemotongan video, memberi latar musik, hingga menambah efek-efek seru.

5.    VN

edit video tiktok

Credit: suara.com

VN juga termasuk salah satu aplikasi edit video TikTok yang menarik untuk Anda gunakan. Aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai kemudahan dalam mengedit video. Terdapat berbagai fitur yang bisa Anda gunakan mulai dari fitur effect, filter, slow motion, cut, transisi, dan lain-lain.

Menariknya, banyak para kreator TikTok yang membuat video tutorial menggunakan aplikasi yang satu ini. Tentunya hal ini semakin memudahkan Anda jika ingin belajar menggunakannya.

6.     Magisto

edit video tiktok

Credit: tekno.10terbaik.com

Aplikasi edit video TikTok berikut ini menghadirkan berbagai fitur kekinian yang akan membuat video Anda jadi lebih keren, lho. Aplikasi Magisto menyediakan fitur Style Smart Editing yang memungkinkan Anda memberikan berbagai efek serta frame ke dalam video Anda. Magisto juga menawarkan banyak koleksi musik berlisensi yang dapat dipakai dalam video Anda.

7.    Lomotif

aplikasi edit video tiktok

Credit: vulcanpost.com

Nah, rekomendasi aplikasi edit video TikTok yang terakhir adalah Lomotif. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu koleksi lagu atau musik latarnya yang selalu update dan lengkap.

Mengingat TikTok identik dengan konten yang disertai musik latar maka aplikasi Lomotif ini tentunya sangat memudahkan Anda memilih berbagai latar musik yang Anda inginkan. Lomotif juga memungkinkan Anda membuat video berupa slideshow perpaduan foto dan video. Wah, menarik bukan?

Demikian beberapa aplikasi edit video TikTok yang bisa Anda gunakan. Tak hanya satu, Anda juga bisa gunakan beberapa aplikasi jika Anda mau. Langsung saja unduh aplikasi yang Anda inginkan! Selamat mencoba 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer