Indo Blog Net

Kuliner

5 Variasi Soto Ayam di Indonesia, Mana Yang Paling Kamu Suka ?

soto kudus

Ada soto bening, soto kudus, soto lamongan, dan beberapa jenis soto lainnya. Apakah Anda pernah mencoba semuanya? Apa saja keunggulan masing-masing hidangan ini?

Soto ayam adalah menu sarapan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Wujudnya seperti sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan karena bumbu kunyit. Soto juga disajikan dengan nasi putih atau lontong. Tambahan lainnya adalah sambal, kerupuk, telur rebus, daun seledri, dan bawang goreng.

Menariknya, meskipun bentuknya hampir sama, soto ayam di Indonesia berbeda-beda. Baik dari segi rasa maupun tampilannya, ada keunikan tersendiri. Setidaknya, ada 5 varian soto ayam yang lazim dikenal, yaitu:

  1. Soto Lamongan

Salah satu varian soto ayam yang populer adalah soto lamongan. Seperti namanya, soto ini berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Namun, bukan hanya di Lamongan, soto ayam ini juga sudah terkenal ke mana-mana, terutama di wilayah Pulau Jawa. Soto lamongan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pada serbuk kerupuk udang yang disebut poya dan koya. Poya membuat rasa kuah soto lamongan terasa lebih gurih dan nikmat.

soto lamongan

Cara membuat soto lamongan tidak jauh berbeda dengan soto biasa. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung yang empuk dan lebih berasa. Kuahnya juga mengandung kaldu ayam asli dan bumbu dari aneka rempah. Penyajian soto lamongan semakin menarik dengan taburan irisan kol, daun bawang, dan irisan telur ayam. Menu ini semakin enak dengan tambahan ceker ayam, sayap ayam, dan kentang goreng.

Baca juga : Rasakan Sensasi Nikmatnya Soto Padang yang Kriuk-Kriuk

  1. Soto Madura

Varian soto lain adalah soto madura yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Bahan-bahan dasar soto madura adalah daging sapi, kentang goreng, telur rebus, dan taoge. Sementara itu, bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunir, laos, jahe, jeruk purut, kemiri, dan garam.

soto madura

Resep soto ayam dari Madura ini cukup gampang seperti soto bening pada umumnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus daging sapi hingga matang. Lalu, ke dalam kaldu daging tersebut, masukkan bumbu-bumbu halus. Taburkan bawang goreng, daun bawang, daun seledri untuk membuat soto madura lebih beraroma enak.

Baca juga : Ingin Mencicipi Gurihnya Soto Banjar? Yuk, Bikin Sendiri

  1. Soto Betawi

Soto betawi adalah salah satu varian soto yang banyak digemari. Soto ini sangat populer di daerah Jakarta. Sajian soto betawi biasanya dilengkapi dengan jeroan maupun daging sapi. Uniknya, kuah soto betawi terdiri atas campuran susu dan santan. Sebagai kuliner legendaris Indonesia, soto betawi memiliki cita rasa yang khas.

Soto betawi mulai populer sekitar 1977. Nama makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh Lie Boen Po. Lokasi warung sotonya di THR Lokasari. Ketika warung soto ini tutup pada 1991, nama soto betawi banyak digunakan oleh masyarakat, bukan hanya di Jakarta, tetapi juga kota lain di Indonesia.

soto betawi

Saat ini, soto betawi dijual di mana-mana, termasuk di berbagai restoran. Anda pun bisa membayar transaksi kuliner di restoran-restoran ini dengan fasilitas dari Shopback supaya mendapatkan cashback.

  1. Soto Kudus

Soto Kudus ini hampir mirip dengan soto lamongan. Soto kudus juga disertai dengan suwiran daging ayam dan taoge. Namun, kuahnya lebih bening. Keunikan soto kudus adalah pada cara penyajiannya. Soto ini dihidangkan dalam mangkuk kecil tiap porsinya. Ada banyak restoran soto kudus di berbagai kota besar.

soto kudus

Hal menarik lain dari soto kudus adalah tidak menggunakan daging sapi. Ini merupakan bentuk penghormatan terhadap agama Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci. Hal ini berawal dari anjuran Sunan Kudus karena di Kudus pada saat itu ditinggali oleh banyak penganut agama Hindu.

Baca juga : Dahsyatnya Kelezatan Rasa Soto Cak Mu’in

  1. Soto Bening

Variasi soto ayam lainnya adalah soto bening. Jenis soto ayam ini identik dengan kuah yang bening dan ringan. Meskipun demikian, rasa gurih soto bening tidak kalah dengan jenis soto lainnya. Biasanya soto bening banyak dijumpai di daerah Solo, Klaten, atau Yogyakarta. Untuk membuat soto bening tidak memerlukan langkah yang sulit. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Supaya rasa soto lebih gurih dan nikmat, pastikan menggunakan ayam kampung sebagai tambahannya. Taburan bumbu yang lengkap membuat kenikmatannya makin terasa. Menu ini cocok dinikmati pada pagi maupun siang hari, terutama pada cuaca yang dingin. Nah, inilah sejumlah varian soto ayam yang dijual di berbagai warung makan maupun restoran di Indonesia. Lihat juga resep soto ayam lainnya di artikel ShopBack. Selamat mencoba!

 

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top