Blogging

5 Tips untuk Fokus Saat Ngeblog

Membangun sebuah blog bukanlah perkara mudah, perlu konsentrasi yang tinggi supaya bisa membuat tulisan berkualitas dan bermanfaat untuk orang lain. Gangguan ketika menulis konten bisa datang dari mana saja, salah satunya adalah godaan untuk bermain media sosial. Godaan yang satu ini memang sulit sekali dilawan, karena memang dunia maya itu jauh lebih asyik dari pada dunia nyata.

Pernahkan anda sadar kalau hal ini justru mengganggu kualitas waktu membangun blog. Untuk membuat blog ramai pengunjung bukanlah perkara mudah. Karena terlalu sering online di media sosial, sehingga waktu menulis konten malah terbuang sia-sia. Ujung-ujungnya blog tidak pernah update dan malah terbengkalai. Kalau sudah begini baru menyesal kan? Untuk mengatasi hal ini, maka saya akan memberikan sedikit tips mengatasi godaan sosial media supaya fokus blogging.

Pertama: Buat Target

Blog merupakan project masa depan dan jangka panjang, namun sangat menguntungkan. Untuk membuat blog yang bagus harus memiliki target. Misalnya saja setiap hari update satu artikel bermanfaat untuk pengunjung setia blog anda.

Kalau perlu tulis target tersebut di depan meja belajar atau tempat kerja yang sering anda temui setiap hari. Jika merasa kurang puas, buat saja tulisan target tersebut dan gunakan sebagai wallpaper. Dengan begitu yang ada dalam pikiran adalah membuat konten menarik. Sehingga otomatis anda juga tidak akan tergoda lagi dengan dunia sosial media yang hanya jadi penghambat untuk berkarya.

Kedua: Terus Ingat Tujuan Utama Membuat Blog

Tujuan membuat blog itu banyak sekali, ada yang ingin mecari uang lewat blog, ada pula yang ingin berkarya menulis melalui blog, bahkan ada pula yang membuat blog hanya untuk curhat masalah sehari-hari. Apapun tujuan anda, saya yakin kalau ditekuni pasti bisa menghasilkan uang.

Seperti seorang penulis terkenal, Raditya Dika, awalnya ia hanya menulis blog untuk iseng share cerita sehari-hari. Namun karena lucu dan terus menulis setiap hari, akhirnya blog yang dibangunnya sekarang sudah jadi buku bahkan jadi layar lebar. Hal seperti inilah yang seharusnya di contoh, jangan hanya bermain sosial media sehingga menghabiskan waktu dan tidak berkarya sama sekali.

Ketiga: Putus Sambungan Data Internet

Cara ini bisa dibilang cukup ekstreme, namun hal ini terpaksa dilakukan semata-mata hanya untuk meluangkan waktu supaya bisa menulis konten blog. Rasa untuk membuka akun sosial media akan perlahan-lahan hilang kalau tidak ada jaringan internet. Emangnya bisa buka sosmed tanpa internet? Tidak kan. Hehehe.

Awalnya memang terasa berat, namun apabila sudah terbiasa jauh dari internet maka kita juga menghindari malas-malasan di sosial media. Lagi pula yang dilakukan di dunia maya selalu sama kan, hanya untuk menyapa orang lain. Memang sih ini sangat penting sekali, namun jauh lebih penting lagi kalau membuat konten menarik untuk pengunjung blog kan.

Keempat: Matikan Smartphone Saat Menulis

Cara lain yang cukup ekstreme juga adalah mematikan smartphone. Secara tidak langsung akan memaksa diri kita supaya fokus membuat konten menarik. Kalau smartphonenya mati, maka kita juga tidak akan bisa mengoperasikannya bukan.

Jika jari kita masih usil dengan sosial media, lebih baik jauhkan saja smartphone anda dari meja laptop. Fokus saja pada laptop dan membuat konten bermanfaat. Intinya jauhi semua perangkat elektronik yang akan membuat anda malas menulis. Kalau bisa dijauhi, maka saya jamin anda dapat konsentrasi.

Kelima: Luangkan Waktu Khusus untuk Bermain Media Sosial

Hidup di zaman yang serba elektronik ini memang sulit sekali jauh dari yang namanya media sosial. Namun itu bukan alasan untuk berhenti berkarya dan tidak lagi menulis artikel yang bermanfaat. Yang terpenting adalah membuat jadwal yang pas, sehingga waktu blogging tidak terganggu dengan sosmed.

Susunlah jadwal yang jelas dan rinci, entah itu setelah menulis konten atau sebelumnya. Itu terserah anda, yang terpenting jangan sampai dicampur aduk. Dan ingat walaupun ada jadwal, bukan berarti harus dilanggar. Kalau waktunya bermain media sosial sudah selesai, maka harus segera log out dari akun pribadi. Jangan malah keterusan.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai tips mengatasi ketagihan bermain media sosial saat blogging. Yang terpenting adalah tepat membagi waktu. Sehingga waktu anda tidak habis untuk sosmed saja. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top