Indo Blog Net

Tips and Trick

5 Tips Puasa untuk Anak Supaya Bisa Puasa Full

5 Tips Puasa untuk Anak Supaya Bisa Puasa Full

Kalau anak bisa puasa full padahal usianya belum akil baligh, tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi orangtuanya. Berikut tips puasa untuk anak

Bagikan Jika Bermanfaat

Bagi Mommies yang punya anak kecil, berpuasa Ramadhan tentunya jadi lebih seru dan menantang, yaa. Mengajarkan anak untuk berpuasa merupakan PR bagi orangtua, khususnya ibu. Alhamdulillaah ini Ramadhan kedua dimana anak saya yang berusia 7 tahun ikut berpuasa.

Sebenarnya sih saya gak berpikir kalau anak saya bisa secepat ini belajar puasa full (Subuh hingga Maghrib). Makanya waktu tahun lalu anak saya berhasil puasa full sebulan penuh, saya happy banget, Masya Allah. Waktu itu usia anak saya masih 6 tahunan, masih cukup jauh dari akil baligh (usia wajib puasa Ramadhan).

Kapan Anak Wajib Berpuasa?

Dalam Islam, seorang anak wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan jika usianya telah mencapai Akil Baligh. Nah, akil baligh ini ditandai dengan 3 hal:

Pertama, bagi laki-laki tanda baligh adalah keluarnya sperma setelah usia sembilan tahun, meskipun tidak benar-benar mengeluarkan sperma (seperti merasa akan keluar sperma namun kemudian ditahan sehingga tidak jadi keluar).

Kedua, haid atau menstruasi menjadi tanda baligh bagi perempuan. Ini terjadi bila umur anak perempuan tersebut telah mencapai usia sembilan tahun atau lebih.

Ketiga, anak laki-laki dan perempuan yang usianya sudah mencapai lima belas tahun dianggap telah akil baligh meskipun tidak mengalami tanda-tanda akil baligh yang dibahas di nomor satu dan dua.

Manfaat Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

Kalau dilihat dari segi usia, sebenarnya anak saya masih cukup jauh dari usia akil baligh. Tapi alhamdulillaah sejak usia 6 tahun, anak saya udah bisa puasa full sebulan penuh. Saya percaya bahwa melatih anak puasa sejak dini, (misal: mulai usia 5 tahun) lebih baik untuk perkembangannya, khususnya dalam hal agama. Simak yuuk apa aja sih manfaat melatih anak berpuasa sejak dini!

  • Kembangkan kecerdasan spiritual

Puasa Ramadhan merupakan bagian dari rukun Islam. Anak-anak usia pra sekolah umumnya sudah mengetahui apa saja rukun Islam itu. Dengan berlatih puasa berarti anak belajar mengamalkan rukun Islam.

Disamping berlatih puasa, pada Bulan Ramadhan anak juga bisa diajak menunaikan ibadah Shalat Tarawih dan shalat wajib. Dimana shalat juga termasuk salah satu bagian dari rukun Islam. Selain itu, di Bulan Ramadhan kita juga bisa ajak anak membaca Al-Qur’an, menonton acara keagamaan di TV, ataupun shalat berjamaah di masjid.

Di Bulan Ramadhan suasana sangat mendukung untuk kita mengajak anak banyak beribadah dan lebih dekat dengan Allah. Dengan begitu anak akan semakin mengenal agamanya dan juga pencipta-Nya, Allah subhanahu wa ta’ala.

  • Melatih kesabaran

Dengan berpuasa, anak belajar menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Hal ini akan membuat anak berlatih menahan keinginan dan mengendalikan emosinya, hal ini sama artinya dengan belajar sabar (menahan diri).

Kalau biasanya anak bisa makan dan minum apa yang dia mau atau jajan di sekolah. Nah, Bulan Ramadhan jadi latihan agar anak bisa menahan diri dari keinginannya.

  • Membuat tubuh sehat

Menurut pakar kesehatan di bidang gizi, puasa bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan anak. Diantaranya, meningkatkan daya tahan tubuh anak, membantu tubuh membuang racun (detoksifikasi), serta menyehatkan sistem pencernaan. 

Gak perlu khawatir anak akan kekurangan makan/nutrisi selama puasa ya, Moms. Selama asupan nutrisinya tetap dijaga selama puasa, khususnya saat makan sahur dan berbuka, insya Allah puasa akan membuat anak jadi lebih sehat.

5 Tips Puasa untuk Anak Supaya Bisa Puasa Full

Kalau anak bisa puasa full padahal usianya belum akil baligh, tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi orangtuanya. Nah, supaya anak bisa puasa full ada tips-tipsnya nih, Moms.

1.  Beri tahu anak tujuan puasa

Buat saya ini yang pertama dan paling penting, ya. Supaya puasanya ada maknanya, bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus saja. Karena tujuan utama puasa adalah ibadah, jadi hal utama yang harus kita ajarkan kepada anak adalah apa tujuan dari puasa tersebut.

Tujuan puasa Ramadhan adalah sebagai bentuk ibadah wajib yang kita lakukan untuk Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana kita ketahui puasa Ramadhan adalah rukun Islam yang keempat. Melaksanakan puasa Ramadhan sama artinya dengan menegakkan agama Islam.

Waktu anak saya belajar puasa tahun lalu, ia sudah cukup mengerti mengenai rukun Islam, ibadah kepada Allah, dan kewajiban puasa Ramadhan. Jadi ia paham bahwa puasa yang ia lakukan saat itu merupakan bagian dari ibadah. Dengan mengetahui tujuan puasa yang dilakukannya insya Allah akan membuat anak jadi lebih termotivasi dalam berpuasa.

2.  Tidak ada paksaan

Ingat ya Moms, anak-anak yang belum akil baligh sebenarnya belum wajib puasa Ramadhan. Jadi, tidak perlu ada paksaan dalam berpuasa. Biarkan berproses sesuai dengan kemampuan anak.

Kita bisa mulai melatih anak puasa sedikit demi sedikit. Misalnya, minggu pertama puasa ajarkan anak puasa hingga Dzuhur, minggu kedua hingga waktu Ashar, nah di minggu ketiga bisa tingkatkan lagi hingga Maghrib.

Tapi hal ini juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kemampuan anak. Jika anak memang kuat untuk puasa dan ia semangat untuk puasa full, kita sebagai orangtua tentunya mendukung, ya. Ini juga yang terjadi dengan anak saya, tahun lalu ia langsung bisa puasa full sebulan penuh, padahal tahun sebelumnya sama sekali belum belajar puasa. Saya melihat ia begitu semangat dan alhamdulillaah kuat untuk puasa.

3.  Sahur yang menyenangkan

Ini adalah kunci utama agar anak bisa menjalani puasa full dengan semangat. Jadi jangan lewatkan makan sahur ya, Moms. Tapi, terkadang anak-anak malas untuk makan sahur, karena mereka masih mengantuk.

Untuk itulah tugas kita adalah membuat waktu sahur menjadi menyenangkan. Sajikan makanan kesukaan anak sebagai menu sahurnya dan setel acara TV yang ia sukai untuk mengusir kantuk.

Menu sahur sebaiknya berganti-ganti supaya anak tidak malas untuk makan. Supaya anak lebih semangat, kita juga bisa sediakan camilan kesukaannya di waktu sahur. Makanan sahur gak mesti yang ribet-ribet kok, banyak makanan simple yang mudah dibuat dan disukai anak-anak.

4.  Jaga asupan nutrisinya selama puasa

Supaya bisa puasa full tentunya anak harus sehat kan, ya. Jadi jangan lupa untuk mengutamakan menu makanan sehat selama anak berpuasa. Apalagi saat sahur, yang merupakan amunisi untuk anak berpuasa seharian. Makanan sahur sebaiknya memenuhi asupan karbohidrat, lemak, protein, dan juga cairan (air minum) yang cukup.

Buat yang anaknya suka pilih-pilih makanan seperti anak saya, hehe.. Moms bisa tambahkan vitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap maksimal. Kalau saya lebih suka pakai madu (bisa ditambahkan propolis) untuk vitamin anak.

5.  Beri pujian (apresiasi)  

Pujian adalah bentuk apresiasi yang bisa memotivasi anak dan membuatnya lebih semangat lagi untuk puasa. Jadi jangan pelit-pelit pujian ya, Moms. Tapi bukan berarti kita boleh berlebihan dalam memberikan pujian. Puji anak sesuai dengan usahanya dan progress puasanya.

Selain pujian, boleh juga kok mengapresiasi usaha anak dengan hadiah. Apalagi kalau hadiahnya bisa memotivasi anak untuk lebih baik lagi dalam hal agamanya. Misalnya, memberikan hadiah buku-buku Islami, pakaian muslim, ataupun mengajaknya berwisata Islami mengunjungi masjid-masjid besar. Wah, Masya Allah.

Mudah-mudahan anak-anak kita dimudahkan untuk berpuasa Ramadhan di tahun ini, lillahi ta’ala. Aamiin 🙂

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top