Parenting

5 Tips Merencanakan Biaya Pendidikan Anak Secara Matang

“Anak adalah investasi masa depan” Begitu yang sering kita dengar. Saya percaya kalimat ini bukan berarti anak disamakan dengan harta benda simpanan atau investasi yang bisa diperjualbelikan atau nilainya naik turun tergantung inflasi. Namun anak dipandang sebagai sosok yang nilainya melebihi harta benda. Kelak anak menjadi apa dan berperilaku bagaimana ada campur tangan orang tua. Di agama yang saya yakini pun jelas menggarisbawahi bahwa kelak di kehidupan akherat orang tua lah yang akan dimintai pertanggungjawaban mengenai perilaku anak selama masih di dunia.

Memiliki anak yang cerdas, sukses dan membawa manfaat bagi lingkungan sekitar adalah suatu hal yang membanggakan. Namun kesuksesan anak tidak dapat terjadi begitu saja. Semua membutuhkan proses yang panjang. Mengantarkan ananda meraih kesuksesan dimulai sejak ia masih dalam kandungan, memberikan stimulasi, motivasi dan dukungan saat ia tumbuh menjadi kanak-kanak hingga kemudian meniti jenjang pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu bekal masa depan bagi ananda tercinta. Pendidikan memberikan mereka wawasan dan ilmu pengetahuan agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal hingga kemudian meraih kesuksesan berdasarkan bakat dan minatnya. Pendidikan tidak hanya belajar berhitung, membaca dan menghafal namun juga bersosialisasi dan mengaplikasikan ilmunya lewat praktek di lapangan atau laboratorium.

Pendidikan bisa diperoleh melalui jalan formal maupun non formal. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa dana pendidikan membutuhkan biaya tinggi. Jer Basuki Mawa Bea kata orang Jawa yang artinya kurang lebih untuk menggapai kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Penelitian dan survey yang dilakukan beberapa ahli keuangan menunjukkan fakta bahwa biaya pendidikan terutama di sekolah swasta mengalami kenaikan sebesar 7-15% setiap tahunnya. Artinya biaya pendidikan terus melambung seperti halnya inflasi. Semakin lengkap fasilitas sekolah swasta yang meliputi kualitas para pengajar serta infrastruktur pendukung seperti laboratorium, perpustakaan, wahana bermain untuk sekolah taman kanak-kanak maka semakin besar pula biaya pendaftaran dan SPP bulanannya.

Sekolah negeri saja gratis. Jangan salah untuk sekolah negeri pun masih membutuhkan biaya membeli sepatu, seragam, buku dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Apalagi untuk sementara ini SPP gratis untuk sekolah negeri di Indonesia baru berlaku dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Perguruan Tinggi? Silahkan menyiapkan sendiri biaya pendidikannya.

Selain langkah-langkah memilih sekolah, orang tua juga perlu menyusun strategi untuk menyiapkan biaya pendidikan anak. Beberapa tips berikut membantu orang tua mempersiapkan biaya pendidikan agar terasa tidak memberatkan:

1. Siapkan dana pendidikan sedini mungkin

Biaya pendidikan bisa disiapkan sejak jauh hari bahkan jika perlu sejak bayi masih dalam kandungan atau baru lahir. Mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini memberikan keuntungan ganda yaitu anggaran yang disiapkan per bulan tidak terlalu besar dan hasil dari simpanan bisa turut berkembang.

2. Rajin melakukan survey di sekolah-sekolah yang diharapkan menjadi tempat anak menuntut ilmu

Setiap orang tua biasanya memiliki cita-cita anaknya kelak sekolah di sekolah A atau universitas B. Lakukan survey tentang biaya pendidikan di sekolah-sekolah tersebut. Kalkulasikan dengan memperhitungkan kenaikan setiap tahun dan pertimbangkan umur ananda sekarang.

3. Siapkan dana pendidikan melalui berbagai “keranjang finansial”

Menyiapkan dana tabungan pendidikan bisa melalui berbagai jalan. Investasi emas, tabungan berjangka, deposito, properti atau asuransi. Yang perlu diingat adalah kedisiplinan untuk menyisihkan dana pendidikan setiap bulan dari pendapatan yang diperoleh.

4. Sering-sering memeriksa kembali tabungan dan investasi yang telah disiapkan, apakah sudah sebanding dengan biaya pendidikan menurut survey yang dilakukan?

5. Pastikan kondisi keuangan keluarga selalu stabil. Jika memilih investasi dalam bentuk asuransi maka perlu diperhatikan untuk selalu mematuhi perjanjian. Terlambat membayar premi bisa dikenai pinalti. Untuk itu penting selalu memastikan kestabilan finansial keluarga

Selain lima point tersebut ada poin yang tak kalah penting yaitu rajin berdoa, bertawakal dan memperbanyak bersedekah. Manusia berencana namun Tuhan yang menentukan. Sedekah adalah salah satu pintu pembuka rezeki. Bertawakal adalah kunci sukses bagi orang beriman. Maka setelah berikhtiar jangan lupa untuk selalu berdoa dan memperbanyak sedekah agar kita selalu diberikan kemudahan dalam merawat, mendidik dan mencukupi kebutuhan buah hati tercinta.

Image source: pixabay.com

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top