Indo Blog Net

blog

5 Tips Menulis Blog Secara Konsisten Sampai Sukses

5 Tip Menulis Blog Secara Konsisten Sampai Sukses

Menulis blog itu mulainya gampang. Bertahannya yang susah. Gimana caranya tetap menulis blog meski badai menghadang?

Bagikan Jika Bermanfaat

Ngeblog itu mulainya gampang. Bertahannya yang susah. Gimana caranya tetap menulis blog meski badai menghadang, tetap istiqomah meski merasa nggak menghasilkan. Betul enggak? Betul, ini dia masalah konsistensi ngeblog yang umum terjadi pada kita, para bloger.

Padahal untuk sukses–dalam hal apa pun–sebenarnya hanya 2 hal saja yang diperlukan, yaitu konsistensi dan persistensi. Cuma ya, saya sendiri juga kadang merasa, persistensi dan kebodohan itu bedanya tipis banget. Hahaha.

Anyway, sudah seringlah kita lihat (atau malah kita lakukan sendiri) ada blog yang di awal-awalnya rajin banget diupdate. Jalan 3 bulan, mulai bolong-bolong. Lalu 6 bulan, sudah entah. Masalahnya apa, hanya blogernya sendiri yang tahu.

Mungkin masalah kesibukan. Ini sih biasanya menjadi penyebab paling banyak berhentinya seorang bloger menulis. Atau, mungkin saja ia memulai dari garis start yang salah, sehingga saat yang diharapkan ternyata zonk, ia pun jadi nggak termotivasi untuk melanjutkan. Atau, mungkin writing is not really the thing?

Entahlah. Kita cuma bisa menebak-nebak kan ya?

Jadi, barangkali ada nih teman-teman di sini yang sedang merasakan capeknya ngeblog, tapi belum mau menyerah, tapi udah ngos-ngosan banget, berikut adalah tip menulis blog secara konsisten yang mungkin bisa dicoba.

 

Tips Menulis Blog secara Konsisten

 

Sebelum Membuat Blog, Ingat Dulu 5 Hal Mendasar Berikut!

1. Jadikan sebagai bentuk kebutuhan

Salah satu penyebab ditinggalkannya aktivitas menulis blog itu biasanya karena si bloger sibuk dengan hal lain. Iya apa iya, nih? Iyain aja, soalnya saya juga sering mengalami.

Tapi ada lo, yang cuti ngeblog tapi akhirnya ya balik lagi. Kenapa? Nah, dari hasil pengamatan sih, karena mereka membutuhkan blog. Butuh untuk apa? Ya, macam-macam sih. Butuh curhat, butuh teman, butuh eksis, … butuh duit. Uhuk.

Yang terakhir sih, subjektif. Tapi ya, cukup realistis.

Apa pun bentuk kebutuhannya, jadikan ngeblog menjadi sarana untuk melengkapi kebutuhan. Dengan kita merasa butuh ngeblog, akhirnya kita nggak bisa kalau nggak menulis blog.

Pada akhirnya, dari kebutuhan bisa berubah menjadi kebiasaan. Saat kita nggak melakukan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan, maka pasti akan merasa ada yang kurang.

2. Temukan waktunya

Kalau sudah menjadi kebutuhan atau kebiasaan, maka kita tak lagi bisa hanya menulis blog seadanya waktu, sesempatnya. Saat kita hanya menulis waktu di saat senggang, maka percaya deh, prioritasnya akan tergeser terus dengan manis.

Agar lebih konsisten, akan lebih baik kalau teman-teman menemukan dan membuat waktu yang paling pas untuk menulis blog. Jangan menulis di waktu senggang, atau menyisihkan waktu untuk menulis. Dijamin deh, nggak akan ada waktu.

Tapi kalau kita bisa menemukan dan membuat waktu yang pas (karena waktu produktifnya setiap orang itu beda-beda), maka menulislah saat waktu itu tiba.

Misalnya, jam paling enak untuk menulis buat saya itu subuh. Karena anak-anak belum bangun, dan pikiran saya sudah fresh karena sudah semalaman beristirahat. Waktu subuh itu saya tak melakukan hal lain selain menulis. Satu dua jam sudah cukup. Semakin sering dan rutin dilakukan, semakin banyak yang bisa kita hasilkan dari satu dua jam itu saja.

Jadi, temukanlah waktu menulis blog yang paling pas untuk teman-teman, dan berdisiplinlah menulis di waktu-waktu tersebut.

3. Selalu siap

Permasalahan kedua yang biasanya terjadi dan bisa banget menjadi penyebab mandeknya bloger menulis adalah ide. Banyak tuh yang mengaku susah mendapatkan ide.

Ada nih cara paling efektif untuk menemukan ide menulis di web Indoblognet ini. Silakan ditengok yah. Semuanya sudah ada di sana.

Pada intinya, kita hanya harus siap dan berlatih peka menangkap ide. Semakin sering dilakukan, semakin peka dan banyak kita bisa menangkap ide menulis. Semakin banyak dituangkan, ide akan semakin banyak muncul dan semakin sering. Jadi, jangan sayang-sayang sama ide menulis. Begitu ada, langsung catat dan eksekusi menjadi tulisan utuh.

Kalau dia cuma dianggurin, disimpen doang di catatan, dijamin nih si ide malah menguap dan nggak akan pernah jadi tulisan. Kenapa? Karena dikalahkan oleh mood dan momen. Moodnya sudah lewat, atau momennya sudah nggak pas lagi.

Jadi, berlatih peka menangkap ide, dan cepat pula dieksekusi. Semakin banyak ide dituangkan dalam tulisan, semakin banyak dan cepat pula ia datang.

4. Singkirkan pengganggu

Nah, ini ada kaitannya dengan poin nomor 2, yaitu menemukan waktu yang pas. Saat kita sudah menemukan dan membuat waktu untuk menulis blog, maka singkirkan semua pengganggu.

Bentuk pengganggu ini juga beda-beda sih untuk setiap orang. Buat saya pribadi, bisa jadi adalah chat WhatsApp. Hehehe. Tapi ya untungnya sih, waktu menulis blog saya adalah subuh. Jadi belum terlalu banyak chat WhatsApp yang masuk.

Jadi, temukan bentuk pengganggu konsentrasi menulis kita, lalu jauhkan selama waktu kita menulis blog.

5. Nikmati!

Yang terakhir, adalah nikmatilah aktivitas ngeblog kita semaksimal mungkin. Konon katanya, kalau sudah passion, susah senang pasti akan dilakukan. Susah gampang, akan dijalani. Betul nggak sih?

Jadi, kalau kita merasa ngeblog ini berat banget. Bebannya banyak. Sulit betul. Kok mau ngapa-ngapain susah, maka mungkin passion kita bukan ngeblog. Kalau memang bukan passion, ya sudah sampai kapan pun tidak akan bisa dinikmati. Ngeblog akhirnya akan dijalani dengan berat, dengan terpaksa.

Kalau ngeblog terpaksa, ya pantas saja setelah 3, 6, 12 bulan dan seterusnya semangat ngeblog semakin kendur. Lebih baik cari kegiatan lain yang lebih membahagiakan bukan?

Nah, selamat ngeblog dengan bahagia ya! Jalani semua dengan hati senang dan ringan.

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • SEO Knowledge – Write Better CONTENT 😍
.
Guys, writing content should above all else be pleasant for you, okay 😉 Then you can create epic content that will appeal to your readers and become popular
.
Millions of articles have already been written, and thousands of new articles appear every day
.
Always create your content with a specific strategy in mind 🤓
.
You’ll get help from:
.
✔ Keyword/topic research
✔ Evaluating keyword competition
✔ On-page SEO
✔ Link building (hint: friendship!)
.
When you create content, always do some research. Find keywords over which you can compete 🕵
.
Try to create the best content possible in order to leave your competitors far behind. Conduct additional research, and your experience will give you an edge
.
Learn the intents of your users. Determine what they want to get and what problem they are trying to solve 🤔
.
It’s important to create better content that will excite your readers. So they won’t feel the need to search for other websites or additional information
.
Always try to give the most exhaustive and relevant answers. This will be valued by both your readers and search engines ❤
.
Search traffic doesn’t depend on how often you publish new content. It depends on the quality of the content, and how it’s promoted
.
So create the best possible content and share it with the world, Guuuys!! 🎉🎉
.
Credit: meerakothand.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top