Gaya Hidup

5 Tips Mengisi Liburan Murah Meriah

Sudahkah anda merencanakan liburan akhir tahun? Liburan selau dinanti di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Mungkin bagi beberapa orang libur panjang atau tidak hampir tidak ada bedanya. Karyawan atau pekerja dengan gaji pas-pasan dan peraturan yang membatasi prosedur pengambulan hak cuti, ibu rumah tangga tanpa asisten atau anak-anak yang belum sekolah misalnya tak merasakan perbedaan signifikan ada atau tidak ada liburan. Rekreasi atau wisata kuliner? Butuh duit yang tak sedikit. Mengunjungi sanak saudara di luar kota yang cukup jauh jaraknya selain memerlukan biaya juga butuh beberapa hari cuti. Bagi ibu rumah tangga yang menghadapi keterbatasan anggaran, liburan bisa jadi menimbulkan masalah jika wajib dijalani dengan rekreasi ke obyek-obyek wisata khusus.

Pssst segala alasan dan tetek bengek tersebut tak berarti karyawan gaji pas-pasan atau ibu rumah tangga tak boleh menikmati liburan. Liburan tetap dibutuhkan untuk menjaga “kewarasan” Bukan omong kosong jika hidup tanpa liburan adalah pangkal dari stress dan penuh tekanan. Bayangkan aktivitas kita seperti gerakan mesin atau robot terus menerus tiada henti. Pasti akan lebih cepat menimbulkan kerusakan. Ibu-ibu juga perlu merasakan liburan. Setidaknya saat liburan sekolah pekerjaan ibu bisa agak santai. Tidak terburu-buru menyiapkan sarapan dan bekal. Tidak perlu menempuh jarak tertentu untuk menjemput sekolah (bagi yang bertugas antar jemput anak sekolah) Mungkin juga tak perlu mengeluarkan uang jajan? (hehehe sepertinya yang ini mustahil) Itulah mengapa liburan panjang selalu dinantikan.

“Tapi rekreasi, wisata, jalan-jalan butuh biaya boss” Eits tunggu dulu. Ada cara menghabiskan liburan tanpa biaya gede tapi cukup mengasyikkan. Berikut ini adalah beberapa tips mengisi liburan dengan menyenangkan bersama si kecil dan keluarga.

1. Membaca buku

Buku adalah sarana menghibur dan menambah pengetahuan yang paling mudah. Soal harga, tergantung penilaian masing-masing pribadi. Tetapi andai buku-buku bagus harganya relatif mahal ada saat berburu buku-buku diskon gede. Event seperti Big Bad Wolf, Gramedia Big Sale atau expo dan pameran buku lainnya adalah saat tepat berburu buku dari segala genre. Nah menjelang liburan biasanya sering diadakan expo dan pameran buku di beberapa kota. Inilah saat berburu. Ajak si kecil untuk memilih buku yang menarik minatnya. Pastikan ia benar-benar membaca dan menikmati manfaatnya.

2. Bermain permainan ketangkasan atau permainan pikiran

Di masa kecil saya dulu libur panjang adalah saat mengumpulkan permainan yang melibatkan banyak orang. Seperti main bekel, gobak sodor, benteng-bentengan atau monopoli. Permainan yang melibatkan lebih dari tiga orang ini akan terasa mengasyikkan sebab mengasah otak, melatih ketahanan fisik dan mental sekaligus menjalin keakraban.

3. Menonton DVD

Libur panjang, dompet cekak ngapain dong? Sewa DVD atau saling tukar koleksi DVD kan bisa? Nonton film DVD nggak mesti film baru bukan? Film yang belum pernah ditonton (atau buku yang belum pernah dibaca) selalu menjadi hal baru yang menarik untuk dinikmati. Namun memilih DVDnya pun perlu hati-hati. Perhatikan label peringatan atau sensor film. Paling aman nonton DVD film perjuangan, syiar agama berbumbu sejarah atau film animasi anak-anak seperti Jungle Books.

4. Jalan-jalan di obyek khusus di dalam kota

Taman kota, tepi sawah adalah tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sungguh beruntung kota-kota yang telah dilengkapi dengan fasilitas taman bermain atau taman yang berfungsi sekaligus sebagai hutan kota. Sarana rekreasi paling murah dan mudah diakses dari rumah. Di kota kecil seperti Sidoarjo misalnya jalan-jalan ke museum Mpu Tantular cukup menyenangkan bagi anak-anak.

5. Belajar wirausaha

Liburan saatnya bagi emak-emak praktek resep baru. Sekaligus mengajak si kecil belajar wirausaha. Asik kan kalau bisa berjualan kue kecil hasil praktek. Si kecil bagian mengemas atau menjajakan. Tapi jangan dipaksakan kalau dia ogah. Paling tidak ajak si kecil praktek memasak agar ada kegiatan baru yang belum pernah dilakukan di hari-hari sekolah.

Kira-kira liburan kali ini kegiatan mana yang akan anda lakukan bersama si kecil? Sepertinya kelima pilihan tersebut bisa dilakukan secara bergantian dan akan terasa mengasyikkan

Image source: pixabay.com

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Assalamu'alaikum sahabat Indoblognet 😀
.
Selamat tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 H ❤❤❤
.
Semoga di tahun ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik, lebih banyak memperoleh keberkahan, dan kesuksesan, Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'alamin
.
#indoblognet #mbcommunication #islamicnewyear #muharram1439 #menjadibaik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top