Inspirasi

5 Tips Menentukan Role Model yang Sesuai Karaktermu

Tips Menentukan Role Model Yang Sesuai Dengan Karakter Diri Sendiri

Role model atau yang biasa disebut panutan hidup memang sangat diperlukan sekali untuk kehidupan setiap orang. Selain jadi motivator untuk diri sendiri, kadang role model secara tidak langsung membangkitkan alam bawah sadar kita untuk melakukan hal positif supaya meraih kesuksesan. Role model setiap orang bisa lebih dari satu dan tidak harus selalu yang sukses dari bidang wirausaha. Bisa saja yang jadi panutan adalah kakak kelas sendiri yang sukses meraih juara lomba nasional. Dengan begitu kita akan terpacu semangatnya untuk rajin belajar.

Namun kita sering bingung dalam menentukan siapa yang jadi panutan hidup. Karena setiap role model pasti memiliki karakter berbeda dan punya kelebihan serta kekurangan. Untuk itu kita akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk menentukan role model dalam hidup kita, simak penjelasannya berikut ini.

Pertama: Know Yourself

Know yourself atau kenali diri sendiri terlebih dahulu. Sebelum melangkah lebih jauh, lebih baik ketahui dulu bagaimana karakter anda. Coba analisa apa yang jadi kekurangan anda dan juga apa yang jadi kelebihan sehingga bisa dimaksimalkan. Selain itu, tulis semua mimpi dan tujuan hidup anda. Setelah itu, tuliskan langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai itu semua.

Secara tidak langsung, anda bakal tahu apa yang jadi passion hidup anda. Memang untuk tahu apa passion kita butuh waktu yang lama. Namun tidak ada salahnya jika membicarakan hal ini dengan teman dekat, sahabat, saudara, atau orang tua. Dengan begitu anda akan tahu apa dan bagaimana diri anda sebenarnya.

Kedua: Cari Tahu Orang yang Sukses dalam Setiap Bidang

Ada pepatah yang mengatakan “sukses itu fokus”. Artinya kalau kita ingin sukses maka harus bisa fokus pada satu bidang itu saja. Tekuni dan kerjakan dengan sabar setiap hari, maka anda bisa sukses.

Begitu pula dengan orang yang sukses pada bidangnya masing-masing. Misalnya sukses dalam bidang bisnis, teknologi, pendidikan, politik, maupun olahraga.

Tugas anda kali ini hanya mencari tahu saja siapa orang sukses dalam setiap bidang. Seperti Cristiano Ronaldo yang sukses dalam karir sepak bola. Dari dalam negeri juga ada Bapak Presiden Jokowi yang sukses dalam bidang politik. Orang seperti ini selalu fokus untuk meraih kesuksesannya.

Ketiga: Memilah antara Sifat Positif dengan Sifat Negatif

Orang sukses juga tidak jauh beda dengan orang pada umumnya yang memiliki sifat positif dan sifat negatif. Namun biasanya sifat negatif itu akan hilang ditelan waktu karena tergerus oleh prestasinya yang mentereng. Untuk itu anda hanya perlu memilahnya saja, kumpulkan sifat yang baik dari orang-orang sukses. Kalau perlu dicatat supaya selalu ingat.

Tinggal selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja seperti sifat pantang menyerah, inovatif, dan juga tegas dalam mengambil tindakan. Ini semuanya hanya contoh kecil saja. Yang terpenting adalah mulai praktek. Ingat kesuksesan tidak datang secara instan dan semua itu butuh proses. Kerja keras anda akan terbalaskan dengan prestasi yang luar biasa.

Keempat: Pelajari Kisah Hidup Orang Sukses

Setiap orang sukses pasti memiliki cerita yang berbeda. Jangan hanya dibaca mengenai kisah hidup mereka. Tapi anda juga harus bisa mengambil pelajaran hidupnya. Semua orang sukses itu pasti mengalami kegagalan. Karena dari kegagalan itulah mereka belajar bagaimana cara untuk bangkit dari keterpurukan. Kalau tidak bangkit, maka selamanya bakal berada dibawah.

Proses hidup seperti inilah yang paling menarik. Keterpurukan, kebangkrutan, penolakan, hingga ditipu sudah menjadi hal biasa bagi orang sukses. Terutama bagi para pengusaha, masalah finansial bukanlah hal baru lagi. Hal semacam ini sudah jadi resiko jika ingin sukses melalui usaha sendiri. Kalau ingin gaji tetap setiap bulan, lebih baik jadi karyawan yang kerjanya diatur bos.

Kelima: Be Yourself

Tips kelima sekaligus yang terakhir ini adalah poin paling penting, jadilah diri sendiri. Jangan pernah berusaha menjadi seperti role model anda. Karena itu tidak mungkin dan tidak akan bisa. Setiap orang dicipatakan oleh Tuhan dengan ciri-ciri yang berbeda dan mempunyai karakter masing-masing. Orang kembar identik saja belum tentu sama, apalagi yang sama sekali tidak ada hubungan darah.

Cukup ambil karakter positifnya dari role model yang anda pilih. Setelah itu tentukan jalan kesuksesan anda sendiri. Tekuni passion anda dengan sabar. Suatu hari nanti kesuksesan akan menghampiri anda.

 

 

 

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @anisa.dee (@get_repost)
・・・
Pagi 😆😆😆 Mobil apa yang dimiliki saat ini? Saya baru punya Toyota Kijang, meski sudah 15 tahun usianya tp masih mampu dibawa jalan jarak jauh loh.

Ada yg sudah kenal dengan K-LINK Engine Power apa belum?

Saya baru kenal 1 bulan terakhir ini, di kotaknya dijelaskan K-LINK Engine Power merupakan Oil Additive yang bisa membersihkan seluruh ruang mesin hingga ke celah-celah terkecil, mengikat kotoran dalam ruang mesin, dan selanjutnya kotoran mesin dibuang melalui gas buang kendaraan.

Hasilnya akan meningkatnya performa mesin serta menghasilkan penggunaan bahan bakar minyak yang semakin minim/irit.

K-LINK Engine Power memiliki 7 Keunggulan yaitu:
1. Membuat BBM irit 10% – 50%
2. Membuat umur oli lebih panjang 50%
3. Meningkatkan performa mesin
4. Menjadikan mesin halus dan ringan
5. Menjaga suhu mesin tetap stabil
6. Menurunkan emisi gas buang
7. Menjadikan mesin bersih dan terawat

Mengetahui keunggulannya, tanpa ragu saya pakai dong untuk mesin mobil saya, cara pakainya: 10ml K-LINK Engine Power dapat digunakan untuk 1 liter oli 
K-LINK Engine Power ini dapat digunakan untuk SEMUA JENIS oli mesin, bensin maupun diesel, transmisi manual maupun matik.

Kondisi mobil saya lebih prima dan lebih awet dalam penggunaan BBM saat ini loh.

@klink_indonesia_official
@Indoblognet
#Klinksolusihidupmu
#Klinkmember15olusi

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top