Menulis Yuk

5 Tips Memilih Stroller Bayi

Bingung pilih-pilih kado untuk mengunjungi ibu dengan bayi baru lahir? mungkin Stroller adalah pilihan yang tepat. Stroller adalah salah satu perlengkapan bayi yang seringkali dianggap hal wajib dimiliki pasangan suami istri yang baru saja dikaruniai seorang bayi. Berbagai model stroller atau kereta bayi bisa ditemui di toko perlengkapan bayi. Bahkan toko online pun tak ketinggalan menawarkan stroller di etalase dunia maya. Pilihannya beragam, bisa berdasarkan ukuran dan tahapan perkembangan bayi atau jenis kelamin sang bayi. Ada stroller berukuran kecil dan praktis. Ada stroller besar yang bisa dipakai hingga si bayi berumur delapan bulan.

Stroller dianggap praktis dan efisien untuk membantu meringankan pekerjaan orang tua untuk membawa bayi mobile dalam suatu perjalanan. Membawa bayi berjalan-jalan di taman sekedar menikmati sinar matahari dan hawa segar udara, berbelanja di mall dan keluar masuk swalayan, bepergian saat mudik lebaran atau rekreasi di tempat wisata terasa lebih ringan dengan memanfaatkan stroller. Sang bayi tinggal diletakkan di dalam stroller. Ayah atau ibu tidak perlu susah dan payah menggendong. Sebuah cara praktis dan tidak ribet, bayi tetap nyaman dan tak perlu naik turun gendongan.

Namun kemudian timbul kekhawatiran adakah penggunaan stroller cukup aman bagi bayi untuk jangka waktu lama? Menurut penelitian secara medis stroller tidak berpotensi menganggu kesehatan bayi atau mempengaruhi struktur tulang punggungnya. Berbagai pilihan stroller baik jenis, ukuran dan bentuk yang bervariasi membantu meminimalisir resiko atau dampak negatif terhadap bayi. Namun perlu diperhatikan beberapa hal penting yang perlu menjadi bahan pertimbangan saat menggunakan jasa stroller.

Tips-Tips Memilih Stroller

Stroller digunakan untuk mempermudah tugas ayah dan ibu dalam membawa bayi untuk keperluan mobile. Tetapi perlu diperhatikan agar sang bayi juga mendapatkan kenyamanan dan keamanan ketika harus berada di dalam stroller. Beberapa hal berikut ini perlu menjadi perhatian ketika menggunakan stroller:

1. Hindari menempatkan bayi di dalam stroller terlalu lama.

Bayi juga perlu berbaring bebas untuk belajar merangkak dan bergerak. Menggendong bayi juga merupakan salah satu cara menstimulasi serta merekatkan ikatan batin antara bayi dan orang tuanya. Manfaatkan stroller untuk mempermudah tugas menggendong sementara namun di waktu-waktu senggang ajaklah ia bermain sebagai bentuk stimulasi.

2. Waspada menggunakan stroller

Tetap waspada ketika membawa bayi menggunakan stroller apalagi jika berada di tempat umum dan tempat berpijaknya landai atau licin sebab roda stroller akan lebih mudah menggelinding. Umumnya stroller tersedia dalam dua pilihan dengan tiga atau lima tali harness. Demi keamanan bayi disarankan memakai lima tali harness.

3. Perhatikan posisi bayi dalam stroller

Pastikan si kecil berada di dalam stroller dengan nyaman. Periksa stroller sebelum meletakkan bayi. Bersihkan stroller dengan seksama barangkali ada hewan kecil berbahaya, mainan tajam di pucuknya dan benda-benda penyebab alergi pada bayi. Pilih stroller sesuai usia bayi. Jika stroller terlalu kecil sang bayi mungkin akan merasa sesak.

4. Waspadai ketika bayi tertidur di dalam stroller.

Berada dalam stroller yang nyaman, didorong ke sana kemari bisa membuat bayi terbuai dan tertidur lelap. Hindari menyelimuti bayi dengan selimut atau kain yang terlalu besar. Ketika bayi tertidur dan kain tersingkap angin kemungkinan bisa menutup daerah muka dan membahayakan pernapasan sang bayi.

5. Pilih bahan stroller yang aman dan nyaman.

Berdasarkan pertimbangan keamanan dan kenyamanan lebih baik memilih stroller berbahan material besi anti karat atau stainless dilengkapi karet beroda. Stroller dari bahan plastik lebih mudah aus dan rentan terhadap perubahan cuaca. Sehingga berpotensi membahayakan sang bayi jika tidak mampu menahan berat dan roda plastiknya bisa pecah dan keselamatan bayi terancam. Pilih stroller dengan cat yang tidak mudah terkelupas sebab bisa mengganggu kesehatan sang bayi yang berada di dalamnya. Periksa seluruh bagian stroller agar tidak ada bagian tajam yang menonjol, bantalannya cukup empuk dan nyaman, rodanya berfungsi dengan baik.

Selain nyaman untuk si bayi jangan lupa pilih stroller yang nyaman bagi orang tua. Peragakan posisi ketika mendorong stroller. Pastikan stroller bisa didorong dengan ringan, posisi bahu santai, leher tidak kaku dan tubuh tidak perlu membungkuk.

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top