Menulis Yuk

5 Pose Yoga yang Bikin Tubuh Bugar Meski Sedang Berpuasa

Olahraga adalah hal terakhir yang terbayang di otak kita saat melakukan puasa sunnah, entah puasa senin kamis atau puasa daud. Kondisi perut kosong, badan lemas, ditambah tenggorokan kering membuat kita enggan melakoni kegiatan yang menguras banyak energi. Kebanyakan orang berpikir, berolahraga disaat begini justru menurunkan stamina tubuh. Oleh karena itu kebanyakan orang memilih untuk berdiam diri ketika tengah menjalani puasa sunnah. Sebaliknya, anggapan itu justru kurang tepat.

Puasa bukanlah alasan untuk mengurangi aktifitas fisik. Agar tubuh tetap fit selama melakukan puasa, olahraga sangat dianjurkan. Tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaga, pilihlah yang ritmenya santai seperti yoga. Meski tidak memerlukan banyak tenaga, gerakan yoga membantu mengoptimalkan fungsi kelenjar getah bening dan sirkulasi darah. Efeknya proses detoksifikasi dalam tubuh akan berjalan lancar. Selain itu hormon endorfin yang keluar saat kita melakukan aktifitas olahraga justru mendorong kita untuk bersemangat dan bahagia.

Nah, pertanyaannya apakah tidak apa-apa beryoga dalam perut kosong? Jangan khawatir, justru ini lebih dianjurkan. Sebab yoga dalam kondisi perut kenyang selain membuat perut tidak nyaman juga menyulitkan Anda melakukan gerakan-gerakan.

Sekarang mari kita mulai ber-yoga dengan lima pose di bawah ini sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Cat Cow Pose
5c49be54d9fd68bdae55538e35668293

Tidak hanya meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh, pose yang terlihat lucu juga memiliki bermanfaat untuk melatih kekuatan otot perut dan menstimulasi organ tubuh seperti ginjal. Tidak hanya itu, gerakan ini juga ampuh mengusir rasa pegal dan sakit di bagian punggung.

Caranya, letakkan tangan dan lutut diatas matras. Atur letak lutut tepat dibawah pinggul. Usahakan punggung lurus. Setelah itu tarik napas, cekungkan punggung, lalu tahan sekitar 10 detik. Berikutnya keluarkan napas, renggangkan punggung seperti kucing, tahan selama 10 detik.

Child Pose
4a6cb770794a53fd3bc598e537cac08d
Selain mengurangi stres dan kelelahan, child pose membantu meningkatkan sirkulasi darah serta meredakan sakit di punggung dan leher. Bahkan bisa membantu menguatkan otot bagian pinggul, paha, dan mata kaki. Untuk melakukan pose ini mula-mula tariklah napas dalam-dalam, lalu berlutut diatas matras dengan kedua jempol kaki saling menyentuh. Buka lutut lebar-lebar dan sejajarkan dengan pinggul Anda. Letakkan dahi diatas matras, lalu tarik lengan ke depan hingga telapak tangan Anda menyentuh lantai. Bertahanlah dalam posisi ini selama 1-3 menit.

Reclining Bound Angle pose
6d88acba144442e109ae5f75dab2efe2
Pose yang juga dikenal sebagai pose kupu-kupu ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melenturkan sendi dan otot dalam paha, serta meningkatkan sirkulasi darah di perut bagian bawah. Tidak hanya itu, postur ini juga membantu Anda bernapas lebih baik sekaligus mengurangi kecemasan. Gerakan yoga ini diawali dengan berbaring santai di atas matras, luruskan kaki, dan letakkan tangan samping tubuh atau di atas kepala. Lalu pertemukan telapak kaki hingga ke pangkal paha dan pejamkan mata beberapa saat lamanya.

Viparita Karani
71f962c0cda2673b4f0d12475dbddf6e
Gerakan yoga ini kerap disebut Legs-Up-the-Wall Pose. Manfaatnya untuk mengurangi sakit kepala, meningkatkan energi tubuh, mengurasi kram karena haid, juga mengurangi sakit di bagian punggung bawah. Cara melakukannya dimulai dengan berbaring santai di atas matras. Kemudian angkatlah kaki dan sandarkan ke dinding, sementara kedua tangan diletakkan di samping tubuh.

Savasana
d2207e0913a1074fab5582ee60648ded
Pose ini merupakan pose pendinginan. Bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala, kelelahan, insomnia, stres, dan mengurangi tekanan darah. Caranya dengan berbaring santai diatas matras. Lalu hirup napas perlahan. Bebaskan pikiran anda, lakukan dengan rileks.

 

 

Images source: pinterest.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger dan Netizen Gorontalo, kalian keren ya ! Terima kasih atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official. 
Semoga makin sering diadakan event-event di sana. Netizennya semangat untuk belajar  dan berkembang. 
Proud...proud of you guys !! #bloggergorontalo #mbcommunication #klinksolusihidupmu #Klinkmember15olusi #indoblognet #kkidsomegaGorontalo

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top