Connect with us

Tips and Trick

5 Panduan Kurban di Masa Pandemi agar Aman dan Berkah

Published

on

panduan kurban di masa pandemi

Tak terasa ya, Insya Allah beberapa minggu lalu kita akan berjumpa kembali dengan hari raya Idul Adha. Meski pandemi virus Corona belum berakhir namun semangat beribadah tentunya tak boleh luntur, bukan? Yuk, simak beberapa panduan kurban di masa pandemi ini agar aman dan berkah.

Agar semakin semangat ibadah kurban, sebelumnya mari kita simak ulasan mengenai hikmah kurban di masa pandemi yang penting untuk Anda ketahui.

5 Hikmah Kurban di Masa Pandemi

Kurban merupakan bagian dari ibadah yang hanya ada di saat hari raya Idul Adha. Tentunya sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja bagi Anda yang mampu melaksanakannya. Dibalik ibadah kurban ini terselip banyak manfaat yang indah. Berikut berbagai hikmah kurban di masa pandemi ini:

1.    Mengingat ketakwaan Nabi Ibrahim Alaihis Salam

Hikmah kurban di masa pandemi yang pertama adalah untuk mengingat ketakwaan Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Ibadah kurban diawali dengan adanya perintah Allah kepada Nabi Ibrahim Alaihis Salam melalui sebuah mimpi untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail. Perintah ini sebenarnya merupakan ujian ketakwaan dan keimanan Nabi Ibrahim Alaihis Salam kepada Allah.

Nabi Ibrahim dan Ismail pun dengan rela serta ikhlas mematuhi perintah Allah. Namun, saat waktu pelaksanaan tiba dimana Ismail sudah siap disembelih, turunlah keajaiban Allah berupa seekor kambing yang menjadi pengganti Ismail untuk disembelih.

2.    Mengajarkan sikap dermawan

Mengajarkan sikap dermawan juga merupakan salah satu hikmah kurban di masa pandemi ini. Sebab saat Anda melaksanakan kurban sama halnya dengan Anda bersedekah. Dimana Anda perlu menyisihkan sebagian uang yang Anda miliki untuk melaksanakan kurban. Hal ini juga dapat menjauhkan Anda dari sifat kikir atau rakus terhadap materi.

Baca juga: 9 Ide Bingkisan Cantik untuk Hadiah Lebaran Tahun 2021

3.    Melatih kepekaan sosial

Hikmah kurban di masa pandemi yang berikutnya yaitu melatih kepekaan sosial. Dalam ibadah kurban terdapat ketentuan untuk membagikan sebagian besar daging kurban tersebut kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini menyadarkan kita bahwa harta yang kita miliki bukanlah milik kita melainkan hanya titipan dari Allah.

Maka sudah sepantasnya kita tidak bersikap tamak terhadap harta. Sebagian dari harta yang kita punya juga terdapat hak orang lain didalamnya yang perlu kita keluarkan lewat zakat dan sedekah. Melalui ibadah kurban artinya kita telah bersedekah, yaitu dengan membagi-bagikan daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

4.    Melatih sikap ikhlas

Selain itu, melatih sikap ikhlas juga termasuk salah satu hikmah kurban di masa pandemi ini yang akan Anda dapatkan. Sebagaimana kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih anak kesayangannya Ismail sebagai ujian dari Allah. Dan Nabi Ibrahim pun mematuhi perintah Allah dengan ikhlas.

Melalui ibadah kurban, Allah melatih keikhlasan kita. Melakukan ibadah hanya karena Allah semata. Meski saat ini kondisi pandemi bisa jadi membuat keuangan Anda menjadi berkurang, bukan berarti Anda tidak bisa melaksanakan kurban. Anda bisa menyisihkan sebagian harta Anda untuk kurban dan Allah pasti akan membalas keikhlasan Anda.

 “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

(Qur’an Surat Saba ayat 39).

5.    Sebagai bentuk syukur kepada Allah

Hikmah kurban di masa pandemi yang terakhir adalah sebagai bentuk syukur kepada Allah. Ibadah kurban yang dilakukan secara ikhlas dapat menjadi wujud syukur kita atas segala nikmat Allah. Dengan kurban kita jadi mengingat betapa banyaknya nikmat rezeki yang telah Allah berikan pada kita.

Demikian beberapa hikmah kurban di masa pandemi ini. Semoga hikmah-hikmah di atas menjadikan kita semakin bersemangat untuk melaksanakan ibadah kurban. Dan yang tak kalah penting juga untuk Anda ketahui adalah bagaimana tata cara kurban di masa pandemi ini. Di bawah ini akan diulas mengenai panduan kurban di masa pandemi.

5 Panduan Kurban di Masa Pandemi

Mengingat kondisi pandemi yang belum usai, tentunya ada beberapa hal yang wajib untuk Anda ketahui dan perhatikan dalam pelaksanaan kurban kali ini. Supaya ibadah Anda di hari raya Idul Adha ini tetap berkah dan aman, berikut ini panduan kurban di masa pandemi:

1.    Membeli hewan kurban di tempat yang terpercaya

panduan kurban di masa pandemi

Credit: theguidedone.org

Panduan kurban di masa pandemi yang pertama harus diperhatikan adalah tempat pembelian hewan kurban tersebut. Di masa pandemi ini tentunya Anda harus lebih memerhatikan apakah proses jual beli hewan kurban telah mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli hewan kurban:

  • Pastikan tempat Anda membeli hewan kurban bersih dan memerhatikan kesehatan hewan yang dijualnya.
  • Lakukan pemeriksaan suhu badan sebelum masuk ke tempat penjualan hewan kurban untuk memastikan bahwa setiap pengunjung dalam keadaan sehat.
  • Sebelum masuk pengunjung sebaiknya cuci tangan atau memakai hand sanitizer yang disediakan di tempat penjualan hewan kurban agar kebersihan tangan selalu terjaga.
  • Menjaga jarak saat berinteraksi di tempat penjualan hewan kurban. Hindari kontak fisik seperti bersalaman, dan lain-lain.
  • Membersihkan diri (mandi dan ganti pakaian) saat pulang ke rumah.

2.    Perhatikan tempat pemotongan hewan kurban

Setelah itu, panduan kurban di masa pandemi yang berikutnya yaitu memerhatikan tempat pemotongan hewan kurban. Dalam hal ini ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan:

  • Lokasi pemotongan hewan kurban sudah mendapat persetujuan dari dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan.
  • Di lokasi pemotongan hanya boleh dihadiri para panitia serta petugas dalam jumlah yang terbatas dan tidak boleh ada penonton untuk menghindari kerumunan.
  • Lokasi pemotongan hewan kurban dibagi menjadi dua area, yaitu area bersih dan kotor. Area kotor merupakan tempat penerimaan dan pengistirahatan hewan kurban, penyembelihan, hingga penanganan limbah hasil penyembelihan. Sedangkan area bersih adalah tempat penanganan daging kurban.

3.    Perhatikan kebersihan petugas dan panitia kurban

Memerhatikan kebersihan petugas dan panitia kurban juga termasuk salah satu panduan kurban di masa pandemi ini yang penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Petugas sebaiknya merupakan warga di lingkungan setempat. Jika berasal dari luar daerah wajib menyertakan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas.
  • Petugas wajib mengenakan masker dan dalam keadaan sehat.
  • Sebelum memasuki area pemotongan setiap petugas wajib dicek suhu tubuhnya.
  • Setiap petugas harus rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan hindari menyentuh mata, hidung, serta mulut.
  • Petugas yang bertugas di area kotor wajib mengenakan masker, face shield, sarung tangan sekali pakai, apron, serta sepatu

4.    Tata cara kurban dilakukan sesuai SE Menag

Panduan kurban di masa pandemi juga wajib memerhatikan tata cara kurban sesuai ketentuan SE Menag (Surat Edaran Menteri Agama) Nomor 15 Tahun 2021 berikut ini:

  • Penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam kurun waktu tiga hari, yaitu Tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga di tempat pelaksanaan kurban.
  • Pemotongan hewan kurban sebaiknya dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). Pemotongan hewan kurban bisa dilakukan di luar RPH-R dengan syarat protokol kesehatan yang ketat.
  • Kegiatan penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban kepada warga masyarakat yang berhak menerima, wajib memerhatikan protokol kesehatan yang ketat
  • Penggunaan seluruh alat dalam proses pemotongan hewan tidak boleh dilakukan bergantian
  • Kegiatan pemotongan hewan kurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban serta disaksikan oleh orang yang berkurban.
  • Pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia kepada warga di tempat tinggal masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

5.    Berkurban secara online

Panduan kurban di masa pandemi yang terakhir adalah pilihan untuk berkurban secara online jika hal-hal yang disebutkan diatas sulit untuk dilaksanakan. Maka ini menjadi pilihan yang paling aman. Di masa pandemi ini berkurban secara online tidak hanya lebih mudah, tapi juga lebih aman untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

Namun, yang wajib diperhatikan jika Anda ingin berkurban online yaitu pilih lembaga atau yayasan yang telah terpercaya mengelola kurban, mulai dari proses pemilihan hewan kurban, pemotongan, hingga pendistribusiannya. Selain itu, lembaga atau yayasan tersebut juga harus memberikan laporan kurban yang jelas dan detail.

Itulah beberapa panduan kurban di masa pandemi ini yang penting untuk Anda laksanakan. Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha. Semoga semua ibadah kita berkah, ya. Aamiin.

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer