Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

5 Olahraga yang Mudah Dilakukan di Rumah untuk Wanita

  • Bagikan
Olahraga yang mudah dilakukan dirumah

Sudahkah Anda rutin berolahraga setiap harinya? Olahraga tak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat saja, lho. Olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental hingga kecantikan. Pada artikel kali ini akan dibahas lengkap berbagai manfaat olahraga serta jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita. Jangan sampai kelewat ulasan serunya, ya! Selamat membaca 🙂

 

7 Manfaat Olahraga untuk Wanita

Jika Anda ingin lebih sehat dan bahagia, mulai sekarang olahraga perlu jadi aktivitas wajib untuk dilakukan secara rutin. Nah, supaya Anda semakin semangat olahraga, ketahui terlebih dahulu berbagai manfaat olahraga untuk wanita berikut ini.

1.   Tubuh lebih sehat berenergi

Ini merupakan manfaat olahraga untuk wanita yang pertama akan Anda peroleh. Manfaat utama dari olahraga tentunya untuk membuat tubuh Anda jadi lebih sehat berenergi. Rutin olahraga akan membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus Corona yang saat ini sedang melanda Indonesia.

Dengan tubuh yang lebih berenergi akan membuat Anda lebih produktiv. Sebab Anda jadi tidak mudah lelah dalam beraktivitas sehari-hari. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan senyawa endorphin ke dalam darah yang akan membantu memberi asupan energi pada tubuh Anda. Jadi, jika Anda ingin lebih berenergi sepanjang hari maka jangan lewatkan waktu untuk olahraga secara rutin.

Baca juga: Sejarah Peringatan Hari Olahraga Nasional yang Menarik untuk diKetahui

2.   Menjaga berat badan ideal

Manfaat olahraga untuk wanita yang berikutnya yaitu membantu menjaga berat badan yang ideal. Banyak wanita yang mendambakan berat badan serta bentuk tubuh yang ideal, bukan? Olahraga bisa jadi solusi yang tepat, nih.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat berat badan Anda jadi lebih seimbang. Olahraga juga bisa menambah massa otot agar bentuk tubuh Anda jadi lebih ideal. Begitupun bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, olahraga bisa membantu tubuh jadi lebih langsing, lho.

Tentunya untuk menurunkan berat badan Anda juga perlu menjaga asupan makanan, ya. Sebab menurunkan berat badan hanya dengan cara olahraga saja hasilnya tidak akan optimal.

3.   Lebih semangat dan bahagia

Lebih semangat dan bahagia juga merupakan salah satu manfaat olahraga untuk wanita. Penelitian membuktikan bahwa olahraga bisa menghasilkan hormon endorfin serta oksitosin yang membuat Anda jadi lebih bahagia dan bersemangat. Jika Anda ingin lebih bersemangat menjalani aktivitas harian Anda, cobalah untuk berolahraga di pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas lainnya.

4.   Mengurangi berbagai keluhan pada tubuh

Anda memiliki berbagai keluhan pada tubuh seperti pegal-pegal, PMS (Pra Menstruasi Sindrom), nyeri di bagian tubuh, badan mudah letih, dan lain-lain? Cobalah rutin berolahraga. Sebab olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu menjaga tubuh tetap sehat dan prima. Tubuh yang sehat dan prima tentunya tidak memiliki banyak keluhan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Olahraga mungkin tidak menghilangkan berbagai keluhan pada tubuh Anda secara keseluruhan. Namun, olahraga setidaknya akan membantu mengurangi keluhan tersebut. Misalnya, bagi Anda yang sering mengalami PMS, olahraga rutin akan membantu mengurangi gejala-gejala PMS yang mengganggu. Sehingga Anda bisa tetap beraktivitas dengan optimal.

5.   Tidur lebih nyenyak

Manfaat olahraga untuk wanita ternyata juga berdampak pada kualitas tidur, lho. Ya, olahraga dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak akan membuat Anda bangun lebih segar di pagi hari.

Tapi sebaiknya hindari olahraga rutin menjelang tidur, apalagi untuk jenis olahraga tertentu yang membuat Anda terlalu aktif bergerak. Hal ini justru akan mengganggu kualitas tidur Anda. Waktu paling baik untuk olahraga adalah di pagi hari. Jika Anda tidak sempat olahraga di pagi hari, Anda bisa melakukannya di siang atau sore hari.

Kalaupun Anda ingin melakukan olahraga sebelum tidur, Anda bisa lakukan yoga dengan gerakan-gerakan yang lembut dan menenangkan. Ada beberapa pose/gerakan yoga yang memang bisa dilakukan sebelum tidur.

6.   Mengurangi stress

Manfaat olahraga untuk wanita juga berpengaruh pada kesehatan mental (pikiran). Mereka yang rutin olahraga akan lebih mudah untuk mengelola pikiran yang positif. Hasilnya, dengan pikiran yang positif ini tingkat stres Anda pun jadi berkurang.

Dengan berolahraga dapat membantu melepaskan energi negatif dari tubuh dan pikiran Anda. Sehingga Anda bisa lebih rileks dalam menjalani hidup dan tidak mudah stres. Rutin olahraga juga membantu Anda berpikir lebih jernih, lho.

7.   Membuat kulit lebih sehat dan awet muda

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh dan pikiran saja, kulit yang lebih sehat dan awet muda juga termasuk manfaat olahraga untuk wanita. Sebab saat berolahraga Anda akan mengeluarkan keringat yang dapat membantu membuat kulit jadi lebih bersih dan sehat.

Ya, keringat ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Keringat dapat mendorong keluarnya kotoran dari pori-pori kulit serta membuat sirkulasi darah lebih lancar. Hal inilah yang kemudian akan membuat kulit Anda jadi lebih segar dan terlihat awet muda.

Demikian berbagai manfaat olahraga untuk wanita. Tapi ingat semua manfaat tersebut tentunya akan Anda dapatkan jika Anda berolahraga secara rutin, ya. Usahakan agar Anda berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita.

 

5 Olahraga yang Mudah Dilakukan di Rumah untuk Wanita

Mengingat banyaknya manfaat yang akan Anda peroleh dari rutin olahraga, tentunya sayang jika aktivitas yang satu ini dilewatkan begitu saja. Olahraga termasuk salah satu kunci hidup sehat dan bahagia. Yuk, coba olahraga yang mudah dilakukan di rumah berikut ini!

1.   Stretching

Stretching alias peregangan merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita. Olahraga yang satu ini termasuk olahraga yang sederhana dan tidak sulit untuk dilakukan. Meski begitu, peregangan tubuh yang dilakukan dengan benar dan tepat secara rutin akan membantu otot-otot tubuh lebih rileks dan lentur. Sehingga tubuh Anda bisa berfungsi lebih optimal.

2.   Yoga

Yoga juga termasuk jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita. Tak heran jika olahraga yang satu ini banyak digemari, khususnya oleh kaum wanita. Sebab selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, yoga juga termasuk olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Anda bisa mulai dari yoga yang khusus untuk pemula.

3.   Berjalan

Jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah berikutnya yaitu berjalan. Meski kelihatannya sepele, faktanya olahraga berjalan kaki juga bisa membantu tubuh lebih sehat, lho. Anda bisa berjalan berkeliling di sekitar rumah jika rumah Anda cukup luas. Namun jika rumah Anda sempit, Anda juga bisa coba olahraga jalan di tempat.

4.   Berlari

Selain berjalan, berlari juga merupakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita. Sama halnya dengan olahraga berjalan kaki, Anda bisa berlari berkeliling disekitar rumah atau berlari di tempat. Mudah sekali, bukan? Anda bisa melakukannya di kamar atau di teras rumah Anda.

5.   Skipping

Skipping merupakan jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah yang terakhir dalam daftar ini. Berbeda dengan keempat jenis olahraga yang sebelumnya, untuk olahraga yang satu ini Anda membutuhkan alat skipping. Olahraga yang satu ini termasuk sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tapi ampuh lho untuk membakar lemak dalam tubuh, sehingga berat badan Anda lebih ideal.

Itulah beberapa jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah untuk wanita. Yuk, langsung dicoba, ya! Anda bisa mulai dari waktu yang kecil terlebih dahulu, misalnya 15 menit setiap harinya. Tapi usahakan untuk dilakukan secara rutin 🙂

 

Credit image: dreamstime.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan