Indo Blog Net

Kecantikan

5 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami

Kosmetik Berbahan Alami

Penggunaan kosmetik saat ini tidak hanya akrab bagi kalangan wanita saja, kaum pria pun banyak yang sudah akrab dengan kosmetik. Kosmetik bukan hanya berfungsi memperindah penampilan saja lho, tapi juga untuk kesehatan kulit. Namun untuk memperoleh manfaat kesehatan dari penggunaan kosmetik, sebaiknya pilihlah kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Pengertian Kosmetik Berbahan Alami

Kosmetik berbahan alami adalah produk kecantikan yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa ada tambahan bahan kimia didalamnya. Namun di pasaran saat ini banyak juga kosmetik yang berlabel alami atau mengklaim produknya alami, akan tetapi masih terdapat kandungan bahan kimia didalamnya. Artinya, produk tersebut tidak 100 persen alami karena dicampur menggunakan bahan kimia.

Untuk mengetahui apakah produk tersebut alami atau tidak, coba cek komposisinya yang tertera di label kemasan. Kosmetik berbahan alami semestinya tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti paraben, ethyl acetate, potassium hydroxide, peytrochemicals, dan lain-lain. 

Ada pula beberapa merek kosmetik yang memakai nama latin dalam menuliskan bahan-bahan alaminya. Misalnya, cocos nucifera untuk menyebut minyak kelapa, rosmarinus officinalis untuk rosemary, atau lavandula angusttifolia untuk bunga lavender, dan sebagainya. 

Manfaat Kosmetik Berbahan Alami

Kosmetik berbahan alami tentunya memiliki banyak keunggulan dibanding kosmetik berbahan kimia. Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan kosmetik alami, karena terbukti memberikan hasil yang lebih baik bagi kesehatan kulit. 

Selain itu, sebenarnya kosmetik berbahan alami ini sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Dulu kaum wanita menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari alam untuk kecantikan, seperti aneka buah-buahan, berbagai macam bunga, garam, dan lain-lain.

Mari ulas lebih lanjut mengenai manfaat kosmetik berbahan alami!

1. Menyehatkan kulit

Kosmetik berbahan alami tentunya lebih baik daripada yang berasal dari bahan-bahan kimia. Bahan-bahan alami yang berasal dari alam mempunyai manfaat yang tidak diragukan lagi untuk kesehatan kulit. Karena apa yang dihasilkan alam merupakan ciptaan Allah, sedangkan bahan-bahan kimia merupakan buatan manusia.

Baca juga: Tips Memilih Bedak Padat yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Bahan-bahan alami ini memiliki kemampuan untuk menutrisi kulit agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik. Tentu saja bahan-bahan alami ini juga harus diolah dengan cara yang tepat untuk menghasilkan produk kosmetik yang berkualitas.

2. Tidak ada efek samping 

Kosmetik berbahan alami bisa meminimalisir terjadinya efek samping pada kulit, karena di dalamnya tidak terdapat bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa merusak kulit.

Salah satu bahan kimia yang banyak terdapat pada kosmetik, namun sebenarnya bisa menimbulkan efek negatif pada kulit adalah paraben. Paraben ini merupakan bahan pengawet sintetis yang digunakan untuk memperpanjang masa kadaluarsa produk kosmetik. 

Akan tetapi, paraben ini berisiko menimbulkan efek samping. Apalagi jika kita menggunakan kosmetik sepanjang hari, dan banyak kosmetik yang kita gunakan terdapat kandungan paraben di dalamnya. Jumlah paraben yang berlebihan inilah yang bisa menimbulkan efek samping. 

Jika kita ingin produk yang lebih aman tanpa efek samping, sebaiknya gunakan kosmetik berbahan alami yang bebas dari pengawet sintetis seperti paraben. 

3. Aman bagi kulit sensitif

Bagi kalian pemilik kulit sensitif bisa jadi kesulitan mendapatkan kosmetik yang benar-benar cocok dan nyaman di kulit. Pemilik kulit sensitif biasanya rentan terkena jerawat, gatal ataupun kemerahan pada kulit. Apalagi jika kulit bersentuhan dengan kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia.

Baca juga: Tips Memilih Bedak Tabur untuk Kulit Wajah Sensitif

Racun yang terkandung dalam bahan-bahan kimia ini bisa menimbulkan reaksi pada kulit sensitif, seperti timbulnya jerawat, gatal dan kemerahan. Sedangkan produk kosmetik berbahan alami tidak mengandung racun sehingga lebih aman dan nyaman digunakan pada kulit sensitif.  

4. Memberikan hasil yang optimal

Kosmetik berbahan alami lebih optimal memberikan manfaatnya bagi kulit. Meskipun untuk melihat hasilnya perlu dalam jangka waktu lebih lama dibanding hasil yang diperoleh dari penggunaan kosmetik berbahan kimia. Manfaat optimal dari kosmetik berbahan alami ini akan terlihat jika digunakan secara rutin dan teratur. 

Produk kosmetik berbahan kimia cenderung hanya memberikan manfaat dalam jangka pendek (khususnya selama produk digunakan). Sedangkan kosmetik berbahan alami dapat memberikan efek kecantikan yang lebih tahan lama / untuk jangka panjang.

5.  Ikut melestarikan alam

Kosmetik berbahan alami ini selain aman bagi kulit, namun juga aman bagi lingkungan (ramah lingkungan). Bahan-bahan alami tidak menimbulkan efek negatif pada lingkungan. Berbeda dengan produk kosmetik berbahan kimia yang bisa merusak lingkungan karena menghasilkan limbah. 

Selain itu, produk kosmetik berbahan alami biasanya langsung diujicobakan pada manusia, bukan pada hewan sebagaimana halnya kosmetik berbahan kimia. Berarti, secara tidak langsung jika kita menggunakan kosmetik berbahan alami, kita sudah ikut serta melestarikan alam.

Tips Memilih Kosmetik Berbahan Alami

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat kosmetik berbahan alami, selanjutnya kita juga perlu tahu bagaimana tips memilih kosmetik berbahan alami. Jangan sampai salah beli ya, karena saat ini di pasaran banyak juga beredar kosmetik palsu yang membahayakan kulit. Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini saat memilih kosmetik berbahan alami!

a. Cek komposisi kosmetik  

Untuk mengetahui apakah produk tersebut berbahan alami atau tidak, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek komposisi produk yang tertulis pada kemasan. Biasakan untuk selalu teliti bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam produk kosmetik sebelum kita membelinya. 

Produk kosmetik berbahan alami harus artinya bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya, seperti: paraben, SLS (Sodium lauryl sulfates), aluminium, merkuri, dll. 

b. Jangan tertipu dengan harga murah  

Kosmetik berbahan alami biasanya dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari kosmetik yang banyak mengandung bahan kimia. Jadi jika ada kosmetik berbahan alami yang dijual dengan harga lebih murah, coba teliti kembali apakah produk tersebut benar-benar asli dan berkualitas. 

c. Beli di penjual terpercaya

Agar mendapatkan produk kosmetik yang asli dan berkualitas, pastikan membelinya di penjual yang terpercaya. Jika membeli secara online, perhatikan kredibilitas toko tersebut. 

d. Cari tahu review penggunaan kosmetik

Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana testimoni orang lain yang telah menggunakan produk tersebut (review) untuk memastikan bahwa kosmetik yang kita beli benar-benar aman dan berkualitas.

Misalnya, kita bisa mengeceknya di akun Instagram atau website penjual, apakah terdapat pembeli yang bercerita pengalamannya menggunakan produk tersebut. Selain itu kita juga bisa mengeceknya di forum-forum online khusus kecantikan, di sana ada berbagai ulasan lengkap mengenai produk-produk kecantikan. 

e. Perhatikan reaksi kulit setelah pemakaian

Cobalah test produk tersebut dengan mengoleskannya ke bagian punggung tangan, dan lihat bagaimana reaksi kulitmu. Jika terasa nyaman artinya produk tersebut aman bagi kulit.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat di atas, apa kamu tertarik beralih ke kosmetik berbahan alami? 🙂

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top