Indo Blog Net

blog

5 Langkah Menulis Artikel Ramah SEO dan Ramah Pembaca yang Paling Sederhana

5 Langkah Menulis Artikel Ramah SEO dan Ramah Pembaca yang Paling Sederhana

SEO rumit? Lakukan 5 langkah menulis artikel ramah SEO dan ramah pembaca ini dan jadikan kebiasaan. Lama kelamaan nggak akan rumit lagi.

Bagikan Jika Bermanfaat

Para bloger pasti sudah tahu, bahwa akan lebih baik bagi blog kita jika kita bisa menulis artikel yang ramah SEO, sekaligus ramah pembaca.

Maksudnya bagaimana?

Mari kita bahas soal artikel ramah pembaca lebih dulu. Siapa yang bisa bikin blog kita terus hidup? Salah satunya adalah pembaca. Kehadiran pembaca di blog kita itu menjadi satu hal yang paling penting. Betul nggak? Coba deh, kalau blognya nggak ada yang baca, gimana deh jadinya? Masih mau ngeblog enggak? Mungkin enggak kan?

Lalu pembaca ini datang dari mana? Betul, bisa jadi pembaca blog kita adalah teman-teman kita juga yang kita minta untuk datang berkunjung. Mohon maaf nih ya, seandainya konten kita nggak berkualitas, ya mereka biasanya tetap mau kok datang. Kenapa? Ya, soalnya temen. Kalau nggak mau baca blog, nggak temen. Gitu kan? Hahaha.

Tapi, dengan cara ini, mau sampai kapan kita bisa betah? Setiap hari nyolekin orang untuk datang, minta orang untuk baca, minta sedekah komen? Sepertinya lama-lama kita akan lelah juga. Perasaan nggak enak pasti akan hadir. Ya kali, maksain orang datang terus sih?

Padahal kita bisa lo membuat orang datang sendiri ke blog kita, tanpa terlalu bersusah payah “meminta” setiap orang untuk datang. Bagaimana caranya? Pastinya dengan mengoptimasi blog kita. Yes, SEO.

SEO sendiri ada 2 macam, yaitu On-page SEO dan Off-page SEO. Sampai di sini sudah pusing? Tenang, tinggalkan sebentar Off-page SEO, kita fokus dulu ke On-page SEO. Buat bloger, seharusnya On-page SEO ini lebih mudah dilakukan dan dipahami. Mengapa? Karena sebenarnya hanya butuh 5 langkah saja untuk mengoptimasi artikel kita secara konten dengan On-page SEO.

Lakukan 5 langkah menulis artikel ramah SEO ini setiap kali update blog

Google Search Console

1. Menggunakan kata kunci

Kata kunci (keyword) memang benar-benar menjadi kunci dari optimasi artikel kita secara keseluruhan. Jadi, perbanyak latihan ngulik kata kunci.

Saya pernah menulis cara melakukan keywords research di blog. Boleh ditengok yah 🙂

Anyway, ketajaman kita memilih kata kunci saat menulis artikel ini akan menentukan seberapa cepat konten kita naik di hasil pencarian Google. Jadi–saya sudah membuktikan sendiri–semakin sering kita latihan dan mempraktikannya, kita akan semakin mahir dalam mengulik kata kunci. Lama-lama kita hafal sendiri dan bisa memprediksi kata kunci apa yang jitu.

Jadi, memang kuncinya adalah lakukan terus menerus.

2. Memanfaatkan Subheadings

Heading dalam artikel online–termasuk di blog–fungsinya sama dengan sub-sub judul dalam buku, yaitu untuk memisahkan sub bahasan yang akan dibahas dalam sebuah tulisan.

Dengan adanya subheading, maka pembaca akan lebih mudah mengikuti kita dan memahami apa yang kita tulis, dibandingkan kalau kita menulis tanpa subheading. Bayangkan jika dalam buku, tak ada pemisahan chapter, bab, atau subjudul-subjudul. Sepertinya bakalan susah diselesaikan, bukan?

Begitu pula dengan artikel blog. Dan, tak hanya kita yang susah memahami. Robot perayap Google pun ternyata juga mengalami kesulitan yang sama. Jadi, jangan sampai nggak menggunakan subheading atau penajukan ini dalam artikel kita ya.

Kalau di WordPress, biasanya subheadings ini bisa kita atur di toolbar sebelah atas kotak tempat kita menulis artikel. Sedangkan untuk blog-blog berplatform Blogspot, biasanya disebut Subheading (untuk Heading 2) dan Minor Heading (untuk Heading 3).

3. Optimasi Image

Image juga memegang peranan penting dalam SEO. Apalagi sekarang, karena Google sendiri sudah memisahkan parameter statistik organik Google Image dalam Google Analytics mereka. Hal ini sudah diumumkan secara resmi melalui blog Google. Silakan dibaca-baca jika pengin tahu lebih banyak ya?

Lalu pengaruhnya apa ke blog kita? Ya, kita bisa ngerti nih, berapa banyak visit datang dari Google Image. Makanya, image harus dioptimasi juga, supaya kita pun bisa menjaring pengunjung dari mereka yang mencari image atau foto.

Apa saja yang harus diulik untuk optimasi image? Nggak rumit kok, cukup 3 hal saja:

  • Nama file: pastikan ada kata kunci dalam nama file image yang akan kita pakai dan upload ke blog.
  • Alt attributes: atau Alt text. Sama dengan nama file, pastikan ada kata kunci di dalamnya.
  • Ukuran: pastikan sudah dikompres, sehingga resolusinya nggak terlalu besar. Kita bisa memakai TinyPNG.com untuk ngeresize, kalau nggak punya software di laptop atau handphone kita.

4. Tautan: keluar dan ke dalam

Namanya juga www–world wide web–jaringan maya. Namanya jaringan, ya terdiri atas tali atau benang yang menghubungkan satu titik dengan yang lain. Karena ini TKP-nya di dunia maya, maka jaringannya pun maya, tak kasatmata. Titik-titik yang akan dihubungkan itu adalah situs–yang bisa diibaratkan rumah–sedangkan tali atau benang yang menghubungkan antar-rumah adalah tautan.

Maka, tanpa tautan, tak akan ada jaringan. Jadi, tautan itu penting. Namun, pastikan tautan itu sehat. Agar “rumah” yang ditautkan juga sehat.

Analogi sederhananya begitu.

Maka, dalam konten kita, juga harus ada tautan; tautan ke dalam blog kita sendiri dan tautan menuju situs lain yang sehat. Jadi, pastikan untuk selalu memberikan tautan ke artikel lain dalam blog kita sendiri, dan juga memberikan tautan ke situs yang sehat, misalnya seperti situs-situs rujukan, seperti Forbes, WHO, Wikipedia, dan lain-lain.

Pastikan anchor text-nya juga mengandung kata kunci yang sesuai dengan tautan yang dituju ya. Relevansi itu penting banget, soalnya.

5. Snippet / meta description / excerpt

5 Langkah Menulis Artikel Ramah SEO dan Ramah Pembaca yang Paling Sederhana

Yang terakhir adalah meta description. Si meta ini adalah tulisan yang muncul di bawah judul dan link yang muncul dalam hasil pencarian Google.

Kalau blog teman-teman berplatform WordPress, maka biasanya ada bagian yang disebut snippet. Lokasinya ada di bagian bawah kotak postingan. Isilah sampai garis indikatornya berwarna hijau. Pastikan ada kata kunci juga dalam snippet ini ya.

Kalau blog teman-teman berplatform Blogspot, biasanya ada bagian Search Description di bagian sidebar kanan. Isilah dengan beberapa kata yang tak terlalu panjang yang menggambarkan isi artikel secara umum. Pastikan juga mengandung kata kunci ya.

Nah, lakukan kelima langkah menulis artikel ramah SEO dan ramah pembaca di atas, dan jadikan kebiasaan. Lama kelamaan nggak akan terasa lagi karena saking rutinnya, sehingga tak terasa rumit lagi.

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top