Indo Blog Net

blog

5 Kualitas yang Harus Dipunyai oleh Seorang Bloger Profesional

Inilah beberapa kualitas yang diperlukan oleh seorang bloger profesional agar bisa melejit di antara kerumunan.

Bagikan Jika Bermanfaat

Pasti banyak di antara teman-teman yang punya resolusi, bahwa di tahun 2019 yang bakalan dijalani ini mau menjadi seorang bloger profesional. Iya kan? *nuduh*

Nah, mau nanya, bloger profesional itu seperti apa sih?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, profesional berarti:

  1. a bersangkutan dengan profesi
  2. a memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya
  3. a mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir)

Nah, kalau begitu, sepertinya bisa kita simpulkan. Bloger profesional itu berarti adalah para narablog yang menjalankan aktivitas bloggingnya secara serius, dan pada akhirnya ia pun bisa menghasilkan pendapatan dari blognya.

So, bisa jadi kriteria memang berbeda-beda, tapi kali ini mari kita lihat dari sisi yang paling netral, dan yang paling banyak disebutkan.

Konon, kalau menurut situs Business & Community nih, ada 5 kualitas yang harus ada dalam diri seorang bloger profesional. Apa saja ya? Wah, penting banget nih diketahui oleh teman-teman yang memang mempunyai resolusi untuk menjadi bloger yang lebih profesional lagi tahun ini.

Yuk, kita lihat.

5 Kualitas yang Harus Dipunyai oleh Seorang Bloger Profesional

1. Selalu memberikan yang terbaik setiap kali membuat konten

Sudah pasti kualitas konten yang dihasilkan akan mencerminkan pula kualitas si pembuatnya. Konten apa saja–baik berupa tulisan, foto, atau video–di mana saja, mau itu di blog ataupun di media sosial, atau jenis media lainnya.

Dan kualitas konten juga tak akan mengkhianati usaha si pembuatnya. Kalau si pembuat konten mengerahkan seluruh kemampuan dan fokusnya untuk dapat menghasilkan konten yang keren, pastilah hasilnya juga akan lebih memuaskan ketimbang konten yang dibuat sambil lalu, apalagi pakai terburu-buru.

Hal ini juga berlaku banget di dunia blogging. Bloger profesional pasti akan mencurahkan segala kemampuannya setiap kali ia membuat konten untuk blognya. Mulai dari memberikan informasi yang mendalam sampai ia juga melengkapinya juga dengan berbagai konten tambahan lain. From A – Z, semua dikerjakan dengan sepenuh hati.

2. Mengutamakan pembaca

Bak seorang pebisnis profesional yang mengutamakan kepentingan pelanggan, seorang bloger profesional juga akan mengutamakan kebutuhan pembacanya. Baik itu dari segi isi konten, yang biasanya akan mengulas permasalahan ataupun kebutuhan pembaca blog, ataupun dari segi kenyamanan.

Seperti halnya kita sendiri, netizen umumnya akan mengetikkan informasi yang ingin dicarinya di search engine seperti Google, dan kemudian akan datang ke suatu web/blog yang sekiranya bisa memberikan apa yang dibutuhkannya.

Seorang bloger profesional akan menyediakan informasi yang dicari ini dengan lengkap. Ia akan berusaha untuk memuaskan keingintahuan pembaca yang datang ke blognya, plus akan membuat mereka nyaman berlama-lama tinggal di blog miliknya.

3. Konsisten

Nah, ini memang sepertinya “cuma” satu kata aja ya, tapi berat banget lo ini. Apalagi kalau dikaitkan dengan aktivitas blogging. Karena konsisten dalam blogging berarti:

  • Konsisten konten, berarti bahwa seorang bloger profesional akan fokus terhadap konten. Semakin fokus kontennya, semakin expertise-nya akan diakui. Semakin expert maka semakin trustworthy, karena ia akan mempunyai authority dalam area tertentu. Siapa sih yang nggak suka baca artikel yang ditulis oleh ahlinya langsung?
  • Konsisten waktu. Ini juga berat. Tapi seorang bloger profesional akan menjaga ritme ngeblognya sebaik mungkin. Ya masa, profesional tapi ngeblognya kadang sebulan aja nggak mesti? Kadang sebulan isi 20 artikel, kadang 2 bulan sama sekali kosong. Pun soal deadline. Jika kebetulan sedang bekerja sama dengan klien untuk memproduksi konten, seorang bloger profesional akan mematuhi deadline bagaimana pun caranya. Ia akan mempertanggungjawabkan komitmennya dengan bersungguh-sungguh. Sudah bersedia ikutan job, ya pasti harus melakukan kewajiban dengan baik, yaitu memproduksi konten yang berkualitas dalam waktu yang telah disepakati.
  • Konsisten gaya. Nah, ini soal ciri khas sih, yang akan dibahas di poin berikutnya nih. Lanjut yaaah~

4. Punya ciri khas dan keunikan

Seperti halnya seniman atau artis. Mereka yang punya karakter unik atau ciri khas biasanya akan bertahan lebih lama ketimbang yang karbitan atau mainstream. Ini sudah semacam hukum alam sih. Nggak cuma seniman dan artis, bloger pun demikian. Apalagi jika ia seorang bloger profesional.

Seorang bloger yang dengan mudah dilupakan namanya sepertinya akan susah untuk melejit dan bertahan lama. Lalu, bagaimana ia bisa profesional, hawong diingat orang aja enggak?

Kenapa bisa begitu?

Karena ada jutaan orang mengaku bloger sekarang. Itu baru di Indonesia saja, belum di dunia. Kalau hanya menjadi bloger rata-rata–atau medioker–ya bagaimana bisa “kelihatan” di antara jutaan itu? Lalu, mengapa calon klien harus mengajak kerja sama kalau hanya rata-rata saja? Mengapa orang harus mengingat kalau hanya biasa saja?

Untuk bisa standout, kita memang perlu ciri khas atau keunikan. Bukankah konon katanya, setiap orang itu unik? Karena itu, sebagai seorang bloger, kita pun harus membuat diri kita sendiri unik, untuk kemudian bisa go-pro.

5. Punya attitude yang baik

Yang namanya attitude memang relatif. Barangkali untuk satu orang, perilaku A biasa saja, tapi bagi orang lain mungkin dianggap kasar, tak sopan, kurang santun, dan lain sebagainya. Susah memang mendefinisikan “attitude” yang baik ini.

Tapi ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kita jadikan pegangan. Seorang bloger profesional tidak akan:

  • Menyebarkan berita bohong alias hoaks. Setiap kali ia mengulas suatu permasalahan, ia akan melakukan riset dan menulis berdasarkan data dan fakta yang ia temukan di lapangan.
  • Menebarkan ujaran kebencian. Seorang bloger profesional tahu betul bagaimana ia harus mengolah konten–terutama kata dan diksinya.
  • Merundung pihak lain, termasuk mereka yang mungkin tak sependapat ataupun tak sevisi. Ia akan menganggap perbedaan itu indah. Meski pihak lain bersalah, ia akan bisa menyikapinya dengan bijak.
  • Antikritik. Seorang bloger profesional akan dengan hati terbuka mau menerima kritik ataupun masukan, terutama yang bisa membuat ia meningkatkan kualitas diri dan kontennya. Jikapun kritiknya kurang oke, ia juga akan bisa menyikapinya dengan baik.

Nah, itulah beberapa kualitas yang diperlukan oleh seorang bloger profesional agar bisa melejit di antara kerumunan.

Siapkah teman-teman untuk menjadi seorang bloger profesional?

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 7 Social Media TACTICS To Implement In 2019
.
Guys, if you want to keep up with the latest social media trends, you’ll have to reevaluate your strategy with an eye toward the future of this ever-evolving industry 😉
.
1. Deliver HIGH-QUALITY CONTENT
.
As social media platforms evolve, businesses jump onto these trends and flood the platforms with subpar content in an attempt to ride the wave 😜
.
This causes the very customers they’re trying to attract to tune out. When it comes to your content in 2019, be intentional
.
2. Create a VIDEO CONTENT Strategy
.
Begin leveraging video as much as you can, okay 🤓
.
How-to videos tutorials, Q&A segments, and Instagram Stories are one of the hottest things right now, but you must remember to provide value, get straight to the point, and keep videos short
.
3. FOCUS ON the Right Social Media Platforms
.
Find the ones that deliver the most return for you. Pick your top two and be consistent with them
.
4. CONNECT and ENGAGE With Your Audience
.
Brands should continue to focus on making connections with their audience.  Engage, engage, ENGAGE! 😌
.
5. DABBLE into Influencer Marketing
.
Reach out to influencers in your field and ask if they would like to partner with your brand 🤑
.
6. Invest in the right ANALYTICS TOOLS
.
Brands that understand and continuously optimize their social media marketing strategy are winning the client retention war
.
They are targeting the right audience, spending the lowest click cost and they are present on the most converting platforms
.
7. Keep LEARNING
.
Social Media changes daily. Be sure you’re up-to-date with the latest trends and advancements 😍😍
.
Credit: thesocialbutterflygal.net
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top