Gaya Hidup

5 Keuntungan Saat Kamu “Dilangkahi”

Umur sudah semakin bertambah. Anda masih juga sendirian dan belum terlihat tanda-tanda hendak melangkah ke pelaminan. Disisi lain keluarga, sahabat, dan teman mulai ribut mempertanyakan apa penyebab anda masih sendirian. Bila hal itu sudah merepotkan, maka permohohan adik untuk menikah duluan adalah hal berikut yang memusingkan kepala. Bagaimana tidak? Di saat anda masih berjuang mencari calon yang tepat, eh si adik sudah menemukan. Hendak bersegera menyusulnya tetapi siapa yang hendak dibawa?

Tak urung kegembiraan pun menghilang. Berganti dengan berbagai perasaan negatif yang silih berganti memenuhi perasaan— iri, malu, atau bahkan rendah diri. Kepercayaan bahwa dilangkahi oleh adik akan membuat seorang kakak sulit bertemu jodoh di kemudian hari turut meningkatkan emosi anda. Terkungkung dalam perasaan-perasaan semacam ini, membuat anda sulit bersikap positif. Ujung-ujungnya anda jadi manyun dan uring-uringan.

Ah, benar-benar dilangkahi itu situasi yang menyebalkan! Pikir anda dalam diam. Eits, siapa bilang? Tak selalu demikian. Dilangkahi bisa jadi cara Tuhan untuk mengajari hal-hal positif seperti berikut ini:

1. Belajar persiapan pernikahan

Ada banyak hal yang harus disiapkan saat seseorang memutuskan menikah. Tak hanya soal fisik, mental dan finansial pun harus disiapkan secara matang. Dengan adik menikah duluan, maka sesungguhnya kita diajari banyak hal. Mulai surat-menyurat yang harus diurus, dana yang dibutuhkan untuk persiapan pesta pernikahan, sampai bagaimana kedua belah mempelai mengatasi tekanan mental jelang pernikahan. Tak dipungkiri kerepotan mengurus pesta pernikahan bisa membuat seseorang senewen. Tanpa pengelolaan emosi yang baik, bisa-bisa sang calon mempelai malah gagal melangkah ke pelaminan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut lebih awal, anda sudah memiliki gambaran bagaimana jika kelak menyelenggarakan pesta pernikahan.

2. Belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan pasangan di awal perkawinan

Penyesuaian dengan pasangan itu penting sekali untuk kelangsungan pernikahan. Lamanya berhubungan tidak bisa menjadi tolak ukur bahwa seseorang bisa dengan mulus menjalani proses penyesuaian dengan pasangannya. Bahkan tidak jarang suami istri yang lebih dari delapan tahun menjalin hubungan kasih pernikahan, gagal melakakukan penyesuaian di awal. Cekcok dan kesalahpahaman yang tidak terjembatani bisa berujung pada perceraian. Berbagi pengalaman dengan adik atau ipar anda, akan membuat memahami apa-apa saja kendala dalam proses penyesuaian. Bagaimanakah cara mengkomunikasikannya sehingga perbedaan tidak meruncing tajam. Nah, dengan begini anda sudah untung satu langkah sebelum menikah bukan?

3. Belajar mengelola keuangan

Saat anda memiliki pasangan, tentu saja pengelolaan keuangannya berbeda dengan saat anda masih lajang. Saat lajang yang dipikirkan tentu dirinya sendiri dulu baru orang lain. Saat menikah semuanya berubah. Ada hal-hal yang harus dikompromikan dengan suami berkaitan dengan pengelolaan keuangan keluarga. Cobalah melihat bagaimana dia mengatur pos-pos keuangannya dengan gaji yang ada. Jika terjadi kekurangan bagaimana menambalnya? Apakah mereka memiliki dana rahasia yang bisa digunakan sewaktu-waktu atau justru memiliki bisnis sampingan? Tak ada salahnya belajar meski anda belum memiliki seseorang yang tepat untuk diajak menikah. Bagaimanapun juga hal-hal semacam ini kelak akan berguna.

4. Belajar soal kehamilan dan melahirkan

Hamil dan melahirkan bukanlah peristiwa yang kita alami setiap hari. Dalam prosesnya tak jarang wanita mengalami kesulitan, seperti mual yang disertai muntah, indra penciuman lebih sensitif, atau tubuh yang cepat mengalami kelelahan. Tak hanya lelah secara fisik, tetapi perempuan yang hamil juga rentah lelah secara mental yang ujung-ujungnya mempengaruhi pikiran dan perasaan sang ibu. Begitupun saat menghadapi persalinan. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Jelang persalinan fisik ibu harus prima, begitu juga mentalnya. Dan tidak lupa dana untuk persalinan juga disiapkan sedari awal.

Berkaca dari pengalaman adik atau adik ipar menangai kehamilan dan persalinan, sedikit banyak anda sudah memiliki pegangan. Kelak jika Anda mengalaminya sendiri, anda sudah lebih siap. Bukan saja karena anda sudah mempelajari sebelumnya, tetapi juga ada nara sumber yang siap ditanya-tanya.

5. Menangani balita

Setelah anak lahir, kehidupan ayah dan ibu semakin berwarna. Kehadiran si kecil rupanya membawa dua hal sekaligus di saat bersamaan—kebahagiaan dan tantangan. Selaku orang tua baru jelas akan menemui banyak kendala. Tiap tahap selalu ada kejutannya. Anda bisa melongok cara mereka mengatasinya. Bagaimana pembagian tugas antar orang tua. Apa yang harus dilakukan sewaktu anak rewel, sakit, dan sebagainya. Ini penting agar anda memiliki gambaran seperti apa saat nanti memiliki anak.

Nah, kawan tulisan ini bisa memberi wawasan. Percayalah, apa yang diberikan Tuhan itu bukan suatu kebetulan. Tingga kita putar saja sudut pandang. Voila! Dibalik itu ternyata ada pelajaran besar yang bisa kita serap secara gratisan, yang membuat kita jadi lebih siap ketika akhirnya si jodoh datang.

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top