Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

5 Keindahan Makna Tahun Baru Islam 1 Muharram yang Wajib Kamu Tahu

  • Bagikan
makna tahun baru islam

Tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram ini ternyata mempunyai berbagai makna tersendiri yang bisa jadi Anda belum mengetahuinya. Di artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai keindahan makna tahun baru Islam yang menarik untuk Anda ketahui. Tak hanya itu, akan diulas pula bagaimana cara memperingati tahun baru Islam yang dapat Anda lakukan.

 

5 Keindahan Makna Tahun Baru Islam 1 Muharram yang Wajib Kamu Tahu

Tahun baru Islam 1 Muharram ini perhitungannya menggunakan dasar penanggalan Hijriyah. Berbeda dengan tahun baru global yang perhitungannya berdasarkan penanggalan Masehi. Sebagai umat muslim tentunya penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja makna dari tahun baru Islam ini. Yuk, ketahui melalui ulasan berikut ini!

1.   Momentum pergantian tahun

Makna tahun baru Islam yang pertama tentunya merupakan momentum pergantian tahun, dari tahun yang satu menuju tahun yang berikutnya. Dengan momentum pergantian tahun ini kita diingatkan betapa waktu terus berjalan dan terasa cepat berlalu. Tak terasa setahun sudah Anda melewati masa-masa kehidupan yang penuh dengan warna-warni tersendiri.

Ini sekaligus dapat menjadi saat yang tepat untuk mensyukuri apa saja nikmat yang telah Allah berikan selama setahun tersebut. Pasti ada banyak sekali hal-hal yang bisa Anda syukuri terlepas dari ujian yang Anda alami. Ujian pun termasuk sesuatu yang patut Anda syukuri sebab selalu ada hikmah dibalik setiap ujian-Nya.

2.   Hijrahnya Nabi Muhammad SAW

Hijrahnya Nabi Muhammad SAW menjadi makna tahun baru Islam yang kedua. Tahun baru Islam ini mengingatkan kita akan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah. Ini termasuk salah satu peristiwa penting dalam lahirnya Islam. Dari adanya hijrah tersebut Islam mulai berkembang pesat dan menyebar luas hingga ke Mekkah serta berbagai wilayah lain di sekitarnya.

Hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad ini karena mendapatkan wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarluaskan ajaran Islam ke masyarakat. Hijrah ini merupakan respon atas sikap masyarakat Arab yang saat itu tidak terlalu berkenan dengan ajaran Islam.

3.   Semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW

Makna tahun baru Islam yang selanjutnya adalah untuk mengingatkan kita akan semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW. Pada masa hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya kala itu, mereka juga dilanda rasa sedih serta takut sebab harus meninggalkan keluarga, tanah kelahiran, serta tempat tinggalnya.

Namun Nabi Muhammad dan para sahabat berusaha untuk tetap optimis dan tidak putus asa. Mereka berjuang dengan penuh semangat demi menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat luas.

Diharapkan momentum tahun baru Islam ini menjadi pengingat bagi kita umat muslim untuk semangat berjuang dalam berhijrah dari hal-hal yang buruk menuju hal-hal yang baik.

4.   Momentum untuk introspeksi diri

Makna tahun baru Islam lainnya yaitu menjadi momentum yang tepat untuk kita introspeksi diri alias muhasabah. Coba ingat kembali perjalanan hidup kita selama setahun terakhir ini. Apa saja yang telah kita lakukan, mulai dari hal-hal baik hingga hal-hal yang buruk. Intinya, bertanyalah pada diri sendiri apakah diri kita sudah lebih baik dari waktu ke waktu? Atau malah sebaliknya.

Jadikan tahun baru ini sebagai awal perjalanan hidup yang baru. Dimana kita berusaha meninggalkan hal-hal yang buruk (dosa) dan memperbanyak hal-hal yang baik (amalan).

5.   Merupakan bulan yang paling dihormati

Bulan Muharram termasuk salah satu bulan yang paling dihormati dalam Islam. Dan ini menjadi makna tahun baru Islam yang terakhir akan kita bahas. Selain bulan Dzulqa’idah, Dzulhijjah, dan Rajab, Muharram juga termasuk bulan yang paling suci.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu”

(QS. Attaubah: 36)

Makna dari Muharram itu sendiri adalah yang “paling dihormati” atau “yang diharamkan”. Yang diharamkan artinya pada bulan Muharram ini umat muslim diharamkan untuk berperang. Sebaliknya, pada bulan ini kaum muslim diharapkan memiliki semangat menebarkan perdamaian.

Demikian beberapa makna keindahan tahun baru Islam yang perlu Anda ketahui. Mengingat adanya makna-makna istimewa dibalik tahun baru Islam ini tentunya sayang jika bulan yang suci ini terlewatkan begitu saja. Mari simak apa saja cara memperingati tahun baru Islam di bawah ini.

 

4    Cara Memperingati Tahun Baru Islam

Supaya tahun baru Islam menjadi lebih bermakna, ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk memperingati tahun baru ini. Cara-cara berikut ini juga diharapkan dapat meningkatkan amal pahala Anda sebagai tabungan di akhirat kelak.

1.   Puasa Asyura

Berpuasa Asyura merupakan salah satu cara memperingati tahun baru Islam yang bisa Anda lakukan. Puasa Asyura merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan, sebab Nabi Muhammad SAW kerap melakukannya. Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Keutamaan dari menjalankan puasa Asyura adalah dapat menghapuskan dosa-dosa, sebagaimana tercantum dalam hadist berikut,

“Puasa ‘Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu,”

(HR Muslim).

Sebaiknya Anda juga melengkapi ibadah puasa Asyura dengan puasa Tasu’a yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram.

2.   Bersilaturahmi

Cara memperingati tahun baru Islam juga bisa diwujudkan dengan bersilaturahmi. Dalam Islam, silaturahmi termasuk amalan yang mulia dimana terdapat banyak keberkahan serta manfaat dari silaturahmi. Salah satu manfaat utama dari silaturahmi ini adalah untuk melapangkan rezeki. Hal ini tercantum di dalam salah satu hadist berikut ini.

“Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.”

(H.R Bukhari & Muslim)

3.   Ziarah makam

Melakukan ziarah makam juga termasuk cara memperingati tahun baru Islam. Ziarah makam merupakan sesuatu yang dianjurkan dalam Islam. Sebab hal ini akan menjadi pengingat bagi kita yang masih hidup di dunia bahwa kematian itu pasti terjadi dan ada kehidupan setelah alam dunia ini. Anjuran mengenai ziarah kubur ini tercantum dalam sebuah hadist.

Sesungguhnya aku dahulu telah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah karena akan bisa mengingatkan kalian kepada akhirat dan akan menambah kebaikan bagi kalian.” (HR. Muslim)

4.   Bersedekah

Cara memperingati tahun baru Islam juga bisa dilakukan dengan bersedekah. Sedekah memiliki banyak sekali keistimewaan bagi orang yang melakukannya. Tak heran jika banyak ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai sedekah. Salah satu keutamaan sedekah yaitu adanya pahala yang berlipat-lipat, sebagaimana termaktub dalam ayat berikut ini,

”Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

(Qs. Al Hadid: 18)

Itulah beberapa cara memperingati tahun baru Islam yang sangat bermanfaat untuk Anda lakukan. Selamat menyambut hari tahun baru Islam, ya 🙂

 

Credit picture: orari.or.id

 

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan