Indo Blog Net

Tips and Trick

5 Jenis Tanaman Hias yang Paling Mudah Perawatannya

tanaman hias di rumah

Apakah kamu termasuk penyuka tanaman hias? Saat ini sudah banyak orang yang menjadikan tanaman hias ini sebagai sesuatu yang ‘wajib’ ada di rumah. Malah tak jarang juga tanaman hias tersebut dibeli dengan harga yang cukup menguras kantong.

Ya, ada beberapa jenis tanaman hias yang memang dibandrol dengan harga mahal. Eh, tunggu dulu..jangan heran, sebab adanya tanaman hias di rumah ternyata memiliki banyak manfaat, lho.

Manfaat tanaman hias tak hanya untuk mempercantik ruangan tapi juga membuat udara sekitar jadi lebih bersih, karena tanaman mampu menyerap racun di udara.

Baca juga: Aroma Lavender yang Punya Sensasi Tersendiri, Bisa Tanam di Rumah Juga

Meletakkan beberapa tanaman hias yang super cantik juga bisa memberikan energi positif. Tentunya melihat tanaman-tanaman hias yang cantik dan segar akan membuat Anda lebih betah tinggal di rumah, bukan? 

5 Jenis Tanaman Hias yang Paling Mudah Perawatannya

Namun, seringkali tanaman hias yang kita pelihara di rumah tak bertahan lama alias mati. Wah, tentunya sayang sekali, ya. Apalagi jika tanaman hias tersebut merupakan tanaman favoritmu. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang paling mudah perawatannya. Yuk, baca terus sampai selesai.

1. Lidah Buaya

tanaman hias lidah buaya

Bisa dibilang Lidah Buaya adalah yang perawatannya paling mudah diantara yang lainnya dalam daftar ini. Itu sebabnya Lidah Buaya atau yang dikenal dengan nama Aloe Vera ini mudah ditemukan dimana-mana.

Lidah buaya termasuk tanaman yang sangat cocok dengan iklim hangat seperti di Indonesia. Anda tak perlu repot untuk rutin menyiram tanaman yang satu ini. Lidah Buaya bisa bertahan hidup meski beberapa minggu tidak terkena air. 

Lidah Buaya bisa ditanam di luar maupun di dalam rumah. Anda bisa memilih Lidah Buaya yang berukuran kecil untuk diletakkan di dalam ruangan. Tak hanya bermanfaat untuk mempercantik ruangan dan membuat udara jadi lebih bersih, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan serta kecantikan.

Lidah buaya telah sejak lama digunakan dalam industri kecantikan. Lidah Buaya diperkaya berbagai mineral yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, kulit kering maupun kulit kusam. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai masker rambut untuk membuat rambut lebih sehat dan indah. 

Selain tak perlu sering disiram, tanaman ini juga tak perlu sering diberi pupuk agar tumbuh subur. Untuk menghias ruangan di dalam rumah, Anda bisa menanamnya di pot dan meletakkannya di tempat yang terang. Tanaman hias yang kaya manfaat ini sepertinya sayang sekali jika tidak ditanam di rumah, ya.

Baca juga: Cegah Corona dengan 8 Tanaman Pembersih Udara Berikut Ini

2. Tanaman Jade

tanaman hias jade

Tanaman Jade yang memiliki nama lain Crassula Ovata ini merupakan jenis tanaman sukulen. Daunnya tebal mengkilap dengan warna hijau tua. Tampilannya yang mirip dengan giok membuat Tanaman Jade sering disebut tanaman giok.

Bagi Anda yang mungkin kerap lupa untuk menyiram tanaman, jangan khawatir sebab Crassula Ovata ini cukup disiram beberapa minggu sekali dengan sedikit air. Uniknya, tanaman yang sering dianggap sebagai simbol keberuntungan ini akan memunculkan tanda berupa bintik-bintik pada daunnya saat kekurangan air. 

Jika ingin meletakkannya di dalam rumah sebagai dekorasi ruangan, pastikan Anda menaruhnya di tempat yang terkena cahaya matahari, misalnya dekat jendela.

Paparan sinar matahari yang cukup akan membuat Tanaman Jade tumbuh subur. Atau Anda bisa meletakkannya pada bagian teras rumah untuk mempercantik tampilan rumah. 

3. Sirih Gading

tanaman hias sirih gading

Tanaman selanjutnya yang sangat mudah perawatannya adalah Sirih Gading. Anda bisa menanamnya menggunakan media tanah maupun air. Sirih Gading tak memerlukan perawatan khusus untuk tumbuh subur. Bahkan tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski hanya diletakkan begitu saja di tanah.

Sirih Gading ini mempunyai manfaat menyerap polutan di udara sekitarnya. Jadi kalau Anda ingin rumah jadi lebih bersih dari polutan udara, coba taruh Sirih Gading ini di rumahmu, ya. 

Dan yang tak kalah penting bagi tanaman hias tentu saja penampilannya. Nah, Sirih Gading ini termasuk tanaman yang cantik untuk dijadikan penghias ruangan. Daunnya berwarna hijau berbentuk seperti jantung hati dan ada belang warna kuning.

Uniknya, Sirih Gading ini dapat merambat pada tanaman lain yang mempunyai batang lebih besar, hingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Tapi jika ditanam di dalam pot Sirih Gading akan tumbuh dengan daun yang lebih kecil. Kebayang dong ya cantiknya tanaman ini jika ada dirumahmu 🙂

4. Palem Kuning

tanaman hias palem kuning

Credit photo: greenandvibrant.com

Palem Kuning atau yang juga dikenal dengan sebutan Areca Palm termasuk ke dalam jenis tanaman pinang-pinangan yang berasal dari Madagaskar. Tanaman yang satu ini sangat cocok dijadikan penghias halaman atau teras rumah, karena Palem Kuning dapat tumbuh hingga lebih dari 2 meter.

Daunnya menyirip berwarna hijau kekuning-kuningan, sedangkan pelepahnya berwarna kuning terang. Cantiknya tampilan Palem Kuning ini dijamin akan membuat rumahmu terlihat lebih asri dan indah dipandang.

Baca juga: 4 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meski ukurannya cukup besar, Palem Kuning ini juga bisa ditanam di pot. Perawatannya terbilang cukup mudah, kok. Anda tak perlu sering-sering menyiramnya ataupun memberi pupuk. Palem Kuning cukup disiram beberapa hari sekali. Tapi saat musim kemarau panjang sebaiknya Palem Kuning disiram lebih sering agar tak layu kekeringan. 

5. Peace Lily

tanaman hias peace lily

Yang terakhir ini bisa jadi yang paling cantik karena terdapat bunga warna putih diantara tumpukan daunnya yang berwarna hijau. Sesuai dengan namanya Peace Lily (Lili Perdamaian), bunga warna putih melambangkan kedamaian.

Peace Lily sangat cocok dijadikan penghias ruangan, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Anda bisa menaruhnya di pot yang cantik untuk menyeimbangkan keindahan Peace Lily ini.

Sebaiknya hindari meletakkannya di tempat yang terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat membuat daunnya yang hijau berubah menjadi kekuningan dan layu. Lebih baik diletakkan di tempat yang teduh dan sejuk. Untuk perawatannya, Anda cukup menyiramnya seminggu sekali atau saat tanahnya tampak mengering. 

Wah, ternyata banyak juga kan tanaman hias yang mudah perawatannya. Selain bermanfaat untuk mempercantik rumah, tanaman hias juga bermanfaat untuk membuat udara jadi lebih bersih. Selain itu, Anda tak perlu repot meluangkan banyak waktu untuk menyiramnya. Jadi tinggal pilih mana yang jadi favoritmu kemudian tanam di rumahmu 🙂

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top