Indo Blog Net

Blogging

5 Hal yang Pertama Dilakukan di Tahun Baru

Waktu terus berputar. Tak terasa setahun telah berlalu. Ketika acara-acara televisi yang khusus diputar di malam tahun baru sudah gulung layar, saat pesta pergantian tahun telah bubar, barbeque tinggal menyisakan arang, sinar mentari di hari pertama tahun baru mulai bersinar apa yang harus dilakukan?

Beberapa hal ini perlu dilakukan di awal tahun:

1. Berdoa

Ini sih sebenarnya nggak perlu dimasukkan list yah. Harusnya rutin dilakukan umat beriman tetapi tak mengapa lah ditulis juga sebagai pengingat diri. Bagi muslim bisa memulai merajut harapan, melantunkan doa ketika sholat tahajud dini hari. Harapan setiap insan kehidupan di tahun baru lebih khusyu’ ibadah, bisnis lebih berkah, rezeki lancar, kesehatan terjaga plus segala masalah teratasi dan….hutang lunas! (itu mah saya banget)

2. Mengganti kalender
Hahay kelihatannya sepele tetapi terlupa mengganti kalender di tahun baru bisa berabe. Jangankan ganti tahun, ganti bulan kalau tidak segera membuka lembaran kalender berikutnya bisa saja salah lihat tanggal. Salah satu hobi saya setiap kali mendapat kalender baru langsung mengintip hari-hari libur nasional hehehe. Padahal saya emak rumahan yang kerja part time, nggak terlalu ngaruh dengan tanggal merah tapi setidaknya bisa sedikit santai karena tak harus berjibaku masak pagi-pagi untuk sarapan dan bekal suami juga si anak. Makin banyak tanggal merah makin semangat menghadapi rutinitas sehari-hari karena mikir ntar kan ada libur juga.

3. Memeriksa anggaran

Tahun baru naik gaji dong ya. Biasanya sih begitu. Ganti tahun ganti nominal UMR pula kan. Kenaikan gaji berlaku otomatis setiap ganti tahun sesuai kebijakan yang dirumuskan pemerintah berdasarkan kesepakatan dengan pengusaha. Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Polri juga mendapatkan kenaikan gaji sesuai keputusan pemerintah. Namun perlu diingat kenaikan gaji bukan berarti gaya hidup perlu di up grade. Bedakan kebutuhan pokok dengan keinginan. Bertahan hidup dan mengejar gaya hidup adalah hal yang jauh berbeda. Jangan sampai deh mentang-mentang naik gaji lalu terpikir ganti motor padahal yang lama masih layak jalan lalu terpaksa deh nambah kreditan, ganti gadget karena muncul model terbaru, tas, baju, sepatu turut masuk dalam anggaran belanja padahal yang lama masih pantas dikenakan di berbagai acara.

4. Meninjau kembali cara hidup

Hello, tahun sudah berganti masa iya kebiasaan buruk nggak disudahi. Coba deh tengok-tengok kembali perilaku buruk yang seharusnya tak diulang di tahun baru. Apalagi tahun 2017 ini subsidi listrik untuk 900 VA akan dicabut secara bertahap. Ada kemungkinan tarif listrik golongan lain ikut naik. Hal demikian akan berpengaruh terhadap harga-harga barang. Ada baiknya gerakan menghemat energi listrik mulai diterapkan. Ganti alat-alat elektronik dengan perangkat hemat listrik, kurangi pemakaian listrik yang seringkali abai dilakukan misalnya mematikan lampu dan kipas angin ketika tak dipakai. Tahun baru masih suka buang sampah sembarangan? Please deh ngga malu kah dengan bertambahnya usia tapi belum bisa bersikap bijaksana. Ayolah biasakan hidup lebih teratur, disiplin dan tidak merugikan orang lain. Tahun baru ini loh masa’ sih nggak ingin berubah menjadi lebih baik.

5. Memeriksa konsistensi resolusi

Hayoo yang sudah rajin menulis resolusi, apa kabar nih resolusinya. Sudah mulai dirintis belum sih langkah pertamanya. Setidaknya pijakan awal telah ditetapkan. Planning, rencana, tips untuk mewujudkan resolusi harusnya sudah mulai berjalan. Meski tak harus berjalan seketika tetapi pelaksanaan resolusi secara bertahap sudah menunjukkan kemauan untuk konsisten. Misalnya yang punya resolusi ingin langsing dan lebih sehat, sudahkah di hari pertama menjalankan program diet karbo dan mulai berolah raga? Apalagi malam tahun baru pesta makanan enak sepuasnya. Naah kerja keras banget untuk membakar kalori gegara makan enak.

Itu lima hal pertama yang perlu dilakukan di awal tahun baru versi saya. Teman-teman punya ide yang berbeda mengapa tidak menulisnya dan berbagi dengan sobat Indoblognet di sini?

Sumber gambar: Pixabay

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Why VIDEO CONTENT Needs to Be a Part of Your Content Marketing Strategy 😎
.
To stand out and to build trust among your audience, it’s incredibly important to get in front of a camera 😜
.
That’s why you see NEIL PATEL suddenly pumping out more and more videos!
.
Below we're going to outline exactly why so many marketers are choosing video and why you should consider it for your business or brand as well, Guys! 😉
.
1⃣ Youtube Can Drive Great TRAFFIC
.
Having your video on YouTube gives you a chance at ranking for those big keywords you’ve always dreamed of ranking for
.
2⃣ Social Media Makes Videos Easy to View
.
Unlike blog posts which require users to actively click through to your content, videos show up and are playable on Facebook, Twitter, LinkedIn, and even in your Gmail inbox 📧
.
3⃣ Videos Can Build a Crazy Amount of TRUST
.
When you’re selling anything you need to build trust, and video content is one of the best ways of doing that because it literally lets the user have a more personal experience 😍
.
They see you or your product and they hear your pitch. It is so much more personal than a blog post
.
4⃣ People Really LIKE Video Content
.
Not only does video content build trust and drive traffic, but people also really want you or your company to create videos 📽
.
A HubSpot sales statistic found that 43% of people want to see more video content from marketers
.
HubSpot also found 51.9% of marketing professionals worldwide name video as the type of content with the best ROI
.
Credit: influencive.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top