ekonomi

5 Fakta Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online, Bikin Jadi Lebih Mandiri

Di era digital saat ini, masyarakat memang semakin dimanjakan dengan berbagai pelayanan yang serba personalized dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan (customized). Apalagi menyangkut urusan pembayaran dan transaksi keuangan, tentu kita tidak ingin dipusingkan lagi dengan keribetan yang membuang waktu dan tenaga.

Begitu keluar rumah, terutama yang tinggal di perkotaan, pasti sudah harus menyiapkan mental dan energi menghadapi kemacetan yang sulit  diprediksi.

Ditambah jika harus berurusan dengan pembayaran, harus ke bank terlebih dahulu. Sampai di sana, disambut antrian mengular yang mau tak mau harus dihadapi. Hal ini disadari atau tidak, suka langsung bikin mood berubah drastis.

Kalau sudah bad mood, semanis apapun senyuman bapak sequrity dan sehangat apapun sapaan mbak-mbak teller atau customer service jadi terasa hambar. Karena kita sedang diburu waktu dan seabrek  urusan yang belum kelar.

Nggak heran, jika intensitas stres masyarakat urban relatif tinggi. Butuh perjuangan banget menjaga keseimbangan hati, pikiran dan stamina fisik.

Seperti  freelancer yang saya lakoni lebih dari lima tahun. Wara-wiri meeting dari  kantor klien satu   ke kantor lainnya. Belum lagi urusan bisnis online yang sedang saya rintis, dituntut cepat melayani order customer yang datang mendadak.

Untungnya perusahaan MLM syariah yang saya geluti saat ini memiliki layanan toko online, jadi saya bisa langsung pilah-pilih barang dan bayar belanja online

Sejak Bank Mandiri meluncurkan layanan Mandiri Online, saya jadi lebih mudah melakukan aktivitas pembayaran. Berasa punya “bank sendiri” dalam genggalam.

mandiri online mempermudah nasabah yang sibuk

Saat presentasi bersama klien. Kalau sudah meeting bisa berjam-jam, mandiri online memang mempermudah pekerja mobile.

Awalnya sempat bingung membedakan antara Mandiri Online dengan Mandiri Internet Banking dan Mandiri Mobile Banking. Ternyata setelah dikepoin dalem, Mandiri Online diluncurkan untuk menyempurnakan layanan digital Bank Mandiri sehingga makin memudahkan  nasabah melakukan transaksi keuangan dan mengetahui seluruh produk perbankan.

mandiri online berikan kemudahan transaksi online

FYI nih guys, menurut senior EVP Chief Technology Officer Bank Mandiri Josep Georgino dalam keterangan persnya yang dikutip Kumparan menyebutkan, adanya pergeseran prilaku nasabah yang kini menjadi serba  elektronik. Rasionya lumayan tinggi,  lebih dari 93 persen dibandingkan bertransaksi di kantor-kantor cabang.

Per Desember 2016, jumlah pengguna Mandiri Internet dan Mandiri Mobile sudah mencapai 7,9 juta user dengan total frekuensi transaksi 1,11 miliar dan volume transaksi mencapai sebesar Rp 287 triliun.

Antusiasme nasabah Bank Mandiri tersebut segera disambut dengan layanan yang lebih inovatif dan solutif melalui fasilitas Mandiri Online.

Apa saja kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan dari Mandiri Online, berikut ini faktanya :

1. Nasabah bisa memilih layanan Mandiri Online hanya dengan satu akses

Mandiri Online merupakan layanan perbankan yang mengintegrasikan akses website (Mandiri Online Web) dan aplikasi di smartphone (Mandiri Mobile). Nasabah tinggal memilih saja, apakah ingin mengakses via website atau aplikasi mobile smartphone.  Nasabah tidak perlu lagi memiliki akun yang berbeda untuk mengakses keduanya. Cukup login dengan ID dan pasword yang sama, bisa langsung mengakses keduanya.  Tahu sendiri kan ya, kita suka lupa sama ID dan pasword. Sampai saat ini, baru Bank Mandiri yang memberikan layanan akses tunggal.

2. Nasabah bisa melihat dan mengetahui berbagai produk perbankan secara lengkap dalam satu dasboard

Selain mengecek saldo, cek histori transaksi, transfer sana-sini, download mutasi rekening dan cek histori kartu kredit, nasabah juga bisa mengetahui berbagai layanan produk perbankan dalam satu layar dasboard, seperti produk  tabungan, tabungan rencana, deposito, kartu kredit dan pinjaman. Ini tentu saja makin memberikan inspirasi bagi kamu dalam merencanakan keuangan yang lebih oke untuk masa depan.

Dan, bukan tidak mungkin, kamu bisa mendapatkan informasi penawaran spesial diskon merchan dan promo-promo menarik lebih cepat. Siapa tahu saja, barang incaran  tiba-tiba sale, kamu bisa segera membelinya dengan transaksi online.

3. Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran dengan mudah dan cepat di manapun dan kapan saja

Contohnya nih isi ulang (top up) e-money tanpa perlu ke kantor cabang, ATM atau mini market. Membayar tagihan listrik atau mengisi token listrik, membayar angsuran kartu kredit, membeli pulsa, bayar belanja online, bayar asuransi, PBB, dan sebagainya.

Semuanya bisa dilakukan secara real time. Bahkan membuka deposito dan tabungan sudah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang, tinggal pilih menunya saja dan dibereskan secara online.

Dalam Mandiri Online juga tersedia menu Favoritku yang membuat alur transaksi menjadi lebih singkat. Ini berguna banget bagi nasabah yang memiliki rutinitas pembayaran ke sana ke mari, biar lebih cepat mengaturnya. Apalagi kayak model saya nih yang kadang suka siwer kalau ngga ngelist kebutuhan  prioritas.

mandiri online berikan kemudahan transaksi

4. Nasabah dapat memilih cara approval untuk keamanan transaksi, dengan memakai alat token atau melalui aplikasi mobile (teknologi Out of Band)

Faktor keamanan dalam transaksi online itu sangat penting. Mengingat kejahatan di dunia cyber semakin banyak cara untuk mencari titik kelemahan nasabah. Dengan teknologi OOB (Out of Band), nasabah mendapat keleluasaan memilih cara persetujuan untuk keamanan, bisa dengan menggunakan token, atau melalui mobile application.

5. Nasabah tidak perlu lagi mendaftarkan rekening tabungan untuk dijadikan sumber dana transaksi. Otomatis, rekening yang ada dapat dijadikan sumber dana untuk  bertransaksi

Jadi lebih mudah, nasabah tidak direpotkan memindahkan dana untuk kebutuhan transaksi, tinggal dialihkan sesuai dengan peruntukannya. Layanan Mandiri Online juga bisa diakses di semua jenis smartphone dengan platform android, iPhone, dan Blackberry. Termasuk akses di tablet, asal berfasilitas 3G/GPRS/Wi-Fi yang  sudah Java enable, dan berbasis Symbian, Windows dan  android.

Yang penting koneksi internet lancar jaya. Oh ya, kalau tiba-tiba pulsa data habis, nasabah juga bisa membeli pulsa via Mandiri Online.

Kelima fakta kemudahan transaksi online tersebut, setidaknya bikin kamu jadi mandiri, karena segala sesuatunya bisa dilakukan sendiri, lebih efisien pada waktu dan biaya, efektif dan pastinya nggak bikin baper karena menghadapi serentetan proses offline yang suka bikin ‘drama’.

Cara Aktivasi Mandiri Online

Untuk menjadi nasabah Mandiri Online, pastinya kamu harus punya rekening di Bank Mandiri dulu ya. Terus, kamu juga pengguna Mandiri Internet dan pengguna Mandiri SMS Banking yang statusnya terdaftar untuk transaksi finansial.

Ada baiknya jika belum jelas tentang status Mandiri SMS dan cara daftar mandiri online yang lebih validnya, kamu dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Syarat SMS Banking penting banget karena menyangkut keamanan. Pasalnya, setiap transaksi lewat Mandiri Online  diotorisasikan menggunakan PIN Mandiri SMS.

Khusus pengguna iPhone, selain menggunakan PIN Mandiri SMS, ditambah juga dengan SMS OTP (One Time Password) yang kemudian dikirim ke inbox untuk memunculkan OTP berupa pop-up message. Nah, nasabah tinggal masuk ke menu setting notification untuk memulainya.

Jika kamu belum memenuhi dua syarat tersebut, jangan khawatir ya. Mudah kok cara aktivasinya, kamu hanya perlu datang ke  kantor cabang Bank Mandiri dengan membawa identitas diri seperti KTP, buku tabungan, dan kartu debit Bank Mandiri.

Setelah itu, baru deh unduh aplikasi Mandiri Online di Google Play Store atau Apple App Store. Dan pastikan tersedia pulsa di HP ya karena biaya SMS dikenakan sesuai ketentuan atau kebijakan provider telekomunikasi.

Bagi pengguna iPhone, dikenakan biaya SMS pada permintaan OTP sebesar Rp 500 per SMS yang diterima. SMS OTP berupa 6 digit angka unik yang berlaku untuk satu kali transaksi.

Khusus pengguna smartphone yang punya dual SIM card, pasang nomor yang terdaftar tersebut di slot 1. Mandiri Online hanya mengaktifkan 1 kartu SIM yang telah terdaftar pada satu ponsel yang menguduh aplikasi tersebut.

 

kemudahan transaksi menggunakan mandiri online

sumber : bank mandiri

Mandiri Online Terblokir

Diantara berbagai kemudahan melakukan transaksi keuangan secara online, juga ada risikonya. Apalagi sekarang kejahatan dunia maya semakin canggih. Karena itu demi keamanan data dan dana nasabah, Bank Mandiri “terpaksa” harus memblokir akun Mandiri Online nasabah jika terindikasi ada aktivitas mencurigakan, seperti percobaan login yang gagal karena memasukkan pasword atau PIN yang salah atau juga lupa User ID.  Otomatis akun Mandiri Onlinenya akan diblokir.

Kalau terjadi demikian, jangan panik dulu. Kamu bisa segera menghubungi call centre Mandiri 14000 atau datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk dibantu pengaktifan kembali dengan registari ulang di ATM Mandiri.

Bagi yang menggunakan aplikasi Mandiri Online, kamu dapat log in sesuai username, kemudian password diisi dengan lupa password. Nanti, kamu akan diminta memasukkan nomor kartu, masa aktif kartu dan tanggal lahir. Dan, diarahkan menuju ganti password. Biar tidak lupa lagi, usahakan password kamu sesuatu yang mudah diingat dan mudah juga penulisannya untuk menghindari kesalahan ketik. Setelah itu baru deh memasukkann password yang baru.

Kemudahan Transaksi di Mandiri Online Membuat Jadi Mandiri

Layanan Mandiri Online selain cocok buat personal, juga para start up yang sedang merintis bisnis. Minimal, sebagian urusan pembayaan, agar diselesaikan sama ahlinya saja, Mandiri Online. Kamu tinggal berfikir bagaimana mengembangkan usaha dan memberikan layanan maksimal untuk customer.

Oh ya, Bank Mandiri  begitu peduli loh untuk pengembangan wirausaha muda. Tiap tahun, Bank Mandiri mengadakan kontes Wirausaha Muda Mandiri untuk mencari bibit-bibit unggul  yang memiliki ide kreatif berwirausaha untuk dibimbing oleh coach bisnis berpengalaman  dan diberikan modal usaha.

Selain itu juga kamu bisa mendapatkan referensi bisnis dan tips-tips pengembangan bisnis serta manajemen dari situs jadimandiri.org yang dikembangkan oleh Bank Mandiri. Dalam situs tersebut, kamu dapat pula berbagi informasi yang bermanfaat seputar pengalaman bisnis kamu. Wah tambah lengkap deh amunisi kaum muda untuk sukses. So, kamu jadi makin siap mandiri menentukan arah bisnismu dan menghadapi persaingan.

Yuk makin semangat berkarya dengan hati bahagia  !
kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top