Indo Blog Net

blog

5 Cara Menulis Artikel Agar Lebih Unik dan Standout

5 Cara Menulis Artikel Agar Lebih Unik dan Standout

Saat kita punya ciri khas atau cara menulis artikel yang unik, saat itu pula, artikel kita akan banyak menarik pembaca. Coba 5 cara ini untuk melakukannya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Kadang yang memang kita perlukan hanyalah keunikan, untuk bisa melejit dan standout di antara kerumunan orang banyak. Termasuk di dunia blogging. Boleh diamati, saat kita punya ciri khas atau cara menulis artikel yang unik, saat itu pula, artikel kita akan viral.

Tapi “menjadi unik” ini memang nggak semudah diomongkan. Abstrak banget kan ini? Kalau kita bicara mengenai artikel SEO-friendly, atau artikel yang enak dibaca, gitu sih masih lebih mudah, karena secara kasatmata bisa dilihat ataupun ada teori-teorinya.

Nah, kalau soal menulis artikel yang unik ini bagaimana?

Memang setiap orang akan menulis dan menghasilkan tulisan yang berbeda gayanya. Tapi berbeda bisa saja enggak unik, atau kurang menonjol, hingga kurang bisa mendapatkan perhatian pembaca lain.

5 Cara menulis artikel yang unik dan bisa menonjol di antara yang lain

3 Cara Agar Bisa Lebih Produktif Menulis Blog

1. Be yourself

Yang pasti sih, jadilah diri kita sendiri. Pada awalnya, barangkali kita akan mengidolakan orang lain yang kita anggap lebih sukses, dan lalu kita contoh gaya menulisnya yang asyik dan bagus itu.

Cara ini tuh nggak salah, tapi lakukanlah ini sebatas menjadi proses tahapan kita mencari jati diri sendiri terkait gaya penulisan. Sebisa mungkin, adopsilah gaya menulis orang lain tanpa menghilangkan kepribadian kita sendiri.

Jadi diri sendiri, selalu akan lebih baik. So, buat teman-teman yang suka nulis ngocol, ya tetaplah dengan gaya ngocolnya. Yang suka nulis dengan gaya serius (kayak saya) ya teruskan. Ada yang suka menulis dengan gaya nyinyir? Ya, kenapa enggak kan?

2. Kemukakan opini pribadi

Setiap dari kita boleh mempunyai opini dan pandangan sendiri terhadap segala sesuatu. Meskipun opini kita itu unpopular banget–berlawanan dengan pendapat semua orang, ekstrimnya.

Tuangkanlah opini pribadi ini di setiap tulisan, se-unpopular apa pun. Jangan takut jika memang berbeda dengan kebanyakan orang.

Bukankah setiap orang punya hak memiliki pemikiran tertentu?

Namun, yang harus diingat adalah jangan sampai menulis dengan nada kebencian terhadap opini yang lain. Tetaplah open-minded, berpikiran terbuka. Tanamkanlah pada diri sendiri, kalau kita bisa berpikiran A, maka orang lain pun boleh dan sah-sah saja berpikiran B, C, D, dan seterusnya.

Dengan tetap berpikiran terbuka, maka kita akan bisa menuliskan opini kita tapi tetap objektif.

3. Ubah angle atau spesifikkan pembaca

Katakanlah begini. Setiap bloger bisa saja menuliskan tip ngeblog bagi para pemula. Betul? Setiap orang bisa saja punya tip sendiri-sendiri.

Nah, bagaimana caranya menulis artikel yang unik, tetapi dengan topik yang sama? Yes. Ubah anglenya. Cara lebih mudah lagi: spesifikkan pembacanya.

Misalnya soal tip ngeblog. Orang lain menulis tip ngeblog bagi siapa saja. Kenapa kita nggak menulis tip mulai ngeblog untuk para mahasiswa? Rincikan apa saja manfaat dari ngeblog untuk para mahasiswa, dan dari mana mereka bisa memulai–seperti topik apa saja yang bisa mereka bahas, dan seterusnya.

4.  Tulis dengan gaya bicara

Setiap orang punya gaya bicara sendiri-sendiri. Betul nggak nih? Betul pasti ya?

Nah, yang paling mudah untuk membuat artikel yang unik adalah dengan menuangkan gaya bicara itu ke dalam tulisan kita sendiri.

Caranya gimana? Gampang kok.

Sebelum menulis, pejamkan mata sejenak. Atur napas, lalu bayangkan ada seseorang yang sedang duduk di hadapan teman-teman menunggu untuk diajak ngobrol. Boleh siapa pun deh–kakak, adek, teman, sahabat, pacar, suami, istri, orang tua, bahkan orang yang tak dikenal sekalipun.

Setelah membayangkan si pendengar imajiner ini ada di depan kita, maka mulailah bercerita padanya. Tapi kali ini ceritanya dengan ditulis, bukan dikatakan secara langsung.

Biasanya sih dengan cara ini, gaya bicara kita akan tertuang ke dalam tulisan.

5. Gali topik lebih dalam

Kadang kita memang menulis topik yang tak baru. Saat kita gugling, kita pun menemukan banyak artikel lain yang mengangkat topik yang sama, dengan konten yang hampir sama pula.

Lalu, apakah kita harus mengurungkan niat menulis artikel dengan topik yang sudah banyak dibahas itu? Jangan. Tetaplah menulis, tapi coba gali topiknya lebih dalam lagi.

Lakukan riset dengan lebih saksama, lakukan komparasi beberapa artikel sekaligus. Cari apakah ada yang kurang, apakah ada yang bisa ditambahkan? Jika ada, maka di situlah kesempatan kita untuk menulis artikel yang lebih unik karena kita bisa melengkapi semua kekurangan yang ada.

Nah, kalau sudah sampai di sini, ternyata menulis artikel yang unik itu tidak terlalu susah kan? You just have to bring yourself out.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Selamat menulis!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • SEO Knowledge – Write Better CONTENT 😍
.
Guys, writing content should above all else be pleasant for you, okay 😉 Then you can create epic content that will appeal to your readers and become popular
.
Millions of articles have already been written, and thousands of new articles appear every day
.
Always create your content with a specific strategy in mind 🤓
.
You’ll get help from:
.
✔ Keyword/topic research
✔ Evaluating keyword competition
✔ On-page SEO
✔ Link building (hint: friendship!)
.
When you create content, always do some research. Find keywords over which you can compete 🕵
.
Try to create the best content possible in order to leave your competitors far behind. Conduct additional research, and your experience will give you an edge
.
Learn the intents of your users. Determine what they want to get and what problem they are trying to solve 🤔
.
It’s important to create better content that will excite your readers. So they won’t feel the need to search for other websites or additional information
.
Always try to give the most exhaustive and relevant answers. This will be valued by both your readers and search engines ❤
.
Search traffic doesn’t depend on how often you publish new content. It depends on the quality of the content, and how it’s promoted
.
So create the best possible content and share it with the world, Guuuys!! 🎉🎉
.
Credit: meerakothand.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top