Connect with us

Bisnis

5 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok & Tips Monetisasi Akun TikTok

Published

on

cara menghasilkan uang dari tiktok

Tak heran jika platform sosial media TikTok saat ini semakin populer saja. Sebab selain digunakan untuk berbagi konten video, TikTok juga dapat dijadikan sebagai sarana memperoleh penghasilan. Anda tertarik? Yuk, simak ulasan lengkapnya mengenai berbagai cara menghasilkan uang dari TikTok serta tips monetisasi akun TikTok.

5 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Anda pengguna platform TikTok dan sering mengunggah video Anda kesana? Mengapa tidak mencoba untuk meraup keuntungan materi dari TikTok. Ya, Anda bisa memanfaatkan TikTok untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda melalui berbagai cara berikut ini:

1. Influencer TikTok

cara menghasilkan uang dari tiktok

Credit: fiverr.com

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang pertama adalah dengan menjadi influencer. Influencer TikTok bertugas untuk mempromosikan produk maupun merek dari pemilik usaha/brand.

Tujuan dari para pemilik usaha tersebut umumnya untuk meningkatkan penjualan mereka. Namun ada juga yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengikut, meningkatkan awareness, hingga meningkatkan engagement.

Menjadi seorang influencer memang tidak mudah, Anda perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk bisa memperoleh posisi sebagai influencer dengan bayaran yang tinggi. Namun jangan khawatir, kesuksesan sebagai influencer tidak datang secara tiba-tiba. Anda bisa merintisnya dari kecil yaitu dengan menjadi nano influencer yang mempunyai pengikut kurang dari 10.000.

Baca juga: 6 Cara Edit Video TikTok & Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

2. Agensi influencer

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang kedua adalah membuat agensi influencer. Tak hanya Instagram, TikTok pun kini populer dengan peran para influencer-nya. Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi perantara para influencer dengan klien (pemilik usaha/brand).

Anda bisa memulainya dari skala kecil terlebih dahulu, yaitu dengan menjembatani beberapa orang influencer saja dan memulai dari pemilik usaha kecil menengah yang membutuhkan jasa influencer. Jika Anda merasa sudah lebih ahli, Anda bisa mengembangkan usaha agensi Anda dengan menangani kebutuhan influencer untuk brand yang lebih besar.

Seiring dengan berkembangnya agensi Anda, ke depannya Anda tentu membutuhkan tim untuk mengelola berbagai divisi mulai dari marketing, branding, serta produksi konten. Agensi influencer seperti ini masih belum banyak di Indonesia, jadi Anda mempunyai kesempatan besar untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan.

3. Jasa pembuat konten

Salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok yaitu dengan menjadi jasa pembuat konten. Ada banyak juga lho para pengguna TikTok yang berperan sebagai influencer misalnya, yang membutuhkan jasa pembuat konten untuk membantu mereka membuat konten berkualitas.

Sebagai pembuat konten, Anda bertugas untuk memikirkan ide-ide konten yang menarik untuk disuguhkan kepada pengikut akun tersebut. Atau bisa juga Anda hanya membuat konten secara teknikal saja, sedangkan ide konten berasal dari pemilik akun.

Sebagai pembuat konten, Anda bisa bekerja secara mandiri alias tidak membutuhkan tim. Yang terpenting adalah Anda mempunyai kemampuan dibidang content creator video.

4. Jasa pengelola akun

Jasa pengelola akun merupakan cara menghasilkan uang dari TikTok selanjutnya. Jadi disini pekerjaan Anda adalah mengelola akun-akun dari brand atau pemilik bisnis yang tidak mempunyai waktu untuk mengelola akunnya.

Sebab banyak pemilik bisnis yang tidak sempat atau tidak memiliki tim khusus untuk mengelola akun mereka. Ini kesempatan Anda untuk menawarkan kerjasama dengan menjadi pengelola akun agar akun mereka bisa terisi konten yang berkualitas secara rutin.

Tak hanya bertugas untuk mengisi konten saja, biasanya pengelola akun juga bertugas untuk mengatur strategi konten marketing serta mengembangkan ide kreatif konten TikTok. Sehingga konten yang dihasilkan bisa banyak ditonton dan berpotensi meningkatkan jumlah pengikut. Tentu saja pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan seputar dunia marketing, khususnya sosial media marketing.

5. Berjualan online

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang satu ini juga menarik untuk Anda coba. Ya, TikTok juga bisa lho dijadikan media untuk Anda berjualan online. Sama halnya dengan Instagram, sosial media yang satu ini juga memberikan ruang bagi para pebisnis online untuk memasarkan dagangannya.

Pertama-tama Anda harus mengubah akun TikTok Anda menjadi akun bisnis. Kemudian optimalkan profil serta bio Anda sebaik mungkin agar terlihat lebih menarik dan profesional. Selain itu jika Anda menggunakan TikTok sebagai media berjualan, Anda juga perlu mengisi akun Anda dengan konten-konten yang menarik perhatian konsumen.

Anda juga memanfaatkan TikTok Ads untuk mengiklankan bisnis Anda sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal luas. Ada beberapa jenis iklan di TikTok Ads yang bisa Anda gunakan.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok yang dapat Anda coba. Namun untuk memperoleh hasil yang optimal, sebelumnya Anda perlu melakukan monetisasi akun TikTok Anda dengan beberapa tips di bawah ini.

3 Tips Monetisasi Akun TikTok

Tentunya diperlukan kesabaran untuk memperoleh hasil yang maksimal dari akun Anda. Lakukan setahap demi setahap namun konsisten akan mempermudah prosesnya. Nah, Anda bisa melakukan proses monetisasi akun TikTok Anda menggunakan beberapa tips berikut ini:

1. Buat akun yang spesifik   

Tips monetisasi akun TikTok yang pertama yaitu buat akun yang spesifik. Ditahap ini Anda perlu menentukan tema atau niche dari akun Anda. Apakah bertema kuliner, kecantikan, fashion, dan lain-lain.

Dalam hal ini Anda bisa melakukan beberapa cara agar akun Anda terlihat lebih spesifik. Mulai dari menulis minat (terkait dengan niche) Anda di bio, menonton video dengan niche yang sama dengan Anda di pencarian topik, mengikuti akun dengan niche yang sama, membuat konten yang terkait dengan niche, hingga menggunakan hashtag yang relevan dengan niche Anda.

Akun yang spesifik (mempunyai niche tertentu) mempunyai peluang lebih besar untuk masuk FYP (for you page) dan ditonton oleh lebih banyak orang.

2. Optimasi konten

Tips monetisasi akun TikTok berikutnya adalah optimasi konten supaya bisa masuk FYP. FYP atau For You Page merupakan rekomendasi konten-konten yang muncul pada homepage pengguna ketika mereka pertama membuka aplikasi. Dengan masuk FYP, otomatis konten Anda bisa dilihat banyak pengguna dan jumlah like serta view pun meningkat.

Lalu, bagaimana caranya agar konten Anda bisa masuk FYP? Pertama, buatlah konten yang kekinian alias sedang tren. Namun jangan lupa untuk mengemasnya sesuai dengan niche Anda. Anda juga bisa menggunakan lagu yang sedang populer untuk menarik perhatian. Semakin unik dan kreatif konten Anda maka semakin besar peluang konten akan ditonton banyak orang dan masuk FYP.

Kedua, sertakan caption yang menarik untuk video Anda. Ketiga, pakai hashtag yang tepat. Anda bisa menggunakan hashtag yang saat ini sedang populer namun tetap sesuai dengan niche Anda.

3. Tingkatkan jumlah pengikut

Tips monetisasi akun TikTok yang terakhir yaitu tingkatkan jumlah pengikut. Tapi bukan dengan cara instan membeli pengikut, ya. Tingkatkan jumlah pengikut Anda secara organik.

Caranya, unggah video-video yang kreatif dan posting konten secara rutin beberapa kali dalam seminggu. Unggah lah di jam-jam ramai seperti jam makan siang maupun sore saat jam pulang kantor. Setelah itu bagikan konten Anda tersebut ke sosial media Anda yang lainnya, seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Anda juga perlu mengoptimasi profil dan bio akun Anda agar lebih menarik. Selain itu cara lainnya untuk meningkatkan jumlah pengikut adalah dengan mengikuti challenge yang sedang viral serta berkolaborasi dengan pengguna lainnya.

Demikian beberapa tips monetisasi akun TikTok yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba, ya! Semoga sukses 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Populer