Gaya Hidup

4 Tips Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

Waktu libur lebaran sejatinya sudah selesai sejak Minggu lalu pada 10 Juli 2016. Namun untuk siswa dan siswi, masa liburnya ditambah satu minggu lagi karena libur lebaran bertepatan dengan libur semester. Sehingga liburnya diperpanjang sampai Minggu, 17 Juli 2016. Keesokan harinya, pada Senin, 18 Juli 2016 semua pelajar sudah kembali ke sekolah untuk menuntut ilmu.

Semangat yang ditunjukkan oleh generasi penerus bangsa ini justru berbanding terbalik dengan semangat kerja bagi para pegawai dan pekerja. Mereka semua justru terlihat malas sekali sejak hari pertama masuk kerja. Bahkan rasa malas ini masih terbawa hingga beberapa hari kerja. Ini menunjukkan bahwa libur panjang juga berdampak buruk pada semangat seseorang.

Hal ini juga saya alami, jujur saya sendiri masih malas untuk kembali beraktifitas seperti biasanya. Hari libur memang perlu untuk mengistirahatkan pikiran dari kepenatan dan hiruk pikuk kota. Namun jika terlalu lama alias libur panjang, malah keterusan dan membuat kita tidak berenergi. Nah, untuk mengatasi hal ini silahkan baca penjelasan berikut ini. Supaya hari anda kembali normal dan semangat kerja jadi bertambah.

Pertama: Pikirkan Kesenangan Saat Beraktivitas

Percayakah anda dengan kekuatan pikiran alam bawah sadar? Dengan beberapa stimulan untuk pikiran, maka tubuh akan kembali semangat beraktifitas. Memang cara ini tidak mudah, namun anda harus memaksanya dan membujuk diri anda sendiri supaya pola pikir anda tidak berantakan.

Kelihatannya cukup sepele, namun jangan salah. Justru semua hal yang kita lakukan setiap hari berawal dari pola pikir. Baik aktivitas yang disadari maupun yang tidak disadari. Bahkan untuk hal yang spontan sekali pun, pasti berawal dari pola pikir.

Buat seolah-olah anda bisa merasakan kesenangan ketika bekerja dan beraktifitas. Misalnya saja memikirkan bakso super enak yang biasa jualan di sebelah kantor. Dengan begitu kita akan merasa semangat berangkat kerja. Setelah sampai kantor, kita pasti tidak sabar menunggu jam makan siang karena tidak tahan melihat bakso super enak. Coba praktekan hal ini, pasti berhasil.

Kedua: Buat Jadwal Harian

Rasa malas datangnya dari mana saja dan ada banyak sekali faktornya. Namun ada juga mengatakan rasa malas muncul karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Ketika seseorang bingung tidak tahu harus berbuat apa-apa, maka yang terjadi adalah malas-malasan. Hal semacam ini sepertinya sudah menjadi kebiasan buruk untuk semua orang.

Untuk mengatasi hal ini, maka yang harus dilakukan adalah membuat jadwal harian. Kalau perlu tulis secara rinci dan sertakan jamnya. Sehingga kita bisa tahu apa yang harus dilakukan setiap jam. Dengan begitu diri anda akan merasa sibuk terus dengan target yang sudah ada. Otomatis rasa malas juga akan ikut hilang entah kemana.

Ketiga: Bangun Sepagi Mungkin

Siapa diantara kalian yang suka bangun siang alias bangkok? Bagi mahasiswa atau pekerja yang masuk siang hari, tentu hal ini sudah jadi kebiasaan. Kenapa saya tahu? Karena saya juga sering seperti ini. Wkwkwkwk.

Terlepas dari masalah itu, ada sebuah penelitian kalau bangung lebih pagi bisa membuat badan fresh dan segar serta semangat untuk menjalani hari. Hal ini karena ketika bangun udara pagi masih segar, sehingga membuat badan fit dan sehat.

Lagi pula kalau bangun pagi, katanya rejeki kita tidak akan dipatok ayam. Maksudnya rejeki yang akan kita cari tidak akan diambil oleh orang lain.

Keempat: Lakukan Secara Bertahap

Sebuah tujuan tidak bisa dicapai dalam sekejap. Begitu pula dengan mengembalikan semangat beraktifitas setelah libur lebaran yang panjang. Saat libur kita selalu bangun siang dan malas-malasan untuk menjalani hari. Bahkan saking malasnya sampai tidak pernah mandi pagi. Hehehe.

Kalau diibaratkan mesin, sudah lama mesin tersebut tidak dipakai. Untuk memakainya lagi, kita perlu pemanasan secara bertahap. Kalau tubuh langsung diajak kerja keras setelah libur panjang, tentu badan akan kaget. Akibatnya setelah pulang kerja rasanya sakit dimana. Untuk itu jangan terlalu dipaksa, mulailah dengan perlahan. Pasti lambat laun semangat anda bakal balik lagi seperti semula.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai tips supaya kembali semangat beraktifitas. Yang terpenting adalah pola pikir, kalau pikiran kita masih ingin liburan maka semangat kerja juga tidak akan ada dalam diri anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top