Inspirasi

4 Tips Jitu Awali Hari Penuh Energi

Apakah Anda tipe orang yang membenci bangun di pagi hari, merasa lesu dan lambat, dibutuhkan perjuangan ekstra berat untuk bisa beranjak dari tempat tidur? Saya pastikan Anda tidak sendiri, sebab sayapun begitu. Hehehe

Ternyata perlu tekad yang kuat dan disiplin untuk bisa bangun pagi dan memulai hari dengan vitalitas dan semangat tinggi. Padahal, ketika kita memulai pagi dengan kebiasaan yang baik akan berdampak baik pula pada rentetan aktifitas kita di siang harinya.

Tapi…, ya itu tadi, terkadang niat besar tidak bisa seindah dengan kenyataanya.

Perlu diketahui ya, ketika kita memulai hari dengan pagi yang tidak menyenangkan, lesu, tidak ada semangat maka itu akan berdampak pada aktifitas lanjutan kita di siang harinya. Maka dari itu, menciptakan pagi yang berenergi dan penuh semangat adalah wajib hukumnya.

Ada beberapa strategi atau tips atau apalah namanya yang mungkin bisa Anda coba agar bisa bangun pagi dan mengawali hari dengan penuh energi.

1. Bangun pagi-pagi!


Ya iyalah, kalau ingin bangun pagi dengan penuh semangat, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah ya bangun pagi-pagi.

Pasanglah alarm jam android Anda di waktu sepagi mungkin. Bagi Anda yang muslim hal ini sepertinya mudah, karena solat Subuh dimulai sekitar jam 4 pagi.

Jika ingin bangun jam 4 subuh, biasakan menyetel alarm jam di angka 03.45. Beri jeda sekitar 15 menit untuk tubuh dan pikiran benar-benar sadar seutuhnya dari tidur Anda. Karena, jika bangun pas di jam 4 terus tanpa jeda Anda bangun dan pergi ke kamar mandi sedangkan tubuh dan otak belum sepenuhnya sadar maka itu sangat membahayakan.

Setalah solat Subuh jangan tidur lagi, biasakan tilawah (bagi yang muslim). Cobalah membuka pintu atau jendela, biarkan udara pagi yang segar masuk dan memenuhi ruangan. Hirup dalam-dalam, dijamin menyegarkan.

2. Minum Air Lemon Hangat


Agar tubuh kian sehat dan segar, cobalah meminum air lemon hangat. Menurut apa yang saya baca air lemon hangat sangat alkalizing bagi tubuh. Meminum air lemon hangat diwaktu pagi sangat baik bagi tubuh.

Air lemon hangat selain memberikan energi bagi tubuh juga mampu mengatur sistem perut dan pencernaan.

Cara membuatnya cukup mudah, ambil lemon dan potong jadi dua bagian, kemudian peras lemon tersebut ke dalam cangkir. Masukan air hangat ke dalam cangkir yang berisi air perasan lemon kemudian aduk.

Setelah itu, minum deh. Minum air lemon hangat setiap pagi sangat menyegarkan, tubuh seakan direvitalisasi dengan penuh energi.

3. Olahraga pagi

olahraga pagi
Proses selanjutnya adalah olahraga. Tak perlu olahraga yang berat-berat, yang ringan saja asal semua otot dan sendi tersentuh peregangan. Misalnya, push up, sit up, lari di tempat, dll.

Biar lebih semangat kita juga bisa sambil menyetel musik dengan nada penuh semangat untuk mengiringi olahraga pagi kita. Kalau Anda masih hafal gerakan SKJ tahun 90-an itu lebih bagus. Duuh, SKJ 90-an, ketahuan banget deh berapa usianya. Hehehe

Olahraga pagi, khususnya sebelum mandi sangat baik bagi tubuh. Manfaatnya antara lain,
1. Meningkatkan kapasitas otak.
2. Menambah stamina.
3. Memperlancar metabolisme tubuh.
4. Tidur lebih lelap.
5. Membakar kalori makan malam.
6. Menghilangkan stress kerja.

4. Mandi air dingin

mandi pagi
Minum air lemon hangat sudah, olahraga pagi sudah. Kini saatnya menyegarkan tubuh dengan mandi pagi. Mandilah dengan air dingin, jangan biasakan mandi pagi dengan air hangat.

Mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang begitu sulit dilakukan oleh sebagian orang. Dinginnya air di pagi hari akan membuat rasa malas untuk memulai aktivitas mandi pagi tersebut. Tapi kabar baiknya, ternyata mandi pagi dengan air dingin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ini dia manfaatnya,

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Mandi air dingin dipagi hari akan merangsang tubuh anda untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

2. Melancarkan sirkulasi darah. Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh pun juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya. Disamping itu, manfaat lainnya yaitu mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

3. Mengurangi tingkat stres pada pikiran. Dengan mulai membasahi tubuh dengan air dingin dipagi hari akan memastikan seluruh bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yang terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stres yang dialami.

4. Meningkatkan kesuburan kaum pria. Mandi air dingin dipagi hari sangat bermanfaat bagi para pria. Ini dikarenakan, dengan mulai mandi air dingin dipagi hari akan merangsang sekaligus memicu produksi salah satu hormon pada pria yaitu testoteron.

5. Meningkatkan kesehatan rambut kepala. Mandi air dingin dipagi hari ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut atau mahkota kepala anda. Ini dikarenakan, dengan mulai mandi air dingin dipagi hari akan semakin memperkuat akar rambut yang membuat rambut tidak mudah rontok maupun kusam.

Nah, gimana segarkan? Kebayang kan, kalau tiap pagi aktifitas kita dimulai dengan cara-cara di atas pasti deh aktifitas kita akan lebih berenergi, penuh semangat dan menyenangkan. Selamat mencoba ya.

 

 

 

ahmad andriana

Blogger, desainer dan reviewer. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan kreatif ternama di Bandung sebagai digital content writer.

Latest posts by ahmad andriana (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yuhuu ikutan yuk...lumayan banget nih hadiahnya ! #Repost @ifisinema (@get_repost)
・・・
Ikuti #Mygeneration Experience Quiz
Hadiah Rp.5.000.000,- untuk 1 orang Pemenang!
.
Caranya:
.
1. Repost/Regram foto di atas
2. Tag, Mention dan Follow akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
3. Click link di bio akun @IFISinema
4. Ceritakan secara singkat pengalaman paling konyol kalian bersama para sahabat dalam 1 paragraf caption
5. Ajak 1 orang teman kamu untuk turut berpartisipasi dalam kuis
6. Gunakan hashtag #mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA
7. Jangan Private akun IG agar postingan bisa kami nilai
8. Pemenang diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2017 di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
Contoh:
Pengalaman paling konyol gue dan para sahabat adalah ngumpet di kuburan sampe maghrib gara-gara ngindarin guru yg lagi razia siswa bolos.
.
Ayo @tag1orangtemankamu ikut partisipasi di kuis ini, caranya bisa dilihat di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
#mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA #filmindonesia #filmbioskop #teenlife #serbakuis #giveaway

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top